3 Rekomendasi Bedak untuk Kulit Berminyak

Image title
8 April 2022, 15:00
Ilustrasi, wanita sedang merias wajah. Bedak menjadi salah satu kosmetik yang cukup sering digunakan dan diandalkan untuk berbagai aktivitas. Memilih bedak untuk kulit berminyak penting untuk diketahui, agar tidak salah memilih produk, yang berujung pada
Pexels.com/Adrienn
Ilustrasi, wanita sedang merias wajah. Bedak menjadi salah satu kosmetik yang cukup sering digunakan dan diandalkan untuk berbagai aktivitas. Memilih bedak untuk kulit berminyak penting untuk diketahui, agar tidak salah memilih produk, yang berujung pada kerusakan kulit wajah.

Penggunaan kosmetik dirasa dapat menunjang penampilan seseorang, khususnya wanita. Mulai dari lipstick, eye shadow, sampai blash on pun tak ketinggalan untuk diaplikasikan pada wajah.

Salah satu produk kosmetik yang cukup sering digunakan dan diandalkan untuk berbagai aktivitas adalah bedak. Bubuk kosmetik yang satu ini kerap diaplikasikan pada wajah, baik untuk memeroleh kesan natural, kasual, atau bahkan glamor.

Namun, meskipun produk umum, untuk memeroleh pupur yang cocok, perlu memerhatikan jenis kulit masing-masing. Hal ini untuk menghindari risiko tertentu serta kenyamanan saat menggunakan bedak.

Apa Itu Kulit Berminyak?

Setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Dengan begitu, diperlukan juga penyesuaian perawatan harian dan penggunaan bahan-bahan kosmetik pada jenis kulit masing-masing, tak terkecuali bagi kulit berminyak.

Kulit berminyak memiliki tampilan mengkilap dan pori-pori kulit yang bisa dilihat dengan jelas.

Kondisi kulit berminyak umumnya disebabkan karena produksi lemak yang berlebihan oleh kelenjar sebaceous, dan biasanya ditentukan oleh penyebab genetik atau hormonal. Kulit berminyak dapat dialami oleh siapa saja seperti  remaja dan orang muda di bawah 30 tahun.

Perawatan kulit berminyak yang tidak tepat bisa menyebabkan beberapa gangguan kulit. Paling umum adalah memicu munculnya jerawat. Selain itu, penggunaan pelembab untuk kulit berminyak bisa mengakibatkan masalah serupa di kemudian hari.

Bedak untuk Kulit Berminyak

Memilih bedak untuk kulit berminyak tidak boleh dilakukan sembarangan. Seperti yang sudah diketahui, kulit berminyak memiliki produksi minyak alami atau sebum berlebih sehingga membuat wajah tampak berkilau. Oleh karena itu, penting untuk menghindari kandungan bahan aktif tertentu pada produk riasan wajah yang rentan menimbulkan jerawat.

Dirangkum dari SehatQ, berikut cara memilih bedak untuk kulit berminyak:

  • Gunakan bedak dengan formula bebas minyak atau noncomedogenic. Dengan begitu, bedak tidak rentan menyumbat pori dan menimbulkan kilap di wajah.
  • Pakai bedak yang memberikan tampilan matte. Hal ini dimaksudkan agar produksi minyak bisa lebih dikendalikan.
  • Hindari jenis bedak yang membuat tampilan wajah tampak berkilau dan bercahaya.
  • Gunakan bedak tabur. Karena bedak jenis ini memiliki tekstur lebih halus dan bekerja lebih efektif dalam menyerap minyak di wajah.
  • Perhatikan kandungan bahan aktif pada bedak. Bedak umumnya mengandung bahan aktif yang dapat mencegah iritasi kulit dan jerawat, seperi asam salisilat, hyaluronic acid, dan sulfur. Jika kamu sedang menggunakan obat asam salisilat dalam rutinitas perawatan kulit, maka hindari bedak yang juga mengandung bahan aktif ini.

Produk Bedak untuk Kulit Berminyak

Dikutip dari my-best.id, dan beberapa laman terkait lainnya, berikut produk bedak yang cocok untuk kulit berminyak.

1. Acnes Compact Powder

Walaupun tergolong bedak padat, Acnes memiliki formula ringan dan mampu menyerap minyak. Bedak ini dilengkapi dengan kandungan sulfur yang berfungsi mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, Acnes mengandung triclosan untuk membunuh bakteri dan sunscreen agent guna melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...