5 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah yang Mudah Dilakukan

Image title
18 April 2022, 12:50
cara mengatasi bibir pecah-pecah
unspalsh.com
Ilustrasi, bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah adalah sebuah kondisi yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Selain nampak kering, bibir pecah-pecah pun rentan menyebabkan luka dan dapat membuat bibir berdarah.

Rasa perih akibat bibir pecah-pecah memang sangat mengganggu. Untuk meredakannya, Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi bibir pecah-pecah. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Bibir Pecah-pecah

Mengutip dari Medical News Today, bibir merupakan bagian tubuh yang cukup unik. Kulit bibir sangat tipis dan tidak dapat memproduksi kelenjar minyak sendiri. Akibatnya, saat terpapar sinar matahari secara langsung bibir bisa mengering serta mengalami pecah-pecah. Kondisi ini juga dikenal sebagai cheilitis.

Mengoleskan pelembab adalah salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah yang cukup efektif. Meski demikian, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab bibir pecah-pecah, sehingga bisa memilih metode yang tepat untuk menangani masalah bibir pecah-pecah.

Berbagai macam hal bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah. Tidak hanya cuaca panas dan kondisi suhu yang dingin, bibir pecah-pecah bisa juga terjadi akibat gejala medis tertentu.

Dilansir dari WebMD, berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya bibir pecah-pecah:

  • Cuaca panas dan kering.
  • Udara kering di dalam ruangan.
  • Kurangnya kelenjar minyak di bibir.
  • Tidak melembabkan bibir.
  • Mengenakan lipstik yang tidak cocok dengan kulit bibir.
  • Produk yang keras atau kering seperti mentol, kapur barus, atau asam salisilat.
  • Terlalu banyak terkena sinar matahari.
  • Kurang minum air putih.

Secara umum penyebab bibir pecah-pecah adalah karena kondisi cuaca dan tingkat kelembapan kulit bibir. Saat bibir kering, kulit bibir akan mudah mengelupas dan terluka. Dampak buruknya Anda bisa merasakan beberapa gejala yang ditimbulkan oleh bibir pecah-pecah.

Adapun gejala tersebut meliputi :

  • Bibir memerah disertai retakan.
  • Munculnya sisik.
  • Terdapat luka.
  • Bengkak.
  • Berdarah.

Dari penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa bibir pecah-pecah adalah masalah kesehatan yang paling umum dan tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengatasi bibir pecah-pecah yaitu memakai pengobatan alami dan rumahan. Metode ini setidaknya dapat membantu Anda menghilangkan bibir pecah-pecah tanpa membuatnya semakin kering.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah yang Paling Mudah

Kebanyakan orang biasanya mengalami bibir pecah-pecah dari waktu ke waktu. Sehingga diperlukan cara mengatasi bibir pecah-pecah yang efektif, agar kondisi ini tidak sering terjadi.

Kulit di bibir berbeda dengan di bagian wajah lainnya. Meskipun struktur dasarnya serupa, kulit di bibir jauh lebih tipis dan lebih halus. Kulit di bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak dapat menghasilkan kelembaban.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berbagai faktor eksternal dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Mengontrol faktor-faktor ini dapat membantu mengobati dan mencegah bibir pecah-pecah atau menghentikannya menjadi lebih buruk.

Dikutip dari Medical News Today dan sumber lainnya, berikut sejumlah cara mengatasi bibir pecah-pecah:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah yang paling mudah dilakukan yaitu dengan menjaga asupan cairan tubuh. Ketika tubuh tidak mengalami dehidrasi, maka kemungkinan terjadinya bibir pecah-pecah akan semakin kecil. Oleh karena itu, Anda harus memperbanyak minum air putih.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...