5 Rekomendasi Produk Facial Wash untuk Kulit Kering

Image title
8 April 2022, 15:12
Ilustrasi, seorang wanita menggunakan produk facial wash untuk kulit kering.
Pexels.com/Ron Lach
Ilustrasi, seorang wanita menggunakan produk facial wash untuk kulit kering.

Mencuci wajah dengan produk facial wash atau sabun pembersih wajah merupakan aktivitas umum dalam hal perawatan kulit wajah. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan rutin mencuci wajah, mulai dari menjaga kelembapan kulit, mencegah jerawat dan komedo, hingga membersihkan sel kulit mati.

Mencucui wajah memang menjadi kebutuhan untuk segala jenis kulit, termasuk kulit kering. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih produk facial wash jika kamu memiliki jenis kulit kering.

Memilih Facial Wash untuk Kulit Kering

Memiliki kulit kering merupakan masalah tersendiri bagi sebagian orang. Kulit kering adalah kondisi kulit yang terlihat pecah-pecah dan memiliki tekstur agak kasar. Selain itu, jenis kulit ini rentan terhadap serangan mikroogranisme yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan hal berikut ketika hendak memilih produk facial wash, yaitu:

  • Pilih kandungan yang kaya pelembap: Gliserin, vitamin E, minyak jojoba dan urea adalah kandungan yang dapat mengikat kelembapan kulit sehingga terhindari dari kekeringan.
  • Alkohol: Beberapa jenis alkohol yang ramah untuk kulit kering umumnya berasal dari hasil fermentasi olahan minyak (fatty alcohol) sehingga tidak menyebabkan iritasi dan mampu melembapkan kulit.
  • Bebas deterjen, pewangi dan salicylic/glycolic acid: Bahan-bahan tersebut perlu dihindari sebab bahan terebut dapat membuat kulit semakin kering.
  • Hindari sabun muka dengan sifat exfoliating: Eksfoliasi membuat kulit tampak segar dan bersih. Umumnya, produk pembersih golongan exfoliator mengandung butiran scrub atau bahan kimia semacam AHA, BHA dan SA. Jika kamu memiliki kulit kering, sebaiknya jangan menggunakan sabun dengan sifat exfoliating karena dapat mengikis dan membuat kulit rentan akan kerusakan.

Produk Facial Wash untuk Kulit Kering

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa produk facial wash yang cocok untuk kulit kering:

1. Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Orang dengan jenis kulit kering dan sensitif banyak yang merekomendasikan produk berbahan dasar centella asiatica ini. Formula lembutnya tidak membuat wajah kesat, justru akan melembapkan kulit.

Produk yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita ini memiliki tekstur busa lembut yang mampu mengangkat kotoran dengan baik tanpa meluruhkan kelembapan alami kulit.

Selain itu, Klairs Rich Moist Foaming Cleanser memiliki aroma herbal tradisional yang khas. Pemakaian selama kurang lebih dua bulan sudah memberikan efek wajah lebih lembab dan bernutrisi.

2. Bioderma Atoderm Gel Douche

Bioderma memang dikenal sebagai produk dengan formula yang aman dan rendah iritasi. Produk Biodarma yang diformulasikan khusus untuk kulit kering ini tidak menggunakan paraben dan bahan pemicu alergi lainnya.

Dengan tekstur gel dan warna biru yang berasal dari pewarna alaminya, Bioderma Atoderm Gel Douche sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memiliki kulit lembut.

Bioderma Atoderm Gel Douche juga bekerja untuk melindungi, melembapkan, dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

3. Wardah Aloe Hydramild Facial Wash

Produk Wardah yang satu ini memiliki busa yang ringan, wangi, serta dilengkapi dengan formula pH balance. Hasilnya, wajah akan terlihat bersih, segar dan lembap sepanjang hari.

Wardah Aloe Hydramild Facial Wash mengandung aloe barbandensis leaf extract yang efektif melembapkan kulit kering. Sabun pembersih wajah yang cocok untuk remaja ini juga mengandung triple hydrating complex yang memberi kelembapan ekstra dan mampu menenangkan kulit tanpa rasa lengket.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...