5 Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana untuk Pemula

Dwi Latifatul Fajri
9 Juni 2022, 13:58
tips memilih manajer investasi reksadana
123rf.com
Ilustrasi, investasi di Indonesia.

Reksadana termasuk produk investasi yang cocok untuk pemula. Produk ini dapat dibeli menggunakan modal kecil, bisa memilih tingkat risiko, dan keuntungan. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola badan hukum. Dana tersebut kemudian diinvestasikan dalam surat berharga seperti pasar uang, saham, dan obligasi.

Jika anda memilih investasi reksadana akan berhubungan dengan manajer investasi. Berdasarkan Undang-Undang No.8 Tahun 1995, dana di reksadana ini akan dikelola secara langsung oleh manajer investasi.

Mengutip dari most.co.id, manajer investasi (MI) adalah perusahaan broker yang mengelola dana investasi. Berdasarkan perjanjian pengelolaan dana, manajer investasi akan mengelola dana yang sifatnya bilateral atau individu untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Investasi reksadana memiliki keuntungan seperti pengelolaan dana dibantu manajer investasi. Sehingga investor tidak perlu memantau operasional terus-menerus. Investasi reksadana bisa dimulai menggunakan modal kecil yang sesuai untuk anak muda.

Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana

Investasi reksadana bisa dipilih untuk anda yang ingin menjadi investor pemula. Berbeda dengan saham, reksadana dikelola langsung oleh pihak ketiga atau manajer investasi. Reksadana lebih disarankan untuk pemula karena menekan risiko kerugian.

Anda bisa memilih tiga jenis reksadana berdasarkan risiko yaitu reksadana pasar uang (risiko kecil) reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan saham. Ada juga reksadana syariah yang dijamin oleh Dewan Pengawas Syariah dan dikelola manajer investasi syariah.

Manajer investasi berperan penting untuk memilih investasi sebagai portofolio efek reksadana. Berikut tips memilih manajer investasi reksadana:

1. Cek Legalitas

Langkah awal adalah memilih manajer investasi reksadana. Anda bisa cek daftar manajer investasi yang sudah memiliki izin badan usaha di wwww.reksadana.ojk.go.id.

Manajer investasi yang memiliki izin memiliki kompetensi, pengalaman, dan modal untuk mengelola portofolio reksadana. Anda perlu mewaspadai jika terjadi penipuan apalagi mengatasnamakan logo OJK.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...