5 Rekomendasi Produk Facial Wash untuk Kulit Kering

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih facial wash untuk kulit kering, seperti memilih kandungan yang kaya pelembap, mengandung jenis alkohol yang ramah kulit, serta bebas deterjen.
Image title
8 April 2022, 15:12
Ilustrasi, seorang wanita menggunakan produk facial wash untuk kulit kering.
Pexels.com/Ron Lach
Ilustrasi, seorang wanita menggunakan produk facial wash untuk kulit kering.

Mencuci wajah dengan produk facial wash atau sabun pembersih wajah merupakan aktivitas umum dalam hal perawatan kulit wajah. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan rutin mencuci wajah, mulai dari menjaga kelembapan kulit, mencegah jerawat dan komedo, hingga membersihkan sel kulit mati.

Mencucui wajah memang menjadi kebutuhan untuk segala jenis kulit, termasuk kulit kering. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih produk facial wash jika kamu memiliki jenis kulit kering.

Memilih Facial Wash untuk Kulit Kering

Memiliki kulit kering merupakan masalah tersendiri bagi sebagian orang. Kulit kering adalah kondisi kulit yang terlihat pecah-pecah dan memiliki tekstur agak kasar. Selain itu, jenis kulit ini rentan terhadap serangan mikroogranisme yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan hal berikut ketika hendak memilih produk facial wash, yaitu:

Advertisement
  • Pilih kandungan yang kaya pelembap: Gliserin, vitamin E, minyak jojoba dan urea adalah kandungan yang dapat mengikat kelembapan kulit sehingga terhindari dari kekeringan.
  • Alkohol: Beberapa jenis alkohol yang ramah untuk kulit kering umumnya berasal dari hasil fermentasi olahan minyak (fatty alcohol) sehingga tidak menyebabkan iritasi dan mampu melembapkan kulit.
  • Bebas deterjen, pewangi dan salicylic/glycolic acid: Bahan-bahan tersebut perlu dihindari sebab bahan terebut dapat membuat kulit semakin kering.
  • Hindari sabun muka dengan sifat exfoliating: Eksfoliasi membuat kulit tampak segar dan bersih. Umumnya, produk pembersih golongan exfoliator mengandung butiran scrub atau bahan kimia semacam AHA, BHA dan SA. Jika kamu memiliki kulit kering, sebaiknya jangan menggunakan sabun dengan sifat exfoliating karena dapat mengikis dan membuat kulit rentan akan kerusakan.

Produk Facial Wash untuk Kulit Kering

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa produk facial wash yang cocok untuk kulit kering:

1. Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Orang dengan jenis kulit kering dan sensitif banyak yang merekomendasikan produk berbahan dasar centella asiatica ini. Formula lembutnya tidak membuat wajah kesat, justru akan melembapkan kulit.

Produk yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita ini memiliki tekstur busa lembut yang mampu mengangkat kotoran dengan baik tanpa meluruhkan kelembapan alami kulit.

Selain itu, Klairs Rich Moist Foaming Cleanser memiliki aroma herbal tradisional yang khas. Pemakaian selama kurang lebih dua bulan sudah memberikan efek wajah lebih lembab dan bernutrisi.

2. Bioderma Atoderm Gel Douche

Bioderma memang dikenal sebagai produk dengan formula yang aman dan rendah iritasi. Produk Biodarma yang diformulasikan khusus untuk kulit kering ini tidak menggunakan paraben dan bahan pemicu alergi lainnya.

Dengan tekstur gel dan warna biru yang berasal dari pewarna alaminya, Bioderma Atoderm Gel Douche sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memiliki kulit lembut.

Bioderma Atoderm Gel Douche juga bekerja untuk melindungi, melembapkan, dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

3. Wardah Aloe Hydramild Facial Wash

Produk Wardah yang satu ini memiliki busa yang ringan, wangi, serta dilengkapi dengan formula pH balance. Hasilnya, wajah akan terlihat bersih, segar dan lembap sepanjang hari.

Wardah Aloe Hydramild Facial Wash mengandung aloe barbandensis leaf extract yang efektif melembapkan kulit kering. Sabun pembersih wajah yang cocok untuk remaja ini juga mengandung triple hydrating complex yang memberi kelembapan ekstra dan mampu menenangkan kulit tanpa rasa lengket.

4. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Produk yang satu ini cocok untuk jenis kulit kering yang tergolong parah. Produk unggulan dari Hada Labo ini memiliki formula gentle yang aman untuk penggunaan jangka panjang.

Sabun dengan aroma yang ramah ini membantu memperbaiki tekstur kulit yang kasar, sehingga kulit terasa lebih lembap dan plump setelah dibilas. Selain itu, Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash ini tidak mengandung SLS, alkohol, dan fragrance. Busanya yang mild tidak menimbulkan efek kesat dan tertarik.

5. Trueve Gentle Low pH Facial Cleanser

Low pH Facial Cleanser ini cocok untuk kulit kering dan sensitif. Formula yang mendekati pH kulit wajah membuatnya mampu memberiskan wajah tanpa membuatnya kering dan kaku. Selain itu, produk ini mengandung niacinamide dan ceramide yang efektif mencerahkan dan menjaga skin barrier.

Adapun manfaat sabun pembersih ini, di antaranya membuat wajah bersih tanpa efek kering dan kaku, menjaga skin barrier, mencerahkan, melembutkan, menenangkan kulit sensitif, serta tidak memicu alergi.

Cara Alami Mengatasi Kulit Kering

Selain rutin mencuci muka dengan sabun, untuk merawat dan mengatasi kulit kering ada beberapa cara alami yang relatif lebih aman untuk dilakukan, yaitu:

Madu

Dalam sebuah jurnal berjudul Medicinal and cosmetic uses of Bee’s Honey yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2012 lalu, ditemukan fakta bahwa madu bermanfaat untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Termasuk mengatasi kulit kering.

Madu bersifat melembabkan dan antiinflamasi. Manfaat madu ini bisa kamu peroleh dengan mengoleskannya pada bagian kulit kering.

Susu

Sejumlah studi menyebutkan bahwa susu murni tanpa gula di dalamnya, mengandung asam laktat yang berfungsi untuk melembabkan dan menjadi perisai kulit. Kamu bisa memakai bahan ini sebagai pelembab.

Kelopak Mawar

Selain susu, Kamu bisa memanfaatkan olahan kelopak mawar sebagai cara mengatasi kulit kering. Kelopak mawar memiliki efek antiinflamasi pada kulit. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh penelitian. Selain itu, kelopak mawar dan air mawar menunjukkan efek pengencangan dan astringent pada kulit.

Lidah Buaya

Menurut sebuah studi berjudul "Evaluation of Aloe Vera Gel Gloves in the Treatment of Dry Skin Associated with Occupational Exposure" tahun 2003 ditemukan bahwa gel lidah buaya dapat membantu meringankan gejala kulit kering.

Seseorang dengan kulit kering di tangan atau kaki mereka dapat mengoleskan gel lidah buaya dan menutupi area yang terkena dengan kaus kaki atau sarung tangan. Sebagian orang memilih melakukan cara ini sebelum tidur dan membiarkan gel sepanjang malam.

Jika kulit kering ada di area lain dari tubuh, mengoleskan gel lidah buaya secara bebas dan membiarkannya meresap dapat mencapai efek yang sama.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait