Gencatan Senjata, Pengertian, Jenis dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
5 April 2022, 13:18
Ilustrasi, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, Wakil Ketua Dewan Transisional Militer Sudan (kiri), Alhadi Idris, Ketua Front Revolusioner Sudan (tengah), Presiden Sudan Selatan Salva Kiir dan Tut Galwak, Ketua Komite Mediasi Sudan Selatan memegang dokumen ke
ANTARA FOTO/REUTERS/Jok Solomun
Ilustrasi, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, Wakil Ketua Dewan Transisional Militer Sudan (kiri), Alhadi Idris, Ketua Front Revolusioner Sudan (tengah), Presiden Sudan Selatan Salva Kiir dan Tut Galwak, Ketua Komite Mediasi Sudan Selatan memegang dokumen kesepakatan mengenai perdamaian dan gencatan senjata saat upacara penandatanganan di Juba, Sudan Selatan.

Gencatan senjata masuk dalam bentuk-bentuk akomodasi. Gencatan senjata berkaitan dengan perang dan konflik yang terjadi dalam suatu wilayah. Contoh gencatan senjata yaitu konflik Israel dan Palestina.

Negara yang memiliki konflik dapat melakukan gencatan senjata. Tujuan dari gencatan senjata untuk menyelesaikan negara konflik. Sehingga kedua belah pihak bisa melakukan perundingan perdamaian hingga perjanjian antar negara.

Pengertian Gencatan Senjata

Gencatan senjata termasuk bentuk akomodasi untuk meredakan perselisihan. Dalam buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 1 untuk SMP/MTs Kelas VII, akomodasi adalah proses individu atau kelompok yang awalnya bertentangan, kemudian mengatasi ketegangan.

Tujuan adanya akomodasi ini untuk mengatasi ketegangan antar kelompok atau individu. Akomodasi juga membutuhkan pihak ketiga sebagai penengah.

Dalam proses ini, pihak ketiga dapat meredakan pertentangan, mencapai kestabilan, dan kelangsungan hubungan antar kelompok. Gencatan senjata termasuk bentuk akomodasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gencatan senjata adalah penghentian tembak-menembak (perang).

Pengertian lain gencatan senjata adalah penangguhan permusuhan atau peperangan dalam jangka waktu tertentu. Masa penangguhan ini digunakan untuk menyelesaikan konflik antara kedua belah pihak.

Gencatan senjata dalam bahasa Inggris adalah ceasefire. Menurut Dictionary Cambridge, gencatan senjata adalah kesepakatan antara dua pasukan, bertujuan untuk menghentikan pertempuran.

Ketika pertempuran dihentikan sementara, kedua belah pihak melakukan diskusi untuk membahas perdamaian.

Dari penjelasan diatas, gencatan senjata menjadi cara meredakan konflik. Perjanjian ketika gencatan senjata menjadi mediasi atau proses perdamaian.

Contohnya dua negara berkonflik melakukan mediasi sesuai resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Jenis-jenis Gencatan Senjata

Mengutip bbc.com, gencatan senjata dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Truce

Truce merupakan pengaturan ad-hoc yang dibuat untuk menghentikan pertempuran. Jenis gencatan senjata ini tidak membutuhkan pertemuan formal. Pasalnya, truce bisa terjadi akibat kelelahan akibat pertempuran panjang sehingga para pihak yang terlibat menghentikan sementara operasi militer.

2. Cessation of hostilities

Cessation of hostilities atau penghentian permusuhan, merupakan gencatan senjata yang lebih formal dibandingkan truce. Penghentian permusuhan berarti bahwa para pihak yang bertikai bersedia berhenti berperang untuk sementara, dan untuk menahan kekuatan mereka.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...