6 Makanan Khas Singapura yang Halal dan Cocok dengan Orang Indonesia

Image title
2 Juni 2022, 10:59
makanan khas Singapura
Unsplash
Ilustrasi, Laksa, makanan khas Singapura yang populer.

Apabila Anda jalan-jalan ke daerah baru akan terasa semakin lengkap jika bisa menikmati kuliner khas daerah tersebut. Sama halnya demikian saat kamu plesiran ke Singapura. Sepertinya, kurang asyik jika tidak menikmati makanan khas Singapura.

Dengan kombinasi warga negara yang terdiri dari banyak etnis bangsa, makanan khas Singapura menjadi memiliki banyak warna rasa. Ada yang pedas, gurih, manis bahkan  ramai rasanya. Bagi kamu yang tertarik menikmati kuliner asli Singapura, daftar di bawah ini bisa menjadi rekomendasi untuk dipilih.

Singapura merupakan salah satu negara yang punya daya tarik dan keunikannya tersendiri. Negara ini mempunyai ikon berupa seekor singa dengan ekor ikan. Namanya yaitu The Merlion.

Dilansir dari website Visitsingapore.com, Merlion sebagian terinspirasi oleh nama kota Sansekerta, Singapura, yang berarti 'Kota Singa'. Nama Sansekerta ini diperkirakan diberikan oleh seorang pangeran Sumatera.

Tidak hanya ikon Merlion saja, makanan khas Singapura juga menjadi daya tarik untuk memikat wisatawan. Perpaduan budaya di Singapura, menjadikannya tempat kuliner yang menarik dan penuh cita rasa.

Dari hidangan Malaysia klasik dan Indonesia, hingga kari India serta kuliner Cina dapat ditemukan di pasar jalanan Singapura yang menarik untuk dijelajahi.

Dilansir dari Tasteatlas.com, Hotels.com, dan sumber lainnya, Berikut ini daftar makanan khas Singapura yang wajib diketahui:

1. Ikan Pari Panggang

Ikan pari panggang merupakan salah satu makanan khas Singapura, yang populer dan banyak dijual di warung kaki lima.

Kuliner ini dibuat dari daging ikan pari yang dilumuri saus sambal kental, bumbu pedas dengan potongan tomat, cabai, dan terasi. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang, lalu dimasak perlahan di atas panggangan.

Demikian pembahasan tentang makanan khas Singapura. Sebagai negara yang berada di Asia Tenggara, pengaruh dari budaya Tiongkok, Melayu, dan lainnya, sangat terasa dalam sajian kuliner di Singapura.

2.Laksa Khas Singapura

Laksa khas Singapura adalah olahan kuliner dari persilangan antara masakan Tiongkok dan Melayu. Laksa adalah mie beras dalam sup kari kelapa pedas dengan udang, kue ikan, telur dan daging ayam.

Makanan khas Singapura ini memiliki banyak varian, tapi yang cukup populer adalah laksa katong, dengan mie yang dipotong-potong serta ditambah sedikit kerang atau potongan tahu.

3. Nasi Ayam Hainan

Sesuai namanya, nasi ayam ini awalnya ditemukan di Hainan, sebuah pulau tropis yang terletak di selatan Tiongkok. Resepnya dibawa ke Singapura oleh para migran Hainan pada abad ke-19, dan penjual pertama yang menjual hidangan unik ini membuka kiosnya pada tahun 1940-an.  

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement