5 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap dan Cara Mencegahnya

Image title
31 Maret 2022, 15:03
Cara mengetahui WhatsApp disadap.
PXHERE.COM
Ilustrasi, logo WhatsApp. Sebagai aplikasi untuk berkomunikasi, WhatsApp juga tak luput dari ancaman peretasan atau penyadapan. Untuk itu, penting bagi pengguna untuk mengerti cara mengetahui WhatsApp disadap.

WhatsApp jadi salah satu platform bertukar pesan online yang cukup banyak digemari para pengguna smartphone. Selain menyediakan berbagai fitur, mulai dari pesan suara sampai stiker, WhatsApp juga menawarkan tampilan interface yang ramah dan merangkul pengguna dari berbagai kalangan.

Di lain sisi, popularitas WhatsApp tak jarang dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk memeroleh keuntungan melalui tindak peretasan. Oknum yang melakukan peretasan akan memeroleh data dan biasanya menjual data tersebut ke pihak lain atau menggunakannya sendiri untuk tujuan tertentu.

Tindak peretasan ini mengincar siapapun pengguna whatsApp, baik instansi pemerintah, bank, lembaga pendidikan, hingga akun pribadi. Untuk itu, para pengguna mesti hati-hati dan peka jikalau akun menunjukan gejala-gejala peretasan.

Indikasi peretasan WhatsApp biasanya terlihat apabila aplikasi ini tidak dapat melakukan beberapa perintah, seperti login, panggilan suara, hingga pesan yang sudah terbaca meskipun belum dibuka.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengetahui WhatsApp disadap:

1. Menerima One Time Password (OTP)

Indikasi umum peretasan WhatsApp terjadi apabila pengguna tiba-tiba keluar dari aplikasi dan menerima kiriman kode OTP melalui pesan singkat maupun telepon. Akun yang disadap membuat pengguna kesulitan login sebab satu nomor telepon hanya bisa dipakai satu aplikasi saja.

Jika hal ini terjadi, maka jangan pernah menyerahkan kode tersebut kepada siapapun. Sebab, untuk melakukan kloning nomor pelaku harus memiliki akses terhadap kartu SIM korban.

Anda juga mesti berhati-hati jika ada pesan atau panggilan masuk dari nomor asing yang mengaku sebagai teman Anda dan meminta untuk dikirimkan kode itu lantaran mereka sulit masuk ke akun WhatsApp.

2. Baterai Cepat Habis

Tanda-tanda peretasan dapat diketahui dengan memerhatikan baterai smartphone Anda. Jika baterai cepat habis, maka bisa jadi terdapat aplikasi yang disadap, termasuk WhatsApp.

Baterai perangkat yang cepat habis bisa terjadi karena salah satu aplikasi terus berjalan meskipun pengguna sedang tidak mengaksesnya.

3. Pesan yang Terbaca Meski Belum Dibuka

Cara mengatahui WhatsApp disadap lainnya ialah dengan memerhatikan pesan masuk. Pesan yang sudah terbaca meskipun Anda belum membukanya mengindikasikan akun Anda sedang digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...