6 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami, Kenali Penyebabnya

Image title
18 April 2022, 10:41
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering
Pexels/Moose Photos
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering

Kulit kering merupakan permasalahan kesehatan yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Wanita lebih rentan mengalami kulit kering. Menurut studi dalam jurnal JAMA Dermatology, subjek studi sebanyak 59,1% persen wanita dan 42.8% pria mengalami kulit kering.

Kulit kering terjadi ketika kulit kehilangan terlalu banyak kelembapan. Orang dengan kulit kering dapat memiliki bercak kasar yang mengelupas atau terlihat bersisik. Kulit kering juga dapat terasa gatal. Kulit kering yang parah menyebabkan pecah-pecah dan berdarah.

Penyebab Kulit Kering

Mengutip University of Rochester Medical Center Rochester, penyebab kulit kering meliputi:

  • Usia, obat-obatan tertentu, dan penyakit.
  • Iklim yang kering.
  • Aktivitas renang.
  • Pekerjaan yang perlu sering cuci tangan.
  • Sering mandi.
  • Udara dingin
  • Air panas, seperti dari sering mandi air panas.

American Academy of Dermatology Association melaporkan, aktivitas sehari-hari, seperti menggunakan sabun deodoran dan produk pembersih yang keras, dapat menghilangkan minyak dan lemak dari kulit, sehingga menyebabkan kulit kering.

Ketika kulit terus kehilangan kelembapan dan tidak bisa sembuh dengan sendiri, kulit bisa menjadi sangat kering. Akibatnya, kulit dapat pecah dan berdarah. Kulit kering dapat dialami oleh segala usia. Oleh sebab itu, penting mengetahui cara mengatasi kulit kering berikut ini.

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Menurut American Academy of Dermatology Association, beberapa cara sederhana dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering secara alami, yaitu:

1. Hindari mandi menggunakan air panas

Mengatasi kulit kering dapat dimulai dengan menghindari mandi menggunakan air panas. Mandi air panas dapat menghilangkan protein dan cairan alami dari kulit, membuatnya kering, gatal, dan pada akhirnya membakar kulit, terutama orang dengan kulit sensitif.

Melansir Baylor College of Medicine, mandi air panas saat iklim dingin tidak hanya mengeringkan kulit, tetapi juga dapat merusak permukaan kulit. Kulit kering yang ekstrim dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, seperti peradangan kulit dan bahkan dapat mengakibatkan eksim.

2. Gunakan pelembab udara

Udara dalam ruangan yang panas dan kering dapat menyebabkan kulit kering. Menggunakan pelembap udara dapat mengatasinya. Pelembab udara menarik kelembapan kembali ke udara untuk mengatasi kulit kering dan gatal serta membantu mempertahankan hidrasi.

3. Oleskan pelembab segera setelah mandi

Pelembab dapat mengatasi kulit kering. Salep, krim, dan losion (pelembab) bekerja dengan menjebak kelembapan yang ada di kulit. Agar pelembab dapat bekerja dengan optimal, oleskan pelembab segera setelah mandi dan mencuci muka atau tangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...