10 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara

Dwi Latifatul Fajri
26 April 2022, 13:58
Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara
Instagram/ haciserif1938
Ilustrasi, Lokum yang merupakan makanan khas lebaran dari Turki.

Hari raya Idul Fitri merupakan hari spesial untuk umat muslim di seluruh dunia. Setelah puasa selama satu bulan, hari raya Idul Fitri menjadi hari kemenangan untuk umat Islam.

Masyarakat Indonesia merayakan tradisi lebaran dengan menghidangkan makanan khas. Biasanya hidangan makanan dimakan bersama keluarga besar. Contoh makanan khas Idul Fitri yaitu opor ayam, ketupat, semur, sambal goreng, dan masih banyak lagi.

Umat muslim di seluruh dunia juga merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat. Seperti di Indonesia, masyarakat beragama Islam menyajikan makanan khas untuk menyambut Idul Fitri. Berikut makanan khas Lebaran di berbagai negara mengutip dari theculturetrip.com.

Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara

1. Tagine

Negara Maroko di Afrika Utara memiliki makanan khas menyambut Idul Fitri. Tagine menggunakan bahan buah-buahan kering, sayuran, daging, dan rempah-rempah. Masakan Maroko ini dipengaruhi oleh negara Arab dan Eropa.

Daging yang digunakan untuk membuat tagine yaitu daging sapi, domba, dan daging ayam. Semua bahan tersebut dicampur menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas negara Maroko.

Makanan tagine berasal dari wadah memasaknya. Tagine dihidangkan di piring yang terbuat dari tanah liat. Itulah asal usul nama tagine.

2. Sheer Khurma

Negara di Asia Selatan seperti India, Pakistan, dan Bangladesh menyajikan makanan lebaran yaitu sheer kurma. Hidangan ini berbentuk krim berwarna putih yang terbuat dari susu. Isian dalam kuah krim yaitu mie bihun, kurma kering, dan kacang almond.

Sheer kurma mengandung kunyit, kelapa, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Ada juga bumbu air mawar dan kapulaga untuk menambah citarasa. Makanan manis ini menjadi hidangan penutup ketika Idul Fitri.

3. Bolani

Bolani adalah roti isi pipih dari Afganistan. Campuran bolani yaitu kentang, daun ketumbar, labu, lentil merah, paprika hijau, dan daun bawang. Bolani biasanya disajikan sebagai camilan dengan teh hangat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement