10 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

Image title
31 Maret 2022, 11:55
Ilustrasi, pelayan membawa kopi terbalik (kopi khop) khas Meulaboh pesanan pengunjung di salah satu warung kopi tradisional di Aceh. Membuka warung kopi bisa menjadi usaha sampingan karyawan yang menarik untuk dijalankan.
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Ilustrasi, pelayan membawa kopi terbalik (kopi khop) khas Meulaboh pesanan pengunjung di salah satu warung kopi tradisional di Aceh. Membuka warung kopi bisa menjadi usaha sampingan karyawan yang menarik untuk dijalankan.

Menjalankan bisnis sambil mempertahankan pekerjaan di sebuah perusahaan merupakan salah satu impian dari sebagian besar pekerja. Selain menambah pendapatan, kebanyakan usaha sampingan karyawan akan menambah hal positif di dalam hidupnya.

Usaha sampingan karyawan bisa menjadi pilihan alternatif untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan, selain gaji pokok dan insentif lainnya dari perusahaan. Saat ini sudah tersedia beragam ide bisnis skala rumahan yang dapat dijalankan oleh seorang karyawan.

Kumpulan ide usaha sampingan karyawan bisa datang dari mana saja, misalnya buku-buku tentang bisnis atau mengambil contoh dari pengusaha sukses yang merintis usahanya dari nol.

Dikutip dari The Balance SMB dan Makeuseof.com, berikut ini adalah kumpulan ide usaha sampingan karyawan yang mudah dilakukan.

Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

1. Penjualan Stok dan Elemen Foto

Bagi seseorang yang gemar fotografi, menjual hasil jepretan foto di beberapa situs penyedia stok foto bisa menjadi salah satu pilihan. Selain mudah dilakukan karena cukup menggunakan ponsel pintar dan tidak perlu peralatan yang mahal, contoh usaha sampingan karyawan ini dijamin akan menambah penghasilan.

Di internet saat ini banyak sekali situs-situs yang dapat digunakan untuk menjual foto. Salah satunya yaitu Shutterstock. Di laman ini seseorang dapat mengajukan diri sebagai kontributor, lalu mengunggah foto.

Gambar yang diunggah bisa tentang bentang alam, orang, peristiwa, atau benda-benda dalam aktivitas keseharian. Agar semakin menarik, foto tersebut dapat diedit sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain Shutterstock, program serupa juga dijalankan oleh Vista Create. Di situs ini juga seseorang dapat mendapatkan uang tambahan dengan mengirimkan foto. Unggah gambar, dan jika gambar tersebut dipilih untuk dicantumkan, maka ia akan mendapatkan imbalan. 

Menjual foto hasil jepretan sendiri bisa menjadi pilihan alternatif usaha sampingan karyawan yang bisa dicoba. Selain mudah, saat ini sejumlah ponsel pintar sudah bisa menangkap gambar dengan kualitas yang bagus.

2. Membuka Jasa Kursus

Kursus merupakan salah satu jasa yang menawarkan pendampingan, pelatihan, dan pengembangan seseorang di bidang tertentu. Jenis kursus pun cukup beragam seperti kursus mengajar pelajaran sekolah hingga kursus untuk memperdalam kemampuan teknis.

Membuka jasa kursus bisa menjadi contoh usaha sampingan karyawan yang cukup menguntungkan. Apalagi, jika jasa ini dibuka oleh seseorang yang memang sangat ahli dalam satu bidang tertentu.

Selain itu, jasa kursus ini dapat dijalankan secara daring. Ini menjadi kemudahan yang baik, karena tidak mengharuskan untuk bertemu secara langsung dengan murid.

Jika merasa bingung, saat ini terdapat situs yang bisa mempertemukan calon pengajar dengan muridnya. Salah satu situs tersebut adalah Teachable yang membantu orang memilih ide kursus, sekaligus memberi kerangka kerja untuk meluncurkan bisnis kursus online baru yang menguntungkan.

3. Penyunting dan Pengoreksi Tulisan

Jenis usaha sampingan karyawan ini memang bukan hal baru. Sebab, jasa penyunting dan pengoreksi tulisan sudah populer sejak beberapa tahun ke belakang. Usaha ini bisa dilakukan secara freelance.

Untuk menjalankan usaha sampingan karyawan ini, seseorang harus memiliki kemampuan serta kecakapan linguistik (bahasa) yang mumpuni. Tidak hanya itu, pekerjaan ini akan dibayar mahal jika hasil koreksian serta penyuntingannya memuaskan.

Meskipun saat ini tersedia alat penyuntingan online, namun semua itu tidak bisa dibandingkan dengan hasil kerja dari pikiran seseorang. Hal ini karena mata manusia lebih baik untuk menemukan kesalahan dan memahami konteks penulisan. Perusahaan terkenal selalu lebih suka mengoreksi konten dan salinan mereka oleh korektor manusia.

Jika tertarik dengan jenis usaha ini, seseorang dapat menjual hasil karya berupa portofolio pengeditan yang di pasar online Fiverr, agar klien bisa menemukannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...