Afirmasi, Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Airmasi berkaitan dengan alam bawah sadar untuk mengubah pemikiran. Menurut KBBI, afirmasi adalah penetapan positif, peneguhan, dan penegasan. Berikut manfaat afirmasi untuk kehidupan sehari-hari.
Dwi Latifatul Fajri
29 Maret 2022, 11:18
Ilustrasi, contoh orang yang riang dan positif. Membangun pola pikir positif penting dalam hidup, demi memastikan kesehatan mental dan untuk mampu terus melangkah maju. Lewat afirmasi, seseorang dapat meminimalisir emosi-emosi negatif dalam hidupnya.
Pexels.com/Marcelo Chagas
Ilustrasi, contoh orang yang riang dan positif. Membangun pola pikir positif penting dalam hidup, demi memastikan kesehatan mental dan untuk mampu terus melangkah maju. Lewat afirmasi, seseorang dapat meminimalisir emosi-emosi negatif dalam hidupnya.

Istilah afirmasi berkaitan dengan hal-hal positif di sekitar kita. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), afirmasi adalah penetapan positif, penegasan, dan peneguhan.

Afirmasi berupa pernyataan positif yang membantu mengubah pemikiran seseorang. Pernyataan positif ini dapat mengubah pemikiran dan menjauhkan dari keterbatasan.

Afirmasi dibutuhkan untuk mencapai tujuan untuk membangun kepercayaan diri. Adanya afirmasi membantu kesejahteraan dan keberhasilan individu.

Pengertian Afirmasi

Afirmasi dapat diartikan sebagai kalimat atau pernyataan, untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang. Afirmasi ini akan membentuk perilaku, pola pikir, kebiasaan, dan lingkungan sekitar.

Advertisement

Afirmasi positif memberikan dampak positif di kehidupan sehari-hari. Adanya afirmasi positif membantu kemajuan, semangat, dan perubahan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Seseorang dapat mengembangkan potensi secara maksimal untuk mencapai tujuan. Adanya afirmasi membantu seseorang berpikir untuk memperhatikan dan menanamkan keberhasilan.

Afirmasi positif berguna untuk mengirimkan pesan ke pikiran dan alam bawah sadar. Hal ini akan mempengaruhi tujuan dan tindakan anda ke depan untuk mencapai kesuksesan.

Manfaat Afirmasi

Pikiran negatif berdampak pada pengembangan diri. Emosi negatif ini bisa diubah dengan menanamkan afirmasi positif. Seiring waktu, anda bisa mengganti pola pikir seperti kepercayaan diri, positif, dan ambisi.

Berikut manfaat afirmasi, mengutip dari headwayclinic.ca:

1. Mengurangi Pikiran Negatif

Afirmasi positif berasal dari alam bawah sadar. Ada kemungkinan alam bawah sadar dapat mendorong pola pikir dan perasaan individu. Hal ini bermanfaat mengurangi pola pikir negatif yang terbentuk dalam pikiran.

2. Meningkatkan Kebahagiaan

Afirmasi positif bermanfaat untuk mengubah kehidupan anda. Tanpa disadari adanya penegasan positif ini mengubah pemikiran dan kebahagiaan dalam diri atau lingkungan.

3. Mengingat Hal-Hal Kecil

Manfaat lain afirmasi yaitu mengingat pentingnya hal-hal kecil. Terkadang pemikiran kecil cenderung diremehkan seseorang.

Adanya afirmasi membantu menghargai kegiatan atau aktivitas kecil. Selain itu afirmasi positif membuat seseorang menghargai berbagai kegiatan dan fokus pada tujuan.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Beberapa penelitian menemukan hubungan afirmasi positif yang mengubah suasana hati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan optimisme dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lain.

5. Menerapkan Motivasi

Afirmasi bermanfaat untuk meningkatkan keinginan dan melanjutkan tindakan. Anda butuh konsentrasi dan keseriusan untuk mencapai tujuan. Pencapaian tujuan ini dibantu dengan hal-hal positif.

Contoh Afirmasi

Berikut contoh aifrmasi positif untuk meningkatkan semangat menjalani hari:

  1. Aku percaya dan yakin pada diriku sendiri
  2. Aku harus makan, olahraga teratur, dan banyak istirahat untuk menikmati kesehatan
  3. Aku belajar dari kesalahan
  4. Aku tahu mencapai kesuksesan harus serius dan menetapkan tujuan
  5. Aku memaafkan diri sendiri karena aku merasa aku tidak sempurna
  6. Aku menerima apa yang tidak bisa diriku ubah
  7. Saya memiliki kendali untuk pikiran, perasaan, dan pilihan
  8. Saya memperlakukan orang yang lebih tua dengan hormat dan menghargai orang lebih muda
  9. Saya yakin bisa sukses dan terus berjuang
  10. Saya punya kemampuan dan percaya diri untuk terus berkembang
  11. Besok harus lebih baik dari hari ini
  12. Saya mampu untuk memberikan dampak positif untuk mereka
  13. Aku mencintai diriku, keluarga, dan orang-orang sekitar
  14. Saya memiliki sifat sabar, pemaaf, dan berjiwa besar

Cara Membuat Afirmasi Positif

1. Membuat Daftar

Beberapa kegiatan membutuhkan semangat dan motivasi. Anda bisa membuat daftar afirmasi untuk kegiatan rumah, kerja, sekolah, hingga pertemanan.

2. Mengubah Afirmasi Positif

Afirmasi negatif dapat mengganggu kehidupan dan kegiatan. Anda perlu mengubah pemikiran dan menuliskan kata-kata positif. Pastikan kata-kata positif ini bisa mengubah keputusan dan keyakinan anda.

3. Ulangi Afirmasi Positif

Anda bisa mengucapkan kata-kata positif untuk meyakinkan diri. contohnya dalam satu hari, anda bisa mengucapkan semangat belajar sebanyak tiga kali. Afirmasi positif akan memberi sugesti pada anda untuk tetap semangat belajar.

Ketika anda mengingat dan mengucapkan kata-kata afirmasi positif, cobalah untuk bernapas secara teratur. Latihan pernapasan ini perlu untuk menenangkan pikiran dan melepaskan fisik.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait