Aneka Resep Opor Ayam untuk Lebaran

Dwi Latifatul Fajri
21 April 2022, 16:23
resep opor ayam
Freepik/Jcomp
Ilustrasi, opor ayam

Opor ayam biasanya disajikan ketika Idul Fitri tiba. Opor ayam bisa disajikan dengan nasi hangat, lontong, dan ketupat untuk lebaran.  Masakan ini termasuk hidangan utama ketika lebaran tiba. Keluarga besar akan berkumpul merayakan Idul Fitri sambil menikmati opor ayam. 

Opor ayam masuk dalam masakan kari ayam yang terkenal di Indonesia. Ciri khas dari opor ayam yaitu bumbu santan kental berwarna kuning dan ayam rebus. Kuah santan ini terbuat dari rempah-rempah sehingga rasanya gurih. 

Kuah santan opor berasal bahan-bahan rempah seperti lengkuas, batang serai, santan kelapa, bawang, merica, ketumbar, dan masih banyak lagi.  

Mengutip dari buku Masak Tanpa Ribet karya Sheila Gondowijoyo, cara membuat opor ayam yaitu menyiapkan ayam kampung, sebagai bahan utama. Ayam kampung yang sudah dimasak memilih rasa gurih dan kuahnya lebih sehat dibanding ayam potong. 

Resep Opor Ayam Lebaran

Resep opor ayam bisa dijadikan menu lebaran. Anda bisa membuat kuah kari gurih dan lezat untuk hidangan bersama keluarga. Cara membuat opor ayam bisa menggunakan bahan-bahan rempah dan santan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...