Dampak Banjir Rob terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat

Banjir rob merupakan bencana yang sering terjadi di wilayah pesisir pantai. Banjir rob memberikan banyak dampak negatif baik bagi kehidupan sosial maupun ekonomi masyarakat setempat.
Image title
25 Mei 2022, 14:28
banjir rob
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, warga duduk di depan rumah yang terendam banjir rob air laut di Muara Angke, Jakarta Utara.

Banjir rob adalah jenis banjir yang biasa terjadi di wilayah pesisir pantai. Penyebab utama banjir ini yaitu kenaikan air laut yang membuat daerah sekitar terpaksa tergenang oleh air tersebut.

Bencana alam yang satu ini cukup sering terjadi. Baru-baru ini benjir rob tengah melanda sejumlah area di Semarang, Jawa Tengah. Menurut pemberitaan di katadata.co.id pada 23 Mei lalu, banjir rob Semarang bahkan telah mencapai ketinggian hingga 1,5 meter.

Sementara itu, menurut data yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di awal tahun 2020 lalu jumlah kejadian bencana banjir mencapai 555 kejadian, hampir setengah dari kasus banjir di tahun 2019. Tidak menutup kemungkinan angka tersebut bertambah hingga di tahun 2022 ini.

Advertisement

Sama halnya dengan bencana alam lainnya, banjir rob juga bisa menyebabkan beberapa dampak bagi kehidupan makhluk hidup. Apa saja dampak dari bencana alam ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Banjir Rob

Bencana banjir bisa memberikan kerugian di berbagai hal. Dalam Jurnal Pendidikan Geografi 4(4), berikut beberapa dampak banjir rob terhadap kondisi ekonomi dan sosial masyarakat.

Dampak Banjir Tehadap Kondisi Sosial Masyarakat

Kondisi sosal masyarakat merupakan keadaan yang menggambarkan kehidupan manusia yang memiliki nilai sosial. Kondisi sosial ini dikaji berdasarkan empat variabel yaitu kondisi demografis, kesehatan, pendidikan, dan kondisi rumah. Adapun dampak banjir pada empat variabel tersebut.

1. Kondisi Demografis

Banjir rob diketahui turut mempengaruhi kondisi demografis. Sejumlah studi ilmiah menyebuthkan bahwa masalah penduduk seperti jumlah, strukur, hingga pertumbuhannya bisa terpengaruhi oleh adanya banjir. Sebagai contoh, banjir bisa menyebabkan jatuhnya korban yang mengakibatkan jumlah penduduk berkurang.

2. Kesehatan

Kesehatan bisa turut terganggu akibat adanya banjir. Saat banjir kebersihan lingkungan menjadi terganggu dan dapat memicu munculnya penyakit. Maka dari itu, salah satu dampak banjir rob yaitu menggangu kesehatan masyarakat.

3. Pendidikan

Banjir juga turut menggangu sistem pendidikan yang telah ada. Tak jarang kita jumpai sekolah dan lembaga pendidikan lain yang terpaksa tutup saat banjir. Terkadang, ada juga sekolah yang terpaksa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tenda-tenda pengungsian atau lokasi lain yang kurang layak untuk dijadikan tempat belajar.

4. Kondisi Rumah

Saat banjir menerjang banyak bangunan dan rumah warga yang terkenang. Kondisi tersebut terkadang membuat bangunan tersebut menjadi rusak. Hal tersebut tentu saja akan merugikan pemilik rumah.

Dampak Banjir Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat

Banjir juga turut mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat setempat. Dampak banjir rob diketahui bisa menganggu mata pencaharian, pendapatan, hingga kepemilikan barang berharga. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mata Pencaharian

Saat banjir aktivitas ekonomi bisa terganggu. Tak jarang kita jumpai masyarakat yang terpaksa libur bekerja karena genangan air banjir yang tak kunjung surut. Bagi para pedagang, berjualan saat banjir juga bukan pilihan yang tepat. Oleh sebab itu, salah satu dampak banjir rob yaitu bisa menggangu aktivitas mata pencaharian masyarakat.

2. Pendapatan

Jika banjir bisa menyebabkan aktivitas ekonomi lumpuh, maka hal tersebut akan turut menganggu pendapatan yang dihasilkan masyarakat. Dampak ini akan sangat dirasakan masyarakat yang mendapatkan penghasilan harian. Jika tidak bisa berangkat kerja karena banjir, maka mereka juga berisiko tidak mendapatkan penghasilan di hari itu.

3. Kepemilikan Barang Berharga

Bencana alam seperti banjir rob bisa menyebabkan hilangnya barang berharga seperti motor, mobil, perhiasan, dan lain sebagainya. Kehilangan barang berharga tersebut bisa karena pencurian maupun hanyut terbawa air banjir.

Cara Mencegah Banjir Rob

Agar dampak banjir rob tidak berkelanjutan, maka perlu adanya upaya pencegahan yang efektif dan efisien untuk menganggulangi bencana tersebut. Melansir dari situs bnpb.go.id, disebutkan bahwa salah satu upaya penanganan banjir rob yaitu dengan penanaman mangrove.

Langkah ini merupakan cara pencegahan jangka panjang. Jika mengrove yang ditanam saat ini tumbuh dengan baik, harapannya, dalam 10-20 tahun ke depan kawasan tersebut sudah tersedimentasi lagi. Cara ini semakin efektif jika dibarengi dengan pengurangan pengambilan air tanah dari sisi hulu.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait