Menelaah Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Image title
29 Maret 2022, 14:33
Ilustrasi, seorang mahasiswa mengikuti ujian skripsi secara daring. Dalam proses penelitian, dikenal dua metode, yakni kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif terletak pada alurnya, mulai dari sifat hingga peranan nila
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz
Ilustrasi, seorang mahasiswa mengikuti ujian skripsi secara daring. Dalam proses penelitian, dikenal dua metode, yakni kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif terletak pada alurnya, mulai dari sifat hingga peranan nilainya.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif merupakan sesuatu yang perlu dipahami sebelum mulai menggarap suatu penelitian. Hal ini untuk memudahkan pendekatan mana yang cocok digunakan pada suatu penelitian tertentu.

Apa itu Penelitian?

Dalam bahasa Inggris penelitan disebut research dan resherce dalam bahasa Prancis. Re (kembali) dan to search (mencari). Dari penjelasan tersebut, penelitian bisa diartikan sebagai studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut (T.Hillway).

Sementara itu, menurut Leedy (1997:5), penelitan adalah suatu proses untuk mencapai (secara sistematis dan didukung oleh data) jawaban terhadap suatu pertanyaan, penyelesaian terhadap masalah atau pemahaman yang dalam terhadap suatu fenomena.

Penelitian adalah upaya yang sistematis, logis, dan metodologis yang bertujuan untuk mengidentifikasikan, mendeskripsikan, mengeksplanasikan, dan memprediksikan fenomena dengan cara memandang fenomena tersebut sebagai sekumpulan variabel atau hubungan antarvariabel.

Mengutip materi ajar “Metode Penelitian Komunikasi” oleh Agus Purbathin Hadi, macam-macam tujuan penelitan dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Eksplorasi (exploration), berkaitan dengan upaya untuk menentukan apakah suatu fenomena ada atau tidak. 
  • Deskripsi (description), berkaitan dengan pengkajian fenomena secara lebih rinci atau membedakannya dengan fenomena yang lain.
  • Prediksi (prediction), berupaya mengidentifikasi hubungan (keterkaitan) yang memungkinkan kita berspekulasi (menghitung) tentang sesuatu hal (X) dengan mengetahui (berdasar) hal yang lain (Y).
  • Eksplanasi (explanation), mengkaji hubungan sebab-akibat di antara dua fenomena atau lebih.
  • Aksi (action), dapat meneruskan salah satu tujuan di atas dengan penetapan persyaratan untuk menemukan solusi dengan bertindak sesuatu.

Dalam suatu bahasan terkait penelitian, tak jarang kita mendengarkan istilah kualitatif dan kuantitatif. Lalu, apa maksud kualitatif dan kuantitatif?

Pendekatan Kuantitatif

Pendekatan yang di dalam usulan penelitian, proses, hipotesis, turun ke lapangan, analisis data dan kesimpulan data sampai dengan penulisannya mempergunakan aspek pengukuran, perhitungan, rumus dan kepastian data numerik.

Penelitian ini melakukan investigasi secara sistematis untuk meneliti sebuah fenomena dengan cara mengumpulkan data-data yang bisa diukur menggunakan ilmu statistik, matematika dan komputasi. Penelitian kuantitatif memiliki tujuan untuk mengembangkan teori hipotesis yang memiliki kaitan dengan fenomena-fenomena alam.

Dalam konsep penelitian kuantitatif, pengukuran adalah yang menjadi pusat penelitian. Hal ini karena hasil pengukuran dapat membantu untuk melihat adanya hubungan antara pengamatan empiris dengan hasil dari data-data. Penelitian kuantitatif juga mempunyai tujuan untuk membantu menemukan hubungan antara variabel yang ada dalam sebuah populasi.

Berdasarkan buku “Metode Penelitian” karya A. Muri Yusuf, disebutkan ada metode-metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif. Metode komparatif adalah metode di mana digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan antara variabel yang diteliti. Metode ini menerapkan kemampuan manipulatif sehingga data yang dihasilkan akan bersifat objektif dan akurat. Metode ini juga dilakukan sealami mungkin, sehingga perbedaan variabel akan terlihat jelas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...