8 Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Dwi Latifatul Fajri
12 Mei 2022, 17:38
manfaat ikan kembung
pixabay.com/ArthurandOlive
Ilustrasi, ikan kembung.

Ikan kembung termasuk jenis ikan laut yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ikan ini masuk dalam genus Rastrelliger yang hidup di daerah pantai dan laut. Ikan kembung masih satu kerabat dengan ikan tongkol, tuna, dan tenggiri.

Ikan ini banyak ditemukan di perairan Indonesia, sehingga setiap daerah memiliki nama berbeda. Ikan kembung di Ambon dijuluki lema atau tatare. Sedangkan di Makassar ikan ini disebut banyar atau banyara.

Mengutip dari bulelengkab.go.id, ikan kembung memiliki tubuh ramping, memanjang, dan pipih. Terdapat dua deret bintik gelap yang berada di sirip punggung. Sementara itu sebagian besar warna tubuh adalah keperakan.

Ikan ini berukuran kecil sehingga bisa menjadi umpan ikan besar.
Umumnya ikan kembung diolah menjadi masakan khas di berbagai daerah. Contohnya ikan kembung menjadi ikan asin atau ikan pindang. Ikan ini bisa dimasak menjadi sayur, pepes ikan, balado, dan kuah bumbu kuning.

Gizi Ikan Kembung

Ikan kembung bermanfaat untuk kesehatan. Meski berukuran kecil, ikan ini mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Mengutip dari verywellfit.com, 100 gram ikan kembung mentah mengandung 189 kalori, 11,9 gram lemak, dan protein 19 gram. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Vitamin dan Mineral

Ikan kembung banyak mengandung vitamin B12. Satu porsi ikan atau 100 gram menyediakan 7,29 mcg vitamin. Kandungan vitamin direkomendasikan untuk orang dewasa yang membutuhkan 2,4 mcg setiap hari. Vitamin D dalam ikan kembung juga banyak. Menurut data USDA, satu porsi ikan mengandung 13,8 mcg vitamin D.

2. Lemak

Dalam 100 gram ikan kembung terdapat 12 gram lemak jenuh, 4,5 gram lemak tidak jenuh, dan 2,9 gram lemak tak jenuh ganda. Ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh.

3. Protein

Ikan kembung menyediakan 19 gram makronutrien yang termasuk 9 asam amino esensial. Kandung protein ini terdapat dalam 100 gram ikan kembung mentah.

Manfaat Ikan Kembung

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menemukan lemak tak jenuh ganda menyehatkan jantung. Lemak tak jenuh ini termasuk asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kandungan asam lemak ini terdapat pada ikan kembung. Manfaat kandungan lemak ini mengurangi kematian disebabkan penyakit jantung. Ikan kembung termasuk jenis ikan yang disarankan untuk konsumsi.

2. Mengurangi Penurunan Kognitif

Peneliti mengusulkan konsumsi makanan laut dapat mencegah penurunan kognitif. Penyakit ini terjadi pada lansia seperti Alzheimer. Ikan laut mengandung EPA dan DHA dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak.

3. Mencegah Anemia

Ikan kembung mengandung folat, vitamin B12, dan zat besi yang baik untuk tubuh. Nutrisi ini dapat mencegah anemia atau kekurangan darah. Gejala anemia disebabkan karena kelemahan otot, kelelahan, gangguan penglihatan, hingga komplikasi serius.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...