10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Semarang Kekinian dan Terkenal

Dwi Latifatul Fajri
2 Mei 2022, 08:00
oleh-oleh khas Semarang
perpus.jatengprov.go.id
Ilustrasi, Roti Ganjel Rel oleh-oleh khas Semarang yang Terkenal

Kota Semarang memiliki destinasi wisata populer untuk liburan. Semarang memiliki banyak bangunan kuno zaman kolonial yang masih asri. Selain bangunan bersejarah, kota Semarang menyediakan wisata alam menarik untuk dikunjungi.

Contoh tempat wisata populer di Semarang yaitu Kota Tua, Candi Gedong Songo, Museum Kereta Api, dan Lawang Sewu. Selain liburan ke tempat wisata, anda bisa belanja oleh-oleh khas Semarang. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang terkenal.

Advertisement

Oleh-Oleh Khas Semarang Kekinian

1. Brownies Opium

Brownies Opium
Brownies Opium (Instagram/cherlin_bakery)

Rekomendasi oleh-oleh khas Semarang kekinian adalah brownies opium. Brownies ini berukuran kecil, teksturnya lembut, dan padat. Meski berukuran kecil, brownies opium memiliki rasa yang pas ketika dimakan. Varian rasa brownies yaitu vanila, pandan, pisang, dan coklat almond.

2. Lontong Spekkoek Waiki

Mengutip dari salsawisata.com, lontong spekkoek waiki disebut juga lapis legit. Tetapi kue ini berbentuk lotong bulat memanjang. Kue ini memiliki 2 lapis berwarna coklat terang dan coklat gelap. Bagian manis terlihat jelas ketika dipotong. Varian rasa kue ini ada coklat, pandan, dan blueberry.

3. Moaci

Moaci
Moaci (Instagram/Moacigeminisemarang)

Moaci disebut juga mochi khas Semarang. Moci memiliki tekstur kenyal dan manis di bagian dalam. Moaci terbuat dari tepung ketan putih, tepung maizena. Sedangkan isian dalam kue mochi adalah potongan kacang. Selain kacang, moaci Semarang berisi potongan buah-buahan. Ciri khas dari moaci ini menggunakan biji wijen atau tepung di bagian luar.

4. Kopi Banaran

Kota Semarang memiliki kopi Banaran yang khas. Kopi ini berasal dari perkebunan kopi di kecamatan Jambu, Semarang. Kopi Banaran rasanya hampir mirip dengan kopi Toraja atau kopi Kintamani.

5. Lumpia Semarang

Oleh-oleh khas Semarang kekinian lainnya adalah lumpia. Kulit lumpia menggunakan tepung beras, sementara bagian dalam berisi rebung, telur, daging ayam, atau daging kepiting. Lumpia Semarang terdiri dari dua jenis yaitu lumpia basah dan lumpia kering yang digoreng.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement