10 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Beserta Ulasan dan Harganya

Image title
3 Januari 2022, 14:28
Ilustrasi penggunaan produk sabun cuci muka untuk kulit berjerawat
Pexels/Ron Lach
Ilustrasi penggunaan produk sabun cuci muka untuk kulit berjerawat

Wajah berjerawat merupakan permasalahan kulit yang sering dialami banyak orang. Jerawat dapat muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Sekitar 85% orang usia 12 hingga 25 tahun mengalami kondisi berjerawat, menurut data studi Global Burden of Disease (GBD).

Ada banyak faktor yang berkontribusi dalam penyebab jerawat. Salah satunya adalah faktor kebersihan. Kulit wajah yang sering terekspos membuatnya rentan terhadap bakteri, minyak, dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat.

Cuci muka penting untuk mengatasi jerawat karena kegiatan ini berfungsi untuk membersihkan kulit dan pori-pori dari bakteri, minyak, kotoran, riasan, dan keringat yang berpotensi menyebabkan jerawat.

Beberapa orang memiliki kulit yang mudah berjerawat (acne prone) sehingga pemilihan produk sabun cuci muka yang sesuai merupakan hal penting. Sebagai rekomendasi, berikut pilihan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat.

1. Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang pertama adalah Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Produk ini mengandung 0,5% asam salisilat atau salicylic acid yang berfungsi untuk mengatasi kulit berjerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat.

Asam salisilat termasuk asam beta-hidroksi (BHA) yang bekerja pada lapisan atas kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Kandungan ini dapat melewati minyak yang menyumbat pori-pori dan melarutkan campuran sebum dan kulit mati yang menyebabkan jerawat.

Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser juga mengandung minyak pohon teh yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi untuk membunuh P. acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. Produk ini dijual dengan harga Rp149ribu untuk ukuran 150 ml.

2. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser adalah sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang dibuat secara lokal di Provinsi Bali. Kandungan tea tree dan lemon dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Minyak pohon teh adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami yang berarti dapat membunuh P. acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. Studi dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menemukan, produk minyak pohon teh dengan konsentrasi 5% efektif menghilangkan jerawat ringan hingga sedang.

Sedangkan lemon dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Air perasan jeruk lemon bekerja dengan mengurangi sekresi minyak dan bakteri penyebab jerawat. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk lemon juga terbukti secara klinis untuk memperbaiki hiperpigmentasi dan bintik hitam pada wajah.

Harga Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser adalah Rp130ribu untuk ukuran 220 ml.

3. Senka Perfect Whip Acne Care

Selanjutnya, rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat adalah Senka Perfect Whip Acne Care. Senka adalah merek perawatan kulit asal Jepang dibawah perusahaan Shiseido. Formula Senka Perfect Whip Acne Care dibuat khusus untuk wajah berjerawat.

Produk ini mengandung salicylic acid yang mampu membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak hingga ke pori-pori wajah. Selain itu, kandungan ekstrak bunga chamomile Kyoto juga berfungsi sebagai antibakteri untuk mengatasi jerawat.

Senka Perfect Whip Acne Care dijual dengan harga Rp67ribu untuk ukuran 100 gram.

4. Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Rekomendasi keempat ada Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser. Produk ini diklaim mampu menyeimbangkan pH kulit (pH Balancer), membantu meredakan kemerahan, dan membersihkan debu, kotoran, dan minyak.

Kandungan sabun cuci muka in antara lain Japanese mugwort, tea tree, centella, dan peppermint yang baik untuk wajah berjerawat. Produk ini juga vegan friendly karena tidak menggunakan bahan dari binatang.

Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser dibanderol dengan harga Rp99 ribu untuk ukuran 100 ml dan Rp39 ribu untuk ukuran 15 ml.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...