Pengertian Bisnis Franchise, Contoh, dan Cara Kerjanya

Dwi Latifatul Fajri
28 Maret 2022, 11:25
Franchise
pixabay.com/Alterfines
Cara Kerja Bisnis Franchise

Bisnis franchise kerap dianggap lebih mudah dilakukan, ketimbang harus mendirikan bisnis sendiri. Selain itu, franchise juga termasuk jenis usaha yang cukup menguntungkan, sebut saja McDonald's, Kentucky Fried chicken alias KFC, hingga Pizza Hut.

Perusahaan yang bergerak di bidang makanan ini sudah bertaraf internasional. KFC dan McDonald's mampu mengembangkan bisnis franchise di Indonesia. Sementara itu produk franchise dari Indonesia adalah Es Teler 77.

Keuntungan sistem franchise ini lebih mudah dipasarkan, bisnis cepat berkembang, dan terbukanya peluang usaha. Tak hanya bisnis makanan, di Indonesia berkembang perusahaan franchise dari berbagai bidang dan jasa.

Pengertian Franchise

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, franchise atau waralaba adalah kerja sama dalam bidang usaha dan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.

Mengutip dari Investopedia.com, franchise adalah jenis lisensi yang diberikan pemegang waralaba (franchise). Ada berbagai akses untuk bisnis franchise seperti merek dagang pemilik waralaba dan pengetahuan bisnis.

Penerima waralaba akan menjual produk dan layanan dibawah nama bisnis pemilik waralaba. Penerima waralaba akan membayar biaya awal dan lisensi tahunan ke pemilik waralaba.

Biaya franchise ini berupa penggunaan merek dan lisensi. Selama jangka waktu tertentu memakai pedoman untuk jangka waktu waralaba.

Cara Kerja Bisnis Franchise

Cara kerja bisnis franchise ini dapat memperluas barang dan jasa memakai lisensi dagang. Pelaku bisnis berperan sebagai pemegang franchise. Nantinya pelaku bisnis ini membayar royalti dan biaya awal ke pemilik merek franchise.

Mengutip dari Goukm.id, ada 3 istilah dari franchise yaitu franchisor, franchisee, dan franchise fee. Berikut penjelasan istilah franchise:

1. Franchisor adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak pada pihak lain untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau ciri khas usaha.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement