Fabel Adalah Salah Satu Bentuk Cerita Fiksi, Ini Penjelasannya

Image title
1 April 2022, 13:15
ilustrasi "Si Kancil dan Pak Buaya". Cerita tentang Si Kancil merupakan salah satu kisah fabel yang ada di Indonesia. Cerita fabel adalah dongeng yang mengisahkan kehidupan hewan dengan watak dan tingkah laku seperti manusia.
Ipincow.com
ilustrasi "Si Kancil dan Pak Buaya". Cerita tentang Si Kancil merupakan salah satu kisah fabel yang ada di Indonesia. Cerita fabel adalah dongeng yang mengisahkan kehidupan hewan dengan watak dan tingkah laku seperti manusia.

Fabel adalah cerita yang mengisahkan dan menggambarkan hewan berperan seperti manusia. Jenis cerita ini sudah ada sejak zaman dahulu serta sering digunakan sebagai sarana untuk memberikan pendidikan budi pekerti kepada anak-anak.

Cerita fabel adalah sebuah kisah yang umumnya menampilkan lakon binatang sebagai karakter utamanya. Salah satu cerita fabel yang sangat populer yaitu cerita Si Kancil. Tokoh hewan ini kerap digambarkan memiliki kecerdasan dan kecerdikan untuk memecahkan suatu masalah.

Dalam karya prosa lama, fabel adalah genre cerita yang unik. Tidak hanya di Indonesia saja dongeng dan cerita fabel sudah berkembang di luar negeri. Beberapa film kartun dan animasi juga mengangkat genre ini sebagai alur cerita utamanya.

Untuk mengetahui apa itu cerita fabel dan bagaimana karakteristik karya prosa tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Fabel?

Kita tentu mengenal acara Spongebob Squarepants, yang merupakan serial kartun yang sangat populer di Indonesia. Cerita utamanya mengisahkan tentang keseharian Spongebob dan teman-temannya.

Karakter Spongebob sendiri adalah hewan bawah laut yang digambarkan dapat beraktivitas layaknya manusia. Memiliki alur cerita unik, serial ini sangat digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Serial Spongebob Squarepants menjadi salah satu genre kartun yang mengangkat cerita fabel. Sesuai definisinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang disisipkan pada hewan sebagai pemeran di dalam kisahnya.

Pada umumnya fabel adalah kumpulan cerita dengan tokoh hewan, yang dapat berpikir dan berinteraksi seperti manusia. Dikutip dari Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, cerita fabel merupakan cerita fantasi tentang binatang yang piawai berbicara, yang bersikap bagaikan manusia serta sering diselingi pesan moral. Oleh karena itu, kisah jenis ini banyak digunakan sebagai perlambang dan teladan tentang hidup manusia.

Masih merujuk pada sumber yang sama, dalam pembuatannya teks fabel adalah alat untuk menyisipkan wejangan ataupun kritik sosial tanpa menggurui siapa pun. Sifat cerita fabel yang mudah dicerna oleh anak-anak, menjadikan bacaan ini sebagai sarana dalam menyalurkan pesan moral untuk pembentukan karakter.

Sementara itu, penjelasan tentang fabel juga dimuat dalam sejumlah buku cerita anak. Misalnya buku 56 Fabel Yang Menginspirasi Dan Mengubah Hidup Anda: Kisah-kisah Penuh Makna Dari Dunia Satwa Untuk Meraih Kesuksesan Hidup. Di dalam buku ini dijelaskan, fabel adalah cerita pendek atau dongeng yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia yang diibaratkan dengan binatang. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia.

Dari semua uraian di atas secara singkatnya, fabel adalah cerita yang sarat akan pesan-pesan tentang moral dan budi pekerti. Semua pesan moral ini disisipkan dan diibaratkan dengan tingkah laku serta interaksi hewan yang digambarkan dapat beraktivitas layaknya manusia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement