12 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Dwi Latifatul Fajri
25 Maret 2022, 14:00
Ilustrasi, pemilik Djarum Budi Hartono. Budi dan Michael Hartono menempati urutan pertama dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.
Katadata
Ilustrasi, pemilik Grup Djarum Budi Hartono. Budi dan Michael Hartono menempati urutan pertama dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Forbes Real Time Billionaire merilis daftar orang terkaya dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Forbes merilis 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2021 dari berbagai kategori.

Urutan pertama ada R. Budi dan Michael Hartono. Kedua bersaudara ini adalah pemilik saham PT Bank Central Asia Tbk dan Djarum. Total kekayaan Budi dan Michael Hartono mencapai US$42,6 miliar atau Rp 612,8 triliun.

Sedangkan posisi kedua ada keluarga Widjaja dengan total kekayaan US$ 9,7 miliar atau Rp 139,5 triliun. Berikut urutan orang terkaya di Indonesia mengutip dari forbes.com.

Daftar Orang Terkaya Indonesia

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Orang terkaya nomor 1 di Indonesia adalah Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. Menurut forbes.com di tahun 2021, kekayaan dua bersaudara ini mencapai US$ 42,6 miliar atau Rp 612,8 triliun.

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono memiliki investasi besar di PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Kekayaan keluarga dari perusahaan rokok Djarum dan perusahaan elektronik Polytron ini juga ada yang berbentuk aset properti di Jakarta.

2. Keluarga Widjaja

Peringkat kedua ditempati oleh keluarga Widjaja, dengan total kekayaan US$ 9,7 miliar (Rp 139,5 triliun). Kekayaan keluarga Widjaja dirintis oleh Eka Tjipta Widjaja, yang meninggal pada Januari 2019.

Kekayaan keluarga Widjaja ini terdiri dari berbagai bisnis milik Sinar Mas, yang terdiri dari real estate, telekomunikasi, jasa kesehatan, jasa keuangan, perusahaan kertas, dan agribisnis.

3. Anthoni Salim

Anthoni Salim adalah Chief Executive Officer (CEO) Indofood yang memiliki total kekayaan US$ 8,5 miliar. Anthoni Salim memiliki perusahaan mie instan terbesar di dunia yaitu Indomie. Kekayaan lain Anthoni Salim berasal dari investasi makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi.

4. Sri Prakash Lohia

Total kekayaan Sri Prakash Lohia mencapai US$ 6,2 miliar dollar. Kekayaan Sri Prakash ini didaptkan dari produksi PET dan petrokimia. Ia pindah ke Indonesia pada dekade 1970-an bersama ayahnya dari India ke Indonesia.

Mereka mendirikan Indorama Corporation, yang sekarang menjadi perusahaan pembangkit tenaga listrik petrokimia. Perusahaan ini juga memproduksi sarung tangan medis, pupuk, bahan baku tekstil, dan produk industri lainnya.

5. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu memiliki kekayaan senilai US$ 6,1 miliar. Mengutip dari forbes.com, kekayaan Prajogo berasal dari perusahaan Barito Pacific. Perusahaan ini memiliki sekitar 70% kepemilikan perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...