Dongeng Adalah Cerita Fiktif, Berikut Jenis dan Contohnya

Image title
21 Januari 2022, 14:44
Lukisan Nyi Roro Kidul karya Aditianto
bodag-panggul.trenggalekkab.go.id
Lukisan Nyi Roro Kidul karya Aditianto.

Dongeng merupakan suatu jenis cerita yang barangkali sudah sering kita dengar sejak berusia anak-anak. Dongeng bisa menjadi hiburan, sarana pesan moral, hingga penghantar tidur yang diceritakan oleh guru maupun orangtua.

Pengertian Dongeng

Secara sederhana, dongeng adalah cerita prosa rakyat fiktif atau tidak benar-benar terjadi. Kisah yang dimuat dalam dongeng sering melukiskan sebuah sindiran hingga pesan moral.

Advertisement

Sama dengan penuturan cerita pada umumnya, dongeng terdiri dari unsur tema, alur, latar, tokoh, penokohan, dan amanat.

Mengutip modul "Bahasa Indonesia" oleh Agus Triantono, dongeng bisa berisi peristiwa aneh pada masa lampau, sehingga termasuk dalam cerita tradisional. Lewat dongeng, nilai kepercayaan hingga adat istiadat masyarakat dapat tercermin.

Pengertian dongeng menurut ahli

James Danandjaja

Menurut James Danadjaja dongeng adalah cerita rakyat lisan yang tidak anggap benar-benar terjadi. Dongeng tidak terikat oleh suatu tempat dan waktu, karena diceritakan terutama untuk menghibur.

Agus Triyanto

Dongeng adalah cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi dan digunakan untuk menyampaikan ajaran moral dan menghibur.

Handajani

Menurut Handajani, dongeng dikemas dengan perpaduan unsur hiburan dan pendidikan. Unsur hiburan ditemukan lewat kosakata bersifat lucu, sifat tokoh dan pengalamannya. Sedangkan, unsur pendidikan ada ketika dongeng mengenalkan dan mengajarkan berbagai ilmu luhur, pengalaman spiritual, hingga masalah sosial di masyarakat.

Ciri-ciri Dongeng

Dari penjabaran terkait pengertian dongeng di atas, dapat disimpulkan bahawa dongeng memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Cerita singkat dengan alur sederhana.
  • Ada tokoh protagonis dan antagonis.
  • Ditulis dengan gaya penceritaan lisan dan disebarkan dalam waktu yang cukup lama.
  • Bersifat khayalan atau fiktif.
  • Mengandung pesan moral.
  • Bersifat anonim atau tidak diketahui siapa pengarangnya.
  • Terdapat berbagai versi.
  • Penokohannya tidak detail.

Jenis-jenis Dongeng

Dongeng Fabel (Binatang)

Dongeng jenis ini memiliki tokoh yang diperankan oleh binatang yang berperilaku layaknya manusia. Dongeng ini biasanya menggambarkan watak dan budi pekerti manusia yang diceritakan lewat perbuatan baik dan buruk. Contohnya, dongeng Persahabatan Kelinci dan Monyet.

Dongeng Jenaka

Dongeng jenaka mengundang orang yang mendengarnya untuk tertawa. Sisi jenaka tersebut muncul dari berbagai segi, mulai dari sifat tokoh sampai pengalaman mereka dalam cerita. Contohnya, dongeng Kabayan.

Mitos

Mite atau mitos adalah dongeng yang berhubungan dengan kepercayaan dan hal-hal gaib yang dipercaya masyarakat tertentu. Contohnya Nyi Roro Kidul dan Roro Jongrang.

Legenda

Dongeng legenda berhubungan dengan asal usul atau cerita suatu tempat. Contohnya, Tangkuban Perahu dan Danau Toba.

Parabel

Parabel adalah dongeng yang memuat nilai-nilai keagamaan, moral hingga pendidikan sebagai pandangan hidup. Contohnya, Hikayat Bayan Budiman dan Malin Kundang.

Sage

Sage adalah dongeng sejarah dengan campurang fantasi dari masyarakat. Contohnya, Lutung Kasarung dan Si Pitung.

Hikayat

Hikayat adalah cerita rekaan dalam sastra Melayu lama yang menggambarkan keagungan dan kepahlawanan. Dongeng jenis ini umumnya mengisahkan kehebatan seseorang lengkap dengan keanehan hingga mukjizat dari tokoh utama. Contohnya, Hikayat Hang Tuah.

Contoh Dongeng

1. Cerita Dongeng Buaya dan Kancil yang Cerdik

Pada suatu hari ada seekor kancil yang sedang mencari makan di dalam hutan. Ia berjalan menyusuri hutan, karena makanan yang ada di sekitar tempat tinggalnya mulai berkurang. Kancil pun pergi menyusuri hutan, hingga ia menemui sungai.

Sungai itu dipenuhi dengan buaya berukuran besar yang kelaparan. Si kancil pun tak kehabisan akal. Sesaat ia berpikir, ia pun menemukan cara menghadapi kawanan buaya yang kelaparan.

“Hai buaya, apakah kalian sudah makan siang?” Teriak kancil kepada buaya yang ada di sungai.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement