Pengertian Etnosentrisme, Faktor Penyebab, Dampak, dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
7 April 2022, 10:02
Ilustrasi, tawuran antar kelompok. Pandangan etnosentrisme membuat suatu kelompok menilai kelompok lain lebih rendah. Pandangan ini kerap menimbulkan konflik dan pertikaian antara golongan.
ANTARA FOTO/REUTERS/Navesh Chitrakar/aww/sad.
Ilustrasi, tawuran antar kelompok. Pandangan etnosentrisme membuat suatu kelompok menilai kelompok lain lebih rendah. Pandangan ini kerap menimbulkan konflik dan pertikaian antara golongan.

Istilah etnosentrisme seringkali muncul dalam lingkungan sosial. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etnosentrisme adalah pandangan dan sikap masyarakat yang meremehkan kebudayaan lain.

Etnosentrisme dapat memicu pertikaian antar kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda. Penyebabnya karena kelompok tertentu merasa budaya mereka lebih baik dari kelompok lain.

Contoh etnosentrisme yaitu kelompok Nazi di Jerman, yang menganggap ras Arya paling unggul dibanding ras lain. Akibatnya terjadi kampanye dan pembantaian orang-orang Yahudi di Jerman ketika perang dunia.

Pengertian Etnosentrisme

Mengutip dari zenius.net, etnosentrisme adalah penilaian kelompok terhadap kebudayaan lain, dasarnya membandingkan dengan nilai dan standar budaya sendiri.

Pengertian lain etnosentrisme yaitu pandangan kebudayaan individu paling baik dan menganggap rendah budaya lain. Singkatnya etnosentrisme adalah fanatisme suku bangsa. Individu dan kelompok menganggap bahasa, agama, kebiasaan, dan perilaku mereka paling baik dibanding lainnya.

Menurut Sumnel, etnosentrisme merupakan kecenderungan manusia yang mementingkan diri sendiri, lebih unggul dari orang lain, dan menjadi individualistik.

Penyebab etnosentrisme karena sikap kelompok yang membandingkan kebudayaan. Etnosentrisme berdampak pada diskriminasi kelompok yang memiliki budaya berbeda.

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli:

1. Dayakisni dan Yuniardi

Etnosentrisme adalah sikap dalam melihat dan melakukan interpretasi terhadap seseorang atau kelompok berdasarkan nilai-nilai yang ada pada budaya sendiri.

2. Poerwanti

Etnosentrisme merupakan pandangan bahwa kelompok sendiri merupakan pusat segalanya. Kelompok ini selalu membandingkan nilai dan standar budayanya lebih baik dari kelompok lain.

3. Alo Liliweri

Etnosentrisme ialah paham yang dianut kelompok atau suku bangsa yang menganggap lebih superior dibandingkan kelompok luar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...