Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara dan Permanen

Cara menonaktifkan akun Instagram cukup mudah dilakukan. Menonaktifkan media sosial ini bisa menjadi langkah untuk mengurangi aktivitas di dunia maya dan fokus mengerjakan sesuatu yang lebih penting.
Image title
14 April 2022, 14:58
cara menonaktifkan akun Instagram
alexey malkin|123RF.com
Ilustrasi, ikon aplikasi Instagram.

Instagram telah menjelma menjadi salah satu media sosial populer dan favorit sebagian besar orang. Saat ini, platform temuan Kevin Systrom ini telah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Instagram memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto, video, story, siaran langsung, hingga berkirim pesan ke pengguna lain. Beragam fitur yang tersedia di Instagram memudahkan seseorang dalam menjalin hubungan sosial.

Bukan sekadar berbagai tentang kehidupan sosial, Instagram juga banyak dimanfaatkan sebagai platform bisnis yang menguntungkan. Instagram sering digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, menjangkau audiens yang lebih luas, membangun hubungan baik dengan customers, dan berbagai manfaat lainnya.

Meski demikian, beberapa orang justru memilih untuk menonaktifkan akun Instagram mereka. Hal ini dilakukan karena berbagai alasan, seperti ingin fokus mengerjakan sesuatu, mengurangi aktivitas di dunia maya, atau hendak menenangkan diri dari kehidupan sosialnya.

Advertisement

Menonaktifkan akun Instagram bisa dilakukan hanya untuk sementara saja atau permanen. Begini caranya!

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Apabila telah menonaktifkan akun Instagram sementara, pengguna bisa mengaktifkannya kembali jika ingin menggunakan platform ini lagi.

Saat menonaktifkan akun Instagram, pengikut di Instagram Anda tidak dapat melihat linimasa atau timeline maupun mencari akun Anda. Namun, masih ada jejak yang bisa dilihat oleh pengguna lain, seperti pesan langsung atau direct messege. Hanya saja, nama akun berubah menjadi "Instagrammers".

Instagram tetap akan menyimpan informasi akun Anda, termasuk daftar pengikut dan foto yang ada di feed jika pengguna ingin mengaktifkannya kembali.

Berikut cara menonaktifkan akun Instagram sementara:

  1. Buka instagram.com lewat HP atau ponsel.
  2. Masuk ke akun Instagram Anda.
  3. Klik gambar profil pada sudut kanan atas.
  4. Pilih Edit Profil.
  5. Untuk menghapus akun sementara, klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”
  6. Pilih alasan dari pertanyaan “Mengapa Anda menonaktifkan akun?”
  7. Masukkan kembali kata sandi Anda.
  8. Klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Permanen

Selain sementara, akun Instagram juga bisa dinonaktifkan secara permanen. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon profil dari kanan bawah.
  2. Pada bagian kanan atas, ketuk ikon Pengaturan.
  3. Pilih Bantuan > Pusat Bantuan.
  4. Untuk menghapus akun Instagram permanen, pilih Kelola Akun Anda > Hapus Akun Anda.
  5. Pilih “Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?”
  6. Pilih tautan “Hapus halaman Akun Anda”
  7. Tentukan alasan mengapa Anda menghapus akun Anda.
  8. Masukkan kata sandi Instagram Anda.
  9. Klik “Hapus akun saya secara permanen”.

Menonaktifkan akun Instagram permanen juga bisa dilakukan lewat web. Berikut caranya:

  1. Buka instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ di halaman pencarian.
  2. Masuk ke akun Instagram Anda.
  3. Pilih alasan mengapa Anda menghapus akun Anda.
  4. Masukkan kembali kata sandi Anda.
  5. Pilih “Hapus Akun Saya Secara Permanen”

Apa yang Terjadi jika Akun Instagram Dihapus Permanen?

Saat akun Instagram dihapus secara permanen, seluruh riwayat Instagram Anda akan dihapus selamanya. Itu artinya semua foto, video, arsip, pesan, dan pengikut Anda akan dihapus secara permanen. Anda tidak bisa mendapatkannya kembali.

Hanya Anda yang dapat menghapus akun Instagram Anda. Oleh karena itu, untuk alasan keamanan, Instagram tidak dapat melakukannya untuk Anda. Penting juga untuk dicatat bahwa Instagram tidak dapat mengaktifkan kembali akun yang dihapus, jadi pastikan 100% bahwa Anda ingin akun Anda dihapus permanen.

Jika sudah menghapus akun secara permanen kemudian Anda memutuskan untuk kembali ke Instagram, Anda bisa melakukannya. Namun, Anda tidak dapat mengaktifkan kembali akun lama dan tidak dapat mendaftar untuk akun baru dengan nama pengguna lama yang sama.

Setelah 30 hari sejak permintaan penghapusan akun, akun dan semua informasi Anda akan dihapus secara permanen, dan Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali informasi tersebut. Proses penghapusan perlu waktu sekitar 90 hari setelah diajukan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait