3 Cara Membuat Link Google Meet dengan Mudah dan Praktis

Image title
13 April 2022, 11:30
Cara membuat link Google Meet
Pexels.com
Ilustrasi, tampilan halaman Google. Selain sebagai search engine, Google juga menyediakan fitur Google Meet yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan secara online. Cara membuat link Google Meet tergolong mudah, karena panduannya sudah disediakan langsung oleh Google.

Perkembangan teknologi saat ini tergolong pesat. Salah satunya adalah, semakin krusialnya peran mesin pencari (search engine), seperti Google. Dalam perkembangannya Google menjadi salah satu kecanggihan teknologi yang dapat dirasakan saat ini.

Banyak sekali fitur yang diberikan oleh Google untuk mempermudah pekerjaan dan pendidikan, salah satunya adalah kemunculan fitur Google Meet. Ini merupakan layanan yang disediakan oleh Google, yang memungkinkan banyak orang bertemu secara daring atau online.

Advertisement

Di masa pandemi Covid-19 ini, adanya fitur seperti Google Meet tentu sangat berguna, karena pertemuan secara fisik harus dibatasi. Bertemu dengan orang lain untuk sekadar berbincang, aktivitas sekolah, hingga melakukan bisnis pun bisa melalui aplikasi Google Meet.

Karena itu, penting bagi seseorang untuk mengetahui cara membuat link Google Meet, agar cepat beradaptasi dengan situasi saat ini. Link ini berfungsi sebagai undangan agar orang lain dapat datang dan ikut bergabung dalam Google Meet.

Cara membuat link Google Meet ini tergolong mudah dan bisa dilakukan smartphone maupun PC/laptop.

Sekilas Fungsi Google Meet

Seperti yang telah disebutkan, Google Meet merupakan salah satu aplikasi atau layanan yang dikeluarkan Google. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengadakan pertemuan/konferensi melalui video call secara berkelompok.

Aplikasi ini sangat cocok dimanfaatkan di masa pandemi seperti ini, saat pertemuan langsung sangat tidak dianjurkan. Dilansir dari apps.google.com, dengan akun Google pribadi, pengguna bisa mengadakan pertemuan atau rapat secara online melalui Google Meet, dengan batas maksimal 100 peserta selama 60 menit per pertemuan.

Sementara, untuk kebutuhan bisnis, pendidikan dan organisasi lainnya, pertemuan melalui Google Meet bisa mencakup hingga 250 peserta. Tak hanya itu, Google Meet dan bisa dilakukan dengan metode live stream ke ratusan ribu audiens dalam satu domain.

Fitur dan Keunggulan Google Meet

Sama dengan teknologi lainnya, Google Meet juga memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan. Beberapa fitur dan keunggulan Google Meet ini dapat mempermudah pengguna dalam berkomunikasi dengan teman, kolega, dan keluarga.

Berikut ini beberapa fitur dan keunggulan Google Meet:

  1. Bisa mengadakan pertemuan online secara gratis, dengan menjangkau banyak peserta.
  2. Memiliki fitur teks subtitle otomatis. Untuk mengaktifkannya, bisa dilakukan dengan cara klik tanda titik tiga, lalu pilih opsi yang tersedia. Saat ini opsi subtitle yang tersedia adalah bahasa Inggris.
  3. Dapat digunakan di berbagai perangkat, mulai dari laptop hingga smartphone, sehingga terbilang praktis dan mudah dioperasikan.
  4. Terdapat fitur layar pratinjau untuk video dan audio. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengatur kamera dan mikrofon sebelum mulai bergabung dalam pertemuan.
  5. Memiliki tampilan yang mudah diatur dan disesuaikan.
  6. Ada fitur kontrol bagi admin atau penyelenggara pertemuan online. Sehingga, hanya penyelenggara yang punya kendali untuk menyalakan atau mematikan audio peserta. Dengan demikian, rapat atau konferensi bisa berjalan kondusif.
  7. Terdapat fitur berbagi layar. Fitur ini memungkinkan setiap peserta rapat atau pertemuan menyaksikan tampilan layar yang sama. Fitur ini sangat cocok untuk presentasi atau kerja kelompok jarak jauh.
  8. Memiliki fitur bertukar pesan, yang memungkinkan setiap peserta saling bertukar pesan dan berbagi file lewat kolom chat. Melalui fitur ini, pertemuan online bisa berjalan lebih interaktif.
  9. Terintegrasi langsung dengan Google dan Microsoft Office.

Cara Membuat Link Google Meet

Setelah mengetahui fungsi dan fitur-fitur yang tersedia, Anda perlu mengetahui juga cara membuat link Google Meet. Pasalnya, Anda akan dihadapkan pada situasi di mana Anda harus berperan sebagai host. Misalnya, ketika Anda memimpin sebuah tim kecil dalam satu organisasi, dan harus melakukan koordinasi secara online.

Cara membuat link Google Meet tergolong mudah. Mengutip www.support.google.com, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement