10 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Beserta Ulasan dan Harganya

Mencuci wajah menggunakan produk sabun cuci muka untuk kulit berjerawat dapat membantu mengatasi jerawat. Berikut rekomendasi produk yang dapat dicoba.
Image title
3 Januari 2022, 14:28
Ilustrasi penggunaan produk sabun cuci muka untuk kulit berjerawat
Pexels/Ron Lach
Ilustrasi penggunaan produk sabun cuci muka untuk kulit berjerawat

Wajah berjerawat merupakan permasalahan kulit yang sering dialami banyak orang. Jerawat dapat muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Sekitar 85% orang usia 12 hingga 25 tahun mengalami kondisi berjerawat, menurut data studi Global Burden of Disease (GBD).

Ada banyak faktor yang berkontribusi dalam penyebab jerawat. Salah satunya adalah faktor kebersihan. Kulit wajah yang sering terekspos membuatnya rentan terhadap bakteri, minyak, dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat.

Cuci muka penting untuk mengatasi jerawat karena kegiatan ini berfungsi untuk membersihkan kulit dan pori-pori dari bakteri, minyak, kotoran, riasan, dan keringat yang berpotensi menyebabkan jerawat.

Beberapa orang memiliki kulit yang mudah berjerawat (acne prone) sehingga pemilihan produk sabun cuci muka yang sesuai merupakan hal penting. Sebagai rekomendasi, berikut pilihan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat.

Advertisement

1. Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang pertama adalah Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Produk ini mengandung 0,5% asam salisilat atau salicylic acid yang berfungsi untuk mengatasi kulit berjerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat.

Asam salisilat termasuk asam beta-hidroksi (BHA) yang bekerja pada lapisan atas kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Kandungan ini dapat melewati minyak yang menyumbat pori-pori dan melarutkan campuran sebum dan kulit mati yang menyebabkan jerawat.

Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser juga mengandung minyak pohon teh yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi untuk membunuh P. acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. Produk ini dijual dengan harga Rp149ribu untuk ukuran 150 ml.

2. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser adalah sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang dibuat secara lokal di Provinsi Bali. Kandungan tea tree dan lemon dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Minyak pohon teh adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami yang berarti dapat membunuh P. acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. Studi dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menemukan, produk minyak pohon teh dengan konsentrasi 5% efektif menghilangkan jerawat ringan hingga sedang.

Sedangkan lemon dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Air perasan jeruk lemon bekerja dengan mengurangi sekresi minyak dan bakteri penyebab jerawat. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk lemon juga terbukti secara klinis untuk memperbaiki hiperpigmentasi dan bintik hitam pada wajah.

Harga Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser adalah Rp130ribu untuk ukuran 220 ml.

3. Senka Perfect Whip Acne Care

Selanjutnya, rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat adalah Senka Perfect Whip Acne Care. Senka adalah merek perawatan kulit asal Jepang dibawah perusahaan Shiseido. Formula Senka Perfect Whip Acne Care dibuat khusus untuk wajah berjerawat.

Produk ini mengandung salicylic acid yang mampu membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak hingga ke pori-pori wajah. Selain itu, kandungan ekstrak bunga chamomile Kyoto juga berfungsi sebagai antibakteri untuk mengatasi jerawat.

Senka Perfect Whip Acne Care dijual dengan harga Rp67ribu untuk ukuran 100 gram.

4. Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Rekomendasi keempat ada Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser. Produk ini diklaim mampu menyeimbangkan pH kulit (pH Balancer), membantu meredakan kemerahan, dan membersihkan debu, kotoran, dan minyak.

Kandungan sabun cuci muka in antara lain Japanese mugwort, tea tree, centella, dan peppermint yang baik untuk wajah berjerawat. Produk ini juga vegan friendly karena tidak menggunakan bahan dari binatang.

Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser dibanderol dengan harga Rp99 ribu untuk ukuran 100 ml dan Rp39 ribu untuk ukuran 15 ml.

5. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat selanjutnya ada The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash. Kandungan tea tree berperan sebagai antibakteri yang baik untuk wajah berjerawat.

Produk ini diklaim dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah tanpa mengeringkan kulit. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash dijual seharga Rp169 ribu untuk ukuran 250 ml.

6. Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser

Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser merupakan produk dalam seri Acnederm yang ditargetkan untuk wajah berjerawat. Sabun cuci muka ini diformulasikan khusus untuk menjaga wajah tetap bersih dan lembut.

Formulanya mengandung salicylic acid yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, fitur Derma Cleanser Actives diklaim dapat membersihkan debu dan kotoran di wajah, mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam, dan menjaga hidrasi kulit.

Harga Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser adalah Rp20.400 untuk ukuran 60 ml.

7. Azarine Cosmetics Acne Gentle Cleansing Foam

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang ketujuh adalah Azarine Cosmetics Acne Gentle Cleansing Foam. Produk ini merupakan pembersih wajah bebas minyak untuk kulit berjerawat, berminyak dan berpori besar.

Kandungan ekstrak alami diklaim mampu membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mengangkat kelebihan minyak pada wajah. Formulanya diracik dengan mild surfactant, sehingga tidak mengeringkan kulit dan meredam iritasi akibat jerawat.

Sabun cuci muka Azarine Cosmetics Acne Gentle Cleansing Foam dijual dengan harga Rp35 ribu untuk ukuran 60 ml.

8. Pond's Acne Solution AntiAcne Facial Foam

Selanjutnya, rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat ada Pond's Acne Solution AntiAcne Facial Foam. Menurut situs resmi Pond’s, produk ini mengandung GLUTA-BOOTS yang 10 kali lebih efektif dari Vitamin C.

Fungsinya dapat meningkatkan antioksidan alami di kulit yang dapat mencerahkan dan menyamarkan bintik hitam. Produk ini juga mengandung B3+ (niacinamide) yang dapat mengurangi kekusaman dan membuat pori tampak lebih kecil.

Kandungan salicylic acid juga bermanfaat untuk wajah berjerawat. Sabun cuci muka Pond's Acne Solution AntiAcne Facial Foam dapat dibeli dengan harga Rp29.400 untuk ukuran 100 gram.

9. Garnier Pure Active Sensitive Anti Acne Cleansing Gel

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel adalah sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang berbentuk gel. Produk ini dibuat khusus untuk kulit sensitif untuk membersihkan wajah dengan lembut, serta mengurangi minyak berlebih dan jerawat.

Produk ini diklaim mengandung Purifying Zinc dan Ekstrak Witch Hazel untuk membersihkan dengan lembut dan mengurangi minyak berlebih untuk mengatasi jerawat dan kemerahan pada wajah. Produk ini juga tidak menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan alergi pada wajah.

Harga Garnier Pure Active Sensitive Anti Acne Cleansing Gel adalah Rp29.200 untuk ukuran 100 ml.

10. Glowinc Potion ACNECORE+ Clear AC Low pH Gel Cleanser

Glowinc Potion ACNECORE+ Clear AC Low pH Gel Cleanser adalah sabun cuci muka untuk kulit berjerawat dan berpori-pori besar. Klaim produk ini mampu membantu melawan bakteri penyebab jerawat, membantu mengontrol produksi sebum, dan memperkuat skin barrier.

Formulanya mengandung Diformulasikan dengan AC Care 1000, Succinic Acid, Pore Reductyl NT, Triple Ceramide, Tea Tree, dan Turmeric Water yang baik untuk wajah berjerawat. Produk ini dijual seharga Rp59 ribu.

Itulah rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang dapat Anda coba.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait