10 Rekomendasi Makanan Lebaran Populer di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
26 April 2022, 16:25
Makanan Lebaran
Instagram/ichachairunnisa54
Kastangel salah satu makanan khas lebaran di Indonesia

Perayaan Idul Fitri dilakukan setelah umat muslim menjalankan puasa sepanjang satu bulan. Pada perayaan tersebut, masyarakat beragama Islam di Indonesia memiliki tradisi khusus, salah satunya dengan menyajikan makanan lebaran.

Lebaran bersama keluarga di daerah masing-masing menjadi salah satu yang paling ditunggu. Untuk itu, pada momen tersebut, mereka yang merayakan Idul Fitri berlomba menyajikan beragam menu makanan lebaran yang lezat dan juga populer. 

Adapun beberapa menu makanan lebaran populer, yaitu opor ayam, ketupat, rendang, semur, dan masih banyak lagi. Menu-menu tersebut dapat ditemukan dengan mudah, hampir di setiap rumah pada saat perayaan Idul Fitri. 

Selain makanan utama khas lebaran, ada juga makanan ringan yang disajikan. Contoh makanan ringan saat lebaran, yaitu kue nastar, stik keju, kue putri salju, dan kastangel. Selain makanan-makan yang sudah disebutkan, masih ada banyak menu makanan lebaran populer lainnya yang bisa ditemukan saat perayaan Idul Fitri di Indonesia.

Makanan Khas Lebaran dari Beras

1. Lepet

Makanan khas lebaran dari beras umumnya dibungkus dengan daun pisang atau janur. Lepet termasuk makanan lebaran dari beras yang dibungkus janur. Lepet biasanya disajikan untuk makanan ringan.

Lepet memiliki bentuk yang lebih panjang dibandingkan ketupat. Bahan utama membuat makanan lebaran satu ini adalah beras ketan yang dicampur dengan santan dan kacang.

2. Lemang

Bahan utama lemang adalah beras ketan yang dicampur dengan santan. Bahan lemang kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang. Selanjutnya, salah satu makanan lebaran yang sudah terbungkus itu, dimasukkan ke dalam bambu panjang untuk dimasak. Cara memasak lemang adalah dibakar di atas bara api sampai matang.

3. Lemper

Lemper termasuk kategori makanan lebaran yang ringan alias bisa dijadikan snack. Bahan utama membuat lemper adalah beras ketan putih dengan isian abon atau daging cincang. Bahan-bahan tersebut ditata dan digulung dalam daun pisang. Setelah itu, dikukus sampai warna daun menjadi kecoklatan.

4. Lontong

Lontong termasuk makanan lebaran populer, khas Jawa. Lontong terbuat dari beras yang digulung dalam daun pisang. Proses memasaknya dengan direbus lama di air mendidih. Lontong bisa menjadi pengganti nasi dan ketupat, dan biasanya disajikan dengan opor ayam.

5. Tape Beras Ketan

Tape beras ketan termasuk makanan lebaran. Bahan tape terbuat dari ketan putih atau hitam. Tape yang sudah melalui proses fermentasi, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Proses fermentasi tape menghasilkan rasa manis dan kecut ketika dimakan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement