7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kediri

Kota Kediri dikenal sebagai penghasil tahu berwarna kuning yang berkualitas. Olahan tahu ini menjadi camilan lezat untuk buah tangan. Berikut oleh oleh khas Kediri yang gurih dan lezat.
Dwi Latifatul Fajri
3 Mei 2022, 07:45
Oleh Oleh Khas Kediri
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.
Ilustrasi, Tahu Takwa Makanan Khas Kediri

Kediri berada di provinsi Jawa Timur. Setelah Idul Fitri, anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Kediri. Kota ini memiliki wisata alam menakjubkan. Bukit Gandrung termasuk wisata alam populer di Kediri. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dan fasilitas di area pegunungan.

Kota Kediri juga dikenal sebagai penghasil tahu berkualitas. Produksi tahu Kediri menghasilkan makanan khas Kediri dari bahan tahu. Kediri menghasilkan tahu kuning yang lebih padat dari tahu putih.

Contoh makanan khas Kediri dari bahan tahu yaitu stik tahu, tahu takwa, dan tahu pong. Kota Kediri juga memiliki makanan untuk camilan untuk oleh-oleh.

Oleh-oleh Khas Kediri

1. Stik Tahu

Kota Kediri dijuluki sebagai Kota Tahu. Banyak pedagang menjual tahu berkualitas di kota ini. Stik tahu salah satu hasil olahan dari produk tahu.

Advertisement

Stik tahu dari Kediri menggunakan bahan dasar tahu berkualitas. Proses pembuatan masih memakai cara tradisional. Tahu dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu tahu dihaluskan dan diberi tepung maizena dan terigu supaya lebih padat.

Stik tahu menggunakan bumbu seperti garam dan lada untuk rasa gurih. Kemudian adonan digoreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan.

2. Tahu Takwa

Ketika anda berkunjung ke Kediri tidak lupa membeli tahu takwa. Tahu ini berbentuk persegi, berwarna kuning, dan teksturnya padat. Warna kuning dari tahu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna alami. Ketika digoreng tekstur tahu takwa lebih lembut dan kenyal. Anda bisa membeli tahu takwa untuk lauk makan dan camilan.

3. Getuk Pisang

Getuk pisang khas Kediri menggunakan pisang raja nangka. Bahan getuk dari pisang raja nangka ini memiliki rasa khas dan teksturnya sesuai untuk membuat getuk. Anda bisa membeli getuk pisang untuk oleh-oleh. Getuk ini dapat bertahan selama seminggu dalam kulkas.

4. Tahu Pong

Tahu pong adalah tahu tipis yang digoreng. Disebut tahu pong karena bagian dalam tahu kosong. Anda bisa membeli tahu pong sebagai oleh-oleh liburan.

5. Keripik Bekicot

Kota kediri mengolah daging bekicot menjadi sate atau keripik. Bekicot merupakan jenis siput yang dapat dikonsumsi dan bergizi. Bekicot mengandung vitamin, zat besi, dan protein. Oleh oleh khas kediri yang bisa dicoba adalah keripik bekicot. Daging bekicot diolah menjadi keripik yang renyah dan gurih.

6. Sambal Tumpang

Kota Kediri dikenal dengan nasi pecel sambal tumpang. Ciri khas dari makanan ini adalah sambalnya. Tempe busuk atau tempe bosok digunakan sebagai bahan membuat sambal. Selain tempe, bumbu yang dipakai membuat sambal ada bawang putih, cabai, bawang merah, dan bumbu pelengkap lain.

7. Sate Emprit

Makanan khas kota Kediri adalah sate emprit. Kata emprit dalam bahasa Indonesia adalah burung pipit. Warga Kediri mengolah burung pipit menjadi sate.

Sekilas sate emprit ini mirip dengan sate ayam. Tetapi ukuran daging lebih kecil dibanding sate ayam. Meski berukuran kecil, daging sate emprit empuh dan tidak berbau amis ketika dimakan.

Sate emprit menggunakan bahan pembuat sate dan dibakar. Sate ini disajikan bersama nasi putih hangat, disiram bumbu kacang, dan lalapan tomat atau mentimun.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait