11 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Magelang yang Tahan Lama

Dwi Latifatul Fajri
28 April 2022, 13:11
oleh oleh khas Magelang
Instagram.com/cooking_withlove20
Ilustrasi, Ampyang yang merupakan salah satu jajanan khas Magelang.

Kota Magelang berada di provinsi Jawa Tengah. Magelang memiliki destinasi wisata yang bisa dikunjungi setelah lebaran. Contoh tempat wisata di Magelang yaitu Candi Borobudur, Candi Mendut, air terjun, dan telaga.

Namun, Magelang tak hanya dikenal sebagai tempat yang kaya akan wisata budaya, tetapi juga kerajinan tradisional. Contohnya wayang kulit dan gerabah hasil kerajinan tradisional di kota Magelang. Ada juga sarung goyor yang memiliki motif unik. Sarung ini memiliki motif karenan ditenun secara tradisional.

Selain itu, Magelang juga terkenal memiliki jajanan khas yang bisa menjadi pilihan yang pas sebagai oleh-oleh. Beberapa jajanan khas Magelang ini memang cocok untuk oleh-oleh karena tahan lama.

Oleh-oleh Khas Magelang

Seperti telah disebutkan, Magelang termasuk daerah yang kaya akan jajanan tradisional yang cocok menjadi oleh-oleh ketika Anda berlibur di kota ini.

Magelang memiliki aneka jenis makanan dan minuman khas, seperti sate pisang dan getuk yang dimakan langsung. Ada juga minuman khas Magelang, yaitu es pleret dan es murni.

Untuk oleh-oleh saat kembali dari liburan, Wisatawan bisa membeli beberapa jajanan khas Magelang untuk dibawa pulang. Berikut ini oleh-oleh khas Magelang yang tahan lama:

1. Tape Permen

Permen tape terbuat dari tape ketan yang dicampur kelapa parut dan gula putih. Tape ketan ini memiliki tekstur padat dan panjang seperti permen. Tape ketan cocok dijadikan oleh-oleh khas Magelang yang tahan lama. Biasanya makanan ini dikemas dalam plastik dan tahan selama beberapa bulan.

2. Jenang

Jenang khas Magelang berbentuk persegi panjang dan teksturnya kenyal. Selain itu jenang tidak lengket ketika dipegang. Jenang terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, dan santan.

3. Ampyang

Ampyang disebut juga gula kacang. Gula kacang ini dibuat dari kacang tanah dan gula merah. Bentuk ampyang seperti rempeyek namun warnanya coklat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...