Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer PC dan Laptop

Aplikasi whatsapp bisa diakses dengan menggunakan PC (komputer atau laptop) dengan menggunakan Whatsapp Web dan Whatsapp Desktop
Safrezi Fitra
20 April 2021, 15:13
Whatsapp, media sosial, medsos, whatsapp web, whatsapp desktop, membuka whatsapp di laptop, membuka whatsapp di pc
PXHERE.COM

Cukup merepotkan jika saat bekerja di depan komputer atau laptop, Anda harus berkomunikasi dengan orang lain dengan aplikasi Whatsapp di ponsel pintar (smartphone). Konsentrasi Anda akan terpecah karena harus mengakses dua perangkat.

Apalagi, saat berniat membuka aplikasi WhatsApp di ponsel, Anda tergoda membuka media sosial lain. Akhirnya, pekerjaan Anda jadi tertunda dan terhambat.

Sebenarnya Anda bisa bekerja sekaligus membuka WhatsApp di perangkat PC (komputer/dekstop/laptop). Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan Whatsapp.

Whatsapp merilis penggunaan aplikasi ini sebagai web client (bisa diakses lewat web browser) pada 2015. Pengembangan pun kembali dilakukan setelahnya. Tak hanya menggunakan web browser seperti Chrome, Mozila, atau Safari, Whatsapp juga mengeluarkan aplikasi untuk komputer.

Advertisement

Aplikasi Whatsapp Desktop bisa di-install pada PC atau laptop dengan sistem operasi Windows dan Mac. Perlu diingat, WhatsApp Desktop hanya akan bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows 8.1. atau yang lebih baru dan juga MacOS 10.10 atau yang lebih baru.

Untuk bisa menggunakan Whatsapp di komputer, Anda tetap perlu memiliki aplikasi ini di ponsel pintar (smartphone).

Cara menggunakan WhatApp Desktop:

1. Agar bisa menginstal WhatsApp pada komputer atau laptop, Anda bisa mengunduhnya melalui Microsoft Store, Apple App Store, atau di laman https://www.whatsapp.com/download

2. Klik unduh file.

3. Setelah selesai mengunduh, buka file tersebut, dan ikuti petunjuk untuk memasangnya di PC atau laptop Anda. Setelah terinstal, akan muncul tampilan ini:

Tampilan Whatsapp Desktop
Tampilan Whatsapp Desktop (Whatsapp)

 

4. Kemudian buka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda.

5. Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas aplikasi Whatsapp di smartphone, pilih Whatsapp Web, lalu klik "TAUTKAN PERANGKAT".

6. Pindai (scan) kode QR di Whatsapp Desktop yang sudah terinstal di komputer atau laptop.

7. Selesai, Whatsapp Desktop siap digunakan.

Cara menggunakan Whatsapp Web:

Mengakses Whatsapp Web lebih mudah, karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi Whatsapp pada komputer atau laptop. Whatsapp Web diakses menggunakan aplikasi web browser, seperti Chrome, Mozila, Microsoft Edge, Internet Explorer, Opera, atau Safari.

Berikut caranya:

1. Buka aplikasi web browser di komputer atau laptop.

2. Buka situs ini: https://web.whatsapp.com/

3. Buka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda.

4. Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas aplikasi Whatsapp di ponsel, pilih Whatsapp Web, lalu klik "TAUTKAN PERANGKAT".

5. Pindai (scan) kode QR pada laman Whatsapp Web di komputer atau laptop.

6. Selesai, Whatsapp Web siap digunakan.

WhatsApp Desktop dan Whatsapp Web hanya mengizinkan satu akun Whatsapp yang bisa dibuka. Jika ingin membuka akun lain, anda bisa melepas tautan perangkat dan masuk lagi dengan akun yang lain.

Anda juga bisa membuka dua akun Whatsapp dengan dua web browser yang berbeda (misalnya, Chrome dan Mozila). Bisa juga menggunakan satu web browser, dengan menggunakan mode penyamaran atau incognito.

 Anda dapat dengan mudah melihat semua obrolan dan pesan Whatsapp di layar lebar komputer/PC atau laptop, bahkan bisa juga melakukan panggilan suara. Selamat mencoba!

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait