Dampak Banjir Rob terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat

Siti Nur Aeni
25 Mei 2022, 14:28
banjir rob
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, warga duduk di depan rumah yang terendam banjir rob air laut di Muara Angke, Jakarta Utara.

Banjir rob adalah jenis banjir yang biasa terjadi di wilayah pesisir pantai. Penyebab utama banjir ini yaitu kenaikan air laut yang membuat daerah sekitar terpaksa tergenang oleh air tersebut.

Bencana alam yang satu ini cukup sering terjadi. Baru-baru ini benjir rob tengah melanda sejumlah area di Semarang, Jawa Tengah. Menurut pemberitaan di katadata.co.id pada 23 Mei lalu, banjir rob Semarang bahkan telah mencapai ketinggian hingga 1,5 meter.

Sementara itu, menurut data yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di awal tahun 2020 lalu jumlah kejadian bencana banjir mencapai 555 kejadian, hampir setengah dari kasus banjir di tahun 2019. Tidak menutup kemungkinan angka tersebut bertambah hingga di tahun 2022 ini.

Sama halnya dengan bencana alam lainnya, banjir rob juga bisa menyebabkan beberapa dampak bagi kehidupan makhluk hidup. Apa saja dampak dari bencana alam ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Banjir Rob

Bencana banjir bisa memberikan kerugian di berbagai hal. Dalam Jurnal Pendidikan Geografi 4(4), berikut beberapa dampak banjir rob terhadap kondisi ekonomi dan sosial masyarakat.

Dampak Banjir Tehadap Kondisi Sosial Masyarakat

Kondisi sosal masyarakat merupakan keadaan yang menggambarkan kehidupan manusia yang memiliki nilai sosial. Kondisi sosial ini dikaji berdasarkan empat variabel yaitu kondisi demografis, kesehatan, pendidikan, dan kondisi rumah. Adapun dampak banjir pada empat variabel tersebut.

1. Kondisi Demografis

Banjir rob diketahui turut mempengaruhi kondisi demografis. Sejumlah studi ilmiah menyebuthkan bahwa masalah penduduk seperti jumlah, strukur, hingga pertumbuhannya bisa terpengaruhi oleh adanya banjir. Sebagai contoh, banjir bisa menyebabkan jatuhnya korban yang mengakibatkan jumlah penduduk berkurang.

2. Kesehatan

Kesehatan bisa turut terganggu akibat adanya banjir. Saat banjir kebersihan lingkungan menjadi terganggu dan dapat memicu munculnya penyakit. Maka dari itu, salah satu dampak banjir rob yaitu menggangu kesehatan masyarakat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...