8 Makanan Khas Brunei Darussalam yang Menggugah Selera

Image title
2 Juni 2022, 17:08
makanan khas Brunei Darussalam
Thanislim.com
Ilustrasi, Nasi Katok, yang merupakan salah satu makanan khas Brunei Darussalam.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki ciri dan corak yang hampir mirip, baik dari segi budaya, tradisi, sampai kulinernya. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak makanan khas dari negara di wilayah ini punya banyak kesamaan.

Salah satu contohnya ada pada makanan khas Brunei Darussalam. Brunei yang dikenal dengan julukan Negara Petro Dollar, mempunyai beragam kuliner yang banyak dipengaruhi oleh cita rasa dari masakan Melayu.

Makanan khas Brunei Darussalam yang terkenal akan kelezatannya itu, sangat cocok untuk dicicipi saat pelesiran di negara tersebut. Apalagi masakan Brunei mungkin saja cocok dengan turis asing Asia, khususnya Indonesia.

Sebelum berkunjung ke negara ini, alangkah baiknya Anda menyimak deretan makanan khas Brunei Darussalam yang bisa menggugah selera. Menukil dari Chefpencil.com serta sumber lainnya, berikut ulasannya.

Rekomendasi Makanan Khas Brunei Darussalam

Secara geografis, Brunei Darussalam berada di Pulau Kalimantan. Negara ini berbatasan langsung dengan Malaysia dan jaraknya cukup dekat dengan Indonesia. Menurut situs Kemlu.go.id, luas negara Brunei Darussalam hanya sekitar 5,765 km2. 

Masyarakat Brunei mayoritas adalah suku Melayu dan memeluk agama Islam. Melihat dari sisi geografis dan kebudayaannya, makanan khas Brunei Darussalam sangat dipengaruhi oleh masakan dari negara-negara tetangganya seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, dan lainnya.

Lalu apa saja makanan khas Brunei Darussalam yang punya rasa lezat dan nikmat? Berikut daftarnya:

1. Ambuyat

Makanan khas Brunei Darussalam yang wajib dicicipi salah satunya adalah ambuyat. Kuliner ini bahkan menjadi makanan nasional di negara itu.

Ambuyat merupakan sagu hambar yang dicelupkan pada kuah. Kuah tersebut sering disebut cancah.

Makanan khas Brunei Darussalam ini umumnya disajikan dengan hidangan lain seperti ikan goreng, pakis atau biring, hati buyah (paru-paru sapi), rendang daging sapi dan hidangan utama lainnya.

Saat pertama kali melihatnya, Anda mungkin akan merasa bahwa makanan itu hanya sebagai hidangan pembuka saja. Namun, bila sudah disantap makanan itu bakal membuat Anda ketagihan dengan kelezatan rasanya.

2. Pulut Panggang

Makanan khas Brunei Darussalam berikutnya yang wajib dicicipi adalah pulut panggang. Kuliner ini bisa dibilang unik, sebab secara tampilan makanan ini sangat mirip dengan jajanan di Indonesia yang dibungkus daun pisang.

Jajanan ini berbahan beras ketan yang dipanggang. Daun pisang yang menjadi bungkusnya akan menambah aroma harum pada kuliner tersebut.

Pulut panggang sangat populer di Brunei sebagai jajanan pasar. Jika Anda berwisata ke negara tersebut, makanan ini bisa ditemukan di restoran Cina yang sudah lama berdiri bernama Mei Fang di Tutong, Brunei.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement