Akuntansi Adalah Ilmu Perencanaan Keuangan, Ini Penjelasannya

Image title
14 Januari 2022, 13:20
Akuntansi Adalah Ilmu Perencanaan Keuangan, Ini Penjelasannya
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/agr/nz
Pengunjung melakukan transaksi pembayaran di salah satu toko Qini Mart yang dikelola pondok pesantren Idrisiyyah di Pegeundingan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (30/7/2020). Kementerian koordinator Bidang Perekonomian berupaya meningkatkan inklusi keuangan syariah dengan melibatkan 12.469 pondok pesantren di seluruh Indonesia yang memliki potensi ekonomi seperti sektor agribisnis, peternakan, perkebunan dan lainnya guna pemulihan perekonomian pada masa pandemi COVID-19.

Dalam anggapan umum masyarakat di Indonesia, ilmu akuntansi identik dengan sistem hitung-menghitung, namun faktanya akuntansi atau accounting adalah sebuah proses pekerjaan yang tidak sederhana. Ilmu ini memiliki cukup banyak digunakan dalam penerapan sehari harinya, terutama terkait pada kegiatan kegiatan bisnis.

Akuntansi adalah salah satu ilmu yang memungkinkan manajemen perusahaan menjadi lebih memahami keuangan bisnisnya. Hal ini diperuntukkan agar mereka dapat merencanakan pengeluaran masa depan secara strategis untuk memaksimalkan keuntungan.

Advertisement

Melalui ilmu ini para pengusaha dapat mengendalikan kapasitas bisnis yang mereka jalankan berjalan dengan baik. Akuntan akan memberitahukan keuntungan, arus kas, aset dan kewajiban bisnis, dan bagian mana dari bisnis yang Anda kendalikan.

Penjelasan Singkat Mengenai Akuntansi dari Para Ahli

Berikut beberapa penjelasan mengenai definisi akuntasi dari para ahli:

1. Sunyanto (1999)

Sunyanto mendefinisikan akuntasi adalah kumpulan proses tahapan pengumpulan, pengidentifikasian, mencatat, penggolongan, peringkasan serta penyajian atau laporan dari banyaknya transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.

3. Warren dkk (2005)

Sosok Warren Buffet dikenal sebagai bapak investasi dunia. Dirinya menjelaskan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang memiliki sebuah aktivitas ekonomi serta kondisi perusahaan.

3. Weygandt, Kieso, dan Kimmel

Mereka memberikan definisi bahwa akuntansi adalah sebuah bagian sistem informasi yang mengidentifikasi sebuah catatan dan mengkomunikasikan insiden ekonomi pada suatu organisasi terhadap pengguna yang berkepentinga.

4. Suparwoto (1990)

Suparwoto memberikan persepsi mengenai akuntansi adalah sebuah teknik untuk mengukur serta mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal maupun eksternal perusahaan. Pihak eksternal maksudnya adalah terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.

5. Soemarsono (2004)

Definisi akuntansi dari Soemarsono adalah sebuah proses mengidentifikasikan, mengukur dan juga melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian serta keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Tujuan Akuntansi

Melansir situs Gramedia.com, tujuan akuntansi adalah untuk melakukan pencatatan, mengumpulkan serta melaporkan informasi terkait keuangan, posisi keuangan, dan arus kas dalam sebuah bisnis. Selain itu masih ada tiga tujuan akuntansi yang terbagi menjadi secara umum, khusus, dan kualitatif:

1. Tujuan Akuntansi Secara Umum

  • Menyajikan beberapa informasi lainnya terkait laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan tersebut.
  • Memberikan penjelasan mengenai informasi keuangan perusahaan, diharapkan dapat membantu pada pembuatan potensi keuntungan perusahaan.
  • Memberikan informasi perihal keuangan, khususnya itu aktiva maupun pasiva perusahaan.
  • Memaparkan sebuah informasi perihal perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan, aset, hutang, serta modal.

2. Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Secara khusus, tujuan akuntasi adalah penyediaan informasi dalam bentuk laporan yang berisi posisi keuangan, hasil usaha, dan perubahan posisi keuangan lainnya sesuai Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

3. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

Selain tujuan kuantitatif, ada juga tujuan kualitatif dalam akuntansi, antara lain:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement