15 Makanan Lebaran Khas Sunda, Jawa, dan Betawi

Dwi Latifatul Fajri
28 April 2022, 17:08
makanan lebaran khas Sunda
tasteatlas.com
Ilustrasi, Nasi Timbel yang merupakan salah satu makanan lebaran khas Sunda.

Makanan khas dari berbagai daerah memiliki ciri khas. Contohnya saja makanan lebaran khas Betawi seperti sambal kentang, ati ayam, ketupat, dan opor ayam. Makanan khas lebaran ini sebagai wujud rasa syukur setelah berpuasa selama satu bulan.

Selain makanan khas Betawi, ada juga makanan lebaran khas Sunda. Makanan khas Sunda ini memiliki rasa gurih seperti tutug oncom, karedok, hingga oseng labu siam.

Makanan tradisional khas Jawa biasanya disajikan ketika lebaran. Keragaman etnis dan budaya di pulau Jawa ini membuat setiap makanan di daerah bisa berbeda rasa. contohnya saja Jawa Tengah dan Yogyakarta memiliki cita rasa makanan manis. Sedangkan provinsi Jawa Timur kebanyakan memiliki makanan pedas. Berikut makanan khas lebaran dari berbagai daerah.

Makanan Lebaran Khas Sunda

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom (Instagram/dyanamelkitchen)

Nasi tutug oncom termasuk kuliner khas di Jawa Barat. Kata 'tutug' dalam bahasa Indonesia artinya tumbuk atau aduk. Sedangkan oncom produk fermentasi olahan tempe. Oncom ini lalu digeprek dengan bumbu kencur dan cabai rawit. Nasi tutug oncom bersisi lalapan tahu, tempe, dan ayam goreng. Tidak lupa sambal terasi dan lalapan sayur.

2. Karedok

Karedok dibuat dari sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, daun kol, tauge, kacang tanah, ketimun, dan daun kemangi. Karedok ditambahkan sambal kacang dibagian atasnya. Supaya lebih kenyang karedok ditambahkan lontong dan kerupuk.

3. Besengek

Besengek atau semur cabe hijau biasanya dimasak ketika hajatan. Hidangan ini dibuat dari cabai besar hijau dan bumbu rempah-rempah. Bumbu yang dibutuhkan yaitu garam, kemiri, lengkuas, cabai, bawang, kaldu bubuk, dan batang serai.

4. Nasi Timbel

Nasi timbel banyak ditemukan di warung dan restoran Jawa Barat. Nasi timbel menggunakan bungkusan daun pisang dan disajikan bersama lauk. Lauk nasi timbel bisa ikan, ayam goreng, sampai daging. Tidak lupa lalapan dan sambal sebagai pelengkap.

5. Mie Kocok

Mie kocok menggunakan bahan mie kuning tebal dan kuahnya dari kaldu sapi. Mie kocok dapat ditemukan di kota Bandung dan sekitarnya. Isian mie kocok ini berupa bakso, kikil, tauge, dan daun seledri.

Makanan Lebaran Khas Betawi

1. Nasi Uduk

Nasi Uduk
Nasi Uduk (Instagram/dapurresepibu)

Makanan khas Betawi populer di Indonesia adalah nasi uduk. Rasa gurih dari nasi berasal dari santan kelapa, garam, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Ketiga bahan tersebut membuat nasi lebih gurih dan berbau wangi. Nasi uduk ini kemudian ditambahkan potongan ayam goreng, telur, tahu, dan tempe.

2. Nasi Ulam

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah nasi ulam. Nasi ulam menggunakan nasi putih biasa. Kemudian di bagian atas ditambahkan serundeng kelapa. Lauk nasi ulam yaitu daun semanggi, tempe goreng, telur, dan tauge.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...