10 Makanan Khas Portugal, dari Kue Sampai Ikan Asin

Image title
2 Juni 2022, 15:26
makanan khas Portugal.
spanishsabores.com
Ilustrasi, Pastel de Nata, makanan khas Portugal.

Begitu mendengar kata Portugal sebagian orang mungkin akan langsung terbayang sebuah negara dengan segudang prestasi di bidang olahraga sepak bola berikut pemain-pemain bintangnya, seperti Cristiano Ronaldo.

Namun, selain kaya akan mega bintang sepak bola, negara dengan belasan situs sejarah yang tercantum dalam daftar UNESCO World Heritage ini memiliki ragam makanan khas yang siap menyambut lidah para pengunjung.

Advertisement

Makanan Khas Portugal

Protugal memiliki akses ke Laut Atlantik dan Mediterania, hal ini membuat masakan negara di Eropa ini beragam dengan unsur-unsur dari laut dan darat. Tak sedikit hidangan khasnya menekankan penggunaan daging, ikan, minyak zaitun, tomat, roti, dan rempah-rempah.

Mengutip AFAR dan berbagai sumber terkait lainnya, berikut makanan khas Portugal.

1. Pastel de Nata

Pastel de Nata.
Pastel de Nata. (spanishsabores.com)

Tak sedikit orang yang sudah familier dengan makanan khas Portugal yang satu ini. Pastel de nata termasuk hidangan penutup yang cukup terkenal di negara ini. Kue tar telur berukuran mungil dengan rasa manis ini bisa didapat dengan harga terjangkau.

Kue ini disebut berasal dari pinggiran kota Lisbon pada tahun 1837. Resep aslinya dijaga dan diteruskan oleh para biarawan di Biara Jeronimos.

Pastel de nata identik dengan isian custard telur yang lembut dan kulit pastry-nya yang gurih. Pada bagian atas kue ini ditaburkan gula bubuk atau kayu manis sehingga rasa legit langsung terasa ketika mencicipi kue ini.

2. Arroz de Tamboril

Kata "Tamboril" berasal dari bahasa Portugis yang merujuk pada ikan monkfish. Meskipun tak sepopuler ikan cod, ikan ini kerap disajikan dan dikonsumsi di sekitaran pantai Portugis.

Cacarola 1, di Figueira da Foz, sebuah desa di tepi laut yang berjarak sekitar 10 mil dari Coimbra, adalah tempat di mana para pelancong bisa menemukan makanan khas ini. Tak sedikit yang menilai arroz de tamboril versi desa ini adalah yang terbaik.

3. Caldo Verde

Caldo Verde.
Caldo Verde, makanan khas Portugal. (visitportugal.com)

 

Caldo verde berasal dari utara Portugal. Hidangan berupa sup ini cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Konon, sup ini terasa lebih nikmat jika dikonsumsi saat musim dingin.

Supnya berwarna hijau dan dibuat dengan kubis hijau gelap tertentu yang tidak banyak tersedia di luar perbatasan Portugal. Rasa yang luar biasa dari kombinasi pure kentang, irisan sosis chouriço dan minyak zaitun lokal Portugis, melengkapi sup yang lezat dan hangat ini.

4. Bacalhau

Bacalhau termasuk hidangan populer dan jenis ikan yang paling sering dikonsumsi di Portugal. Bacalhau dalam istilah Portugal adalah sebutan untuk ikan cod. Namun, dalam konteks makanan, bacalhau merujuk pada ikan cod kering dan asin.

Hidang ini sering disajikan ketika ada pertemuan sosial. Ikan cod kering ini dihidangkan sebagai bagian dari makanan tradisional malam Natal. Makanan ini jadi populer di negara-negara Katolik Roma lainnya sebagai hidangan Prapaskah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement