Afirmasi, Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Dwi Latifatul Fajri
29 Maret 2022, 11:18
Ilustrasi, contoh orang yang riang dan positif. Membangun pola pikir positif penting dalam hidup, demi memastikan kesehatan mental dan untuk mampu terus melangkah maju. Lewat afirmasi, seseorang dapat meminimalisir emosi-emosi negatif dalam hidupnya.
Pexels.com/Marcelo Chagas
Ilustrasi, contoh orang yang riang dan positif. Membangun pola pikir positif penting dalam hidup, demi memastikan kesehatan mental dan untuk mampu terus melangkah maju. Lewat afirmasi, seseorang dapat meminimalisir emosi-emosi negatif dalam hidupnya.

Istilah afirmasi berkaitan dengan hal-hal positif di sekitar kita. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), afirmasi adalah penetapan positif, penegasan, dan peneguhan.

Afirmasi berupa pernyataan positif yang membantu mengubah pemikiran seseorang. Pernyataan positif ini dapat mengubah pemikiran dan menjauhkan dari keterbatasan.

Afirmasi dibutuhkan untuk mencapai tujuan untuk membangun kepercayaan diri. Adanya afirmasi membantu kesejahteraan dan keberhasilan individu.

Pengertian Afirmasi

Afirmasi dapat diartikan sebagai kalimat atau pernyataan, untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang. Afirmasi ini akan membentuk perilaku, pola pikir, kebiasaan, dan lingkungan sekitar.

Afirmasi positif memberikan dampak positif di kehidupan sehari-hari. Adanya afirmasi positif membantu kemajuan, semangat, dan perubahan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Seseorang dapat mengembangkan potensi secara maksimal untuk mencapai tujuan. Adanya afirmasi membantu seseorang berpikir untuk memperhatikan dan menanamkan keberhasilan.

Afirmasi positif berguna untuk mengirimkan pesan ke pikiran dan alam bawah sadar. Hal ini akan mempengaruhi tujuan dan tindakan anda ke depan untuk mencapai kesuksesan.

Manfaat Afirmasi

Pikiran negatif berdampak pada pengembangan diri. Emosi negatif ini bisa diubah dengan menanamkan afirmasi positif. Seiring waktu, anda bisa mengganti pola pikir seperti kepercayaan diri, positif, dan ambisi.

Berikut manfaat afirmasi, mengutip dari headwayclinic.ca:

1. Mengurangi Pikiran Negatif

Afirmasi positif berasal dari alam bawah sadar. Ada kemungkinan alam bawah sadar dapat mendorong pola pikir dan perasaan individu. Hal ini bermanfaat mengurangi pola pikir negatif yang terbentuk dalam pikiran.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement