Memahami Contoh Perubahan Iklim dan Upaya untuk Mengatasinya

Siti Nur Aeni
10 Juni 2022, 15:03
contoh perubahan iklim
pixabay.com
Ilustrasi, kerusakan planet Bumi.

Akhir-akhir ini, mungkin sering merasa cuaca berubah-ubah dengan sangar cepat. Terkadang satu hari terasa sangat panas, dan keesokan harinya hujan lebat. Sadar atau tidak, kondisi seperti itu bisa menjadi salah satu contoh perubahan iklim.

Apa itu perubahan iklim? Menurut penjelasan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, pengertian perubahan iklim adalah perubahan signifikan pada iklim, suhu udara, dan curah hujan mulai dari 10 sampai jutaan tahun. Perubahan ini terjadi akibat tingginya konsentrasi karbon dioksida dan gas lain di atmosfer yang megakibatkan adanya efek gas rumah kaca.

Sudah beberapa tahun terakhir, isu perubahan iklim menjadi perhatian banyak pihak. Fenomena yang satu ini sangat penting untuk diwaspadai karena dapat menggangu keseimbangan ekosistem di bumi. Jika dibiarkan terus menerus, tak menutup kemungkinan akan banyak makhluk hidup yang punah akibat tidak mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Di kesempatan kali ini, kita akan sedikit mengulas seputar contoh perubahan iklim dan cara mengatasinya. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini.

Contoh Perubahan Iklim

Secara umum, contoh perubahan iklim ini sangat berkaitan dengan kenaikan suhu bumi. Beberapa tahun terakhir diketahui suhu bumi terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data dari National Aeronautics and Space Administration (NASA), suhu permukaan bumi di tahun 2021 mengalami kenaikan 0,86 oC dibandingkan suhu rata-rata tahunan pada periode 1951-1980.

NASA juga menyebutkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, suhu permukaan bumi sempat mengalami peningkatan sebesar 1,02 oC pada tahun 2016 dan 2020. NASA menyebutkan tren peningkatan suhu ini diakibatkan oleh aktivitas manusia yakni meningkatkan polusi karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya ke atmosfer bumi.

Pemanasan global ini kemudian menyebabkan beberapa masalah terhadap lingkungan, seperti; meningkatkan permukaan air laut, kebakaran hutan, hingga pola migrasi hewan yang berubah.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), juga menyebutkan bahwa pemanasahan global yang menjadi salah satu contoh perubahan iklim dapat meningkatkan risiko kekeringan, perubahan pola hujan, dan meningkatkan intensitas cuaca ekstrem.

Cara Mengatasi Perubahan Iklim

Perubahan iklim menjadi isu serius yang harus diselesiakan bersama-sama. Setiap dari kita bisa membantu mengatasi perubahan iklim dengan langkah-langkah sederhana. Melansir dari indonesia.un.org, berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim;

1. Menghemat Penggunaan Energi di Rumah

Langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah perubahan iklim yaitu dengan menghemat penggunaan energi. Jenis energi yang banyak digunakan umumnya energi listrik dan panas yang berasal dari batu bara, minyak, dan gas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...