Revenue Adalah Pendapatan Bersih dalam Bisnis, Ini Penjelasannya

Image title
4 April 2022, 11:59
Ilustrasi, laporan keuangan. Dalam laporan keuangan, revenue adalah salah satu komponen penting, yang menjabarkan uang yang diterima dari operasi bisnis normal dalam satu periode tertentu.
Pexels/Nataliya Vaitkevich
Ilustrasi, laporan keuangan. Dalam laporan keuangan, revenue adalah salah satu komponen penting, yang menjabarkan uang yang diterima dari operasi bisnis normal dalam satu periode tertentu.

Ketika membuka usaha untuk pertama kalinya, seseorang tentu harus memahami beberapa istilah di dalam dunia bisnis. Misalnya istilah revenueRevenue adalah istilah yang berkaitan dengan pendapatan bersih.

Bagi calon pengusaha yang akan memulai bisnisnya, memahami istilah revenue adalah salah satu cara untuk mempermudah dalam mengatur keuangan. Sebab, sebagian orang masih belum bisa membedakan antara revenue dan income.

Advertisement

Kebingungan tersebut nantinya akan mengganggu jalannya proses pengembangan bisnis. Apalagi revenue adalah suatu hal yang harus diketahui dan dicantumkan pada laporan finansial usaha.

Untuk mengetahui apa itu pengertian revenue dan bagaimana cara menghitungnya, berikut rangkuman pembahasannya seperti dikutip dari Investopedia serta sumber lainnya.

Memahami Apa Itu Revenue dan Konsepnya

Secara sederhana revenue adalah penghasilan yang didapat perusahaan melalui operasional normalnya. Operasi bisnis normal ini juga menyangkut pada diskon serta potongan barang yang dikembalikan.

Pada dasarnya revenue adalah uang yang dibawa ke dalam perusahaan oleh aktivitas bisnisnya. Untuk menghitungnya terdapat beberapa cara, tergantung pada metode akuntansi yang digunakan.

Dalam bahasa Indonesia, arti dari kata revenue adalah pendapatan. Pada semua jenis usaha barang dan jasa revenue merupakan hasil dari semua kegiatan utama bisnis tersebut.

Istilah revenue dapat diartikan sebagai laba bersih. Artinya, revenue adalah uang yang diterima dan dihasilkan dari operasi bisnis normal dalam kurun waktu tertentu.

Jika dijabarkan lebih rinci lagi, revenue adalah penghasilan yang dihitung sebagai harga penjualan rata-rata. Kemudian dikalikan dengan jumlah unit yang terjual.

Hasil perhitungan itu lalu disebut sebagai angka garis atas atau pendapatan kotor, dari biaya dikurangi untuk menentukan pendapatan bersih. Dari penjelasan ini, revenue adalah salah satu unsur penjualan penting pada laporan laba rugi.

Dari semua uraian di atas dapat disimpulkan, revenue adalah sejumlah uang yang mampu diperoleh sebuah perusahaan pada kurun waktu tertentu dari semua kegiatan utama bisnisnya. Laporan tentang revenue ini harus dilakukan secara teliti, supaya kondisi keuangan perusahaan dapat diketahui .

Perbedaan Revenue dan Income

Dilansir dari situs aplikasi usaha Majoo.id, income dan revenue adalah dua hal berbeda serta tidak bisa dicantumkan secara bersamaan pada kolom laporan keuangan. Sebab, dari terminologinya di dalam bisnis kedua istilah itu memiliki makna yang berbeda.  

Income adalah nilai total keuntungan yang diperoleh dalam bisnis atau sebuah perusahaan. Ini juga menyangkut pada seluruh pemasukan tambahan yang diperoleh. Nilai tambah perusahaan ini contohnya seperti bunga akumulasi dari hasil investasi, dan penjualan aset fisik dan lainnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement