5 Rekomendasi Ide Bisnis Kreatif Anak Muda

Berikut lima rekomendasi ide bisnis kreatif anak muda yang bisa menghasilkan pundi-pundi keuangan.
Image title
30 Maret 2022, 18:11
Ilustrasi, seorang dosen mengamati karya seni desain grafis karya mahasiswa secara virtual. Ada banyak ide bisnis yang dapat dijalankan anak muda. Salah satu ide bisnis kreatif anak muda yang layak dijajal adalah desain grafis.
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.
Ilustrasi, seorang dosen mengamati karya seni desain grafis karya mahasiswa secara virtual. Ada banyak ide bisnis yang dapat dijalankan anak muda. Salah satu ide bisnis kreatif anak muda yang layak dijajal adalah desain grafis.

Para anak muda dikenal dengan semangat dan jiwa yang menggelora untuk melakukan aktivitas. Salah satunya dalam melakukan bisnis. Pada umumnya dengan semangat membara tersebut, ide bisnis kreatif anak muda akan sangat berwarna. Meski demikian mada ada anak muda yang masih berusaha dan belum mendapatkan pekerjaan.

Sebagai alternatif dari sulitnya untuk mendapat pekerjaan tersebut, banyak anak muda yang mencoba melakukan bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis pun kini semakin tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya banyak bisnis usaha baru yang bergerak di berbagai bidang.

Di sisi lain pada era 4.0 ini, teknologi menjadi panduan yang dimanfaatkansebagai peluang berbagai usaha bisnis, seperti membuka toko dan jasa secara online. Bisnis usaha online tersebut dapat memudahkan serta memberikan peluang yang besar kepada anak muda yang ingin memulai bisnisnya.

Bisnis usaha yang awalnya dimulai kecil-kecilan jika terus ditekunkan dapat berkembang menjadi sangat besar hingga menghasilkan banyak keuntungan dan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Advertisement

5 Ide Bisnis Kreatif Anak Muda

Berikut sejumlah rekomendasi ide bisnis kreatif anak muda yang dilansir dari Gramedia.com dan bisa menjadi panduan:

1. Jualan Pakaian Bekas

Berdagang pakaian bekas saat ini dikenal dengan istilah thrift shop. Produk yang diperjualbelikan di thrift shop dapat berupa baju, celana, tas, sepatu, topi, aksesoris, dan berbagai produk bekas lainnya. Produk pakaian yang dapat dibeli untuk memulai bisnis usaha ini biasanya dijual secara karungan.

Di pasaran untuk mendapat satu karung pakaian kurang lebih memiliki harga sekitar satu juta rupiah. Di dalam satu karung pakaian tersebut biasanya berisi 50-100 pakaian acak. Seluruh pakaian tersebut tidak selalu memiliki kondisi yang sempurna.

Tak jarang ditemukan pakaian dengan kondisi cacat, seperti robek atau memiliki kancing yang lepas. Produk yang cacat tersebut dapat kamu perbaiki terlebih dahulu sebelum dijual. Kamu juga perlu mencuci seluruh pakaian yang ingin kamu jual terlebih dahulu untuk memastikan kebersihannya.

Karena saat ini sedang menjadi tren, harga jual pakaian bekas dari luar negeri bisa mencapai kisaran harga Rp50.000,00–Rp150.000,00.

2. Cuci Kendaraan

Pilihan ide bisnis kreatif anak muda berikutnya adalah cuci kendaraan. Karena jenis bisnis ini cukup menjanjikan seiring dengan jumlah kendaraan yang terus berkembang serta banyak masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraannya secara rutin.

Pada umumnya, kalangan masyarakat lebih banyak yang memanfaatkan jasa cuci kendaraan dibandingkan dengan mencuci kendaraannya sendiri. Hal tersebut tentu akan menjadikan cuci kendaraan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Untuk menjalankan bisnis cuci kendaraan bisa dilaksanakan dalam skala kecil maupun besar. Bisnis ini dapat dimulai dari skala rumahan dengan dibuka di halaman atau garasi rumah. Meski demikian, letak usaha yang strategis serta pelayanan yang baik akan sangat mendukung kemajuan bisnis ini.

3. Jasa Desain Grafis

Memiliki skil dalam bidang desain grafis dan memanfaatkan bakatnya tersebut untuk menghasilkan uang dengan membuka jasa desain grafis. Jasa desain grafis menjadi salah satu bisnis usaha yang memiliki banyak peluang karena desain ini dibutuhkan dalam berbagai hal.

Untuk menekuni bidang ini, modal dasar paling penting adalah keterampilan desain serta aplikasi dan alat yang diperlukan untuk menunjang desain. Jasa yang ditawarkan dalam desain grafis dapat berupa desain logo, desain kartu nama, desain poster, desain interior, dan lainnya.

4. Kerajinan Pernak-Pernik Asesoris

Pada umumnya, para wanita menyukai untuk mengenakan aksesoris untuk mendukung penampilannya. Karena itu, bisnis aksesoris dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan bagi anak muda. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar, tetapi dibutuhkan adanya kreativitas dan kesabaran untuk membuat aksesoris ini.

Beberapa jenis aksesoris yang dapat dibuat sebagai peluang usaha, yaitu tali masker, gelang, cincin, kalung, bandana, syal, dan lainnya. Aksesoris ini dapat dipasarkan dan dijual secara online, melalui media sosial maupun aplikasi jual beli.

5. Ternak Ikan

Rekomendasi ide bisnis kreatif anak muda yang terakhir adalah ternak ikan air tawar. Potensi konsumen sangat besar untuk memiliki hobi mengoleksi berbagai jenis ikan hias, seperti ikan cupang, ikan koi, ikan guppy, dan ikan mas koki. Sementara itu, ikan konsumsi menjadi makanan pokok yang mengandung berbagai nutrisi dan digemari oleh masyarakat.

Ada beragam pilihan ikan air tawar konsumsi yang memiliki peluang bisnis ternak ikan, yaitu ikan lele, ikan nila, ikan mas, ikan gurame, ikan patin, dan ikan gabus. Bisnis ternak ikan ini dapat dimulai dalam skala kecil di halaman rumah. Dalam menjalankan bisnis usaha ini seseorang perlu mengetahui selera pasar dengan mencari tahu jenis ikan apa yang sedang digemari masyarakat.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait