5 Manfaat Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Image title
25 April 2022, 08:00
manfaat mengatur keuangan rumah tangga
dok. Kredivo
Ilustrasi, mengatur keuangan rumah tangga.

Saat ini salah satu permasalahan yang harus dibicarakan dengan pasangan adalah mengenai anggaran rumah tangga. Karena permasalahan keuangan seakan tidak ada habisnya. Tidak hanya bagi pasangan mudah yang baru masuk ke rumah tangga namun juga mereka yang sudah lama menjalani kehidupan rumah tangga.

Selain itu ada banyak manfaat yang bisa dirasakan saat Anda dan pasangan paham soal cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Mari perhatikan penjelasan berikut ini terkait manfaat mengatur keuangan rumah tangga yang dilansir dari Qoala.app:

Advertisement

1. Membangun Pernikahan yang Harmonis
Jika berbicara soal uang, pastinya harus terbuka dan juga transparan. Dengan disiplin membuat anggaran rumah tangga, komunikasi antar pasangan pun akan semakin lancar. Oleh karenanya manfaat mengatur keuangan rumah tangga menjadi kunci dalam hal ini. 

Akan tetapi, hal ini tergantung juga kepada gaya komunikasi masing-masing pasangan. Ada yang meskipun sudah menikah punya prinsip uang masing-masing itu rahasia. Tapi ada juga yang justru lebih transparan setelah menikah hingga pendapatan yang dimiliki pun sama-sama tahu.

Setidaknya, saat pasangan berkomitmen untuk membuat anggaran rumah tangga bersama, otomatis suami ataupun istri jadi lebih sering berdiskusi soal pandangan masing-masing tentang uang.

2. Menjamin Rencana Keuangan Masa Depan
Mengatur keuangan merupakan hal yang penting supaya memiliki kehidupan yang layak dan masa depan yang tenang. Apalagi saat sudah membangun rumah tangga. Kebutuhan hidup akan terus bertambah. Anda dan pasangan bisa memulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan anak.

Sangat disarankan untuk mulai disiplin membuat daftar anggaran, sehingga terdapat alokasi untuk tabungan, investasi, maupun dana cadangan. Tak ada yang tahu hari esok akan seperti apa. Ketika sudah berkeluarga, pastinya menginginkan orang-orang tersayang tercukupi kebutuhan materinya.

Keuangan akan selalu menjadi fokus yang penting dalam hidup, walau bukan merupakan yang utama. Tak ada perbedaan, berstatus single atau pun sudah berpasangan, mengatur keuangan adalah hal wajib untuk dilakukan.

Uang sebanyak apa pun akan habis jika dipakai secara terus-menerus tanpa dikontrol. Oleh karena itu, mulai disiplin untuk mengatur keuangan rumah tangga dari sekarang. Selain arus keuangan terjaga, memiliki rencana keuangan untuk masa depan, juga hubungan sama pasangan jadi lebih harmonis.

3. Menjauhi Dari Ancaman Utang
Manfaat mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah terjauhi dari utang. Oleh karenanya mulai sekarang Anda dan pasangan harus bisa untuk mengatakan tidak pada utang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement