Resolusi Adalah Bagian Penting dalam Hidup, Berikut Penjelasannya

Image title
4 April 2022, 11:01
Ilustrasi resolusi Tahun Baru. Resolusi adalah suatu tujuan yang akan dicapai, di mana seseorang dituntut untuk berusaha keras mencapainya.
pixabay.com/hkama
Ilustrasi resolusi Tahun Baru. Resolusi adalah suatu tujuan yang akan dicapai, di mana seseorang dituntut untuk berusaha keras mencapainya.

Setiap menjelang tahun baru kerap kali kita menyusun resolusi baru untuk menyusun rencana dalam kehidupan. Namun tidak banyak yang tahu apa itu arti resolusi. Karena tidak jarang, resolusi adalah rencana yang mudah dibuat namun sulit direalisasikan. Namun, resolusi adalah bagian penting dalam hidup agar tetap terarah dan memiliki tujuan. Resolusi adalah hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut tahun baru.

Meskipun keberadaan resolusi adalah bagian dari rencana hidup yang biasanya disusun saat tahun baru tiba. Resolusi kerap dibuat ketika memulai kehidupan yang baru. Secara harfiah, resolusi adalah hal yang bisa merujuk pada beberapa arti yang berbeda.

Penjelasan Singkat Resolusi

Dilansir dari Liputan6.com, resolusi adalah sebagai bentuk ketetapan diri untuk berubah. Resolusi adalah keinginan untuk melanjutkan praktik yang baik, mengubah sifat atau perilaku yang tidak diinginkan, untuk mencapai tujuan pribadi, atau memperbaiki kehidupan mereka.

Selain itu resolusi adalah suatu tujuan yang akan dicapai, di mana seseorang dituntut untuk berusaha keras mencapai resolusi tersebut. Resolusi adalah bentuk suatu tujuan seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Tidak sedikit orang gagal mencapai resolusi yang ditetapkan karena lupa, teralihkan, atau menyerah begitu saja. Padahal resolusi bukan hanya sekadar daftar rencana tapi juga aksi yang harus dijalankan.

Mengapa Resolusi Penting?

Ada sejumlah alasan mengapa resolusi itu penting untuk disusun, terutama apabila menyangkut perencanaan. Berikut alasannya:

1. Penjelasan Tujuan

Tujuan memberimu visi dan arah. Tujuan dalam resolusi memungkinkanmu untuk merencanakan jalan ke masa depan. Tanpa tujuan, kamu berisiko membuang-buang waktu, uang, dan energi dengan perasaan bingung dan kewalahan.

2. Tafsir Bahasa Otak

Sebagai bentuk fungsi terpenting otak adalah fungsi eksekutif, yaitu sekumpulan kemampuan kognitif yang berkembang untuk memungkinkan seseorang menetapkan dan mencapai tujuan.

Fungsi otak inilah yang membedakan manusia dari semua makhluk hidup lainnya. Kebanyakan makhluk lain bereaksi berdasarkan naluri. Sementara manusia mengambil tindakan berdasarkan perencanaan dan resolusinya.

3. Membangun Rasa Nyaman Pada Diri

Ketika ahli saraf mempelajari fungsi terpenting otak adalah fungsi eksekutif, yaitu sekumpulan kemampuan kognitif yang berkembang untuk memungkinkan seseorang menetapkan dan mencapai tujuan.

Fungsi otak inilah yang membedakan manusia dari semua makhluk hidup lainnya. Kebanyakan makhluk lain bereaksi berdasarkan naluri. Sementara manusia mengambil tindakan berdasarkan perencanaan dan resolusinya.

4. Membangun Hidup Menjadi Lebih Maju

DI setiap titik aspek kehidupan manusia, seseorang mencapai kemajuan melalui penetapan tujuan seperti resolusi. Tujuan adalah yang mendorong kemajuan dalam sains, pendidikan, kedokteran, kebijakan publik, hukum, dan pemerintahan. Kemajuan di semua bidang ini terjadi ketika orang menetapkan, mengejar, dan mencapai tujuan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...