8 Cara Mencari Jurnal Internasional secara Online

Image title
13 Juni 2022, 14:26
cara mencari jurnal internasional
Pexels/Mikhail Nilov
Ilustrasi, seseorang tengah mengerjakan tugas dengan mencari referensi dari jurnal penelitian.

Saat ini, mencari jurnal tidak sesulit dulu. Pasalnya., dengan kemajuan teknologi internet sekarang banyak jurnal online tersebar di dunia maya. Mulai dari jurnal nasional hingga jurnal internasional. Jurnal internasional ini merupakan referensi yang sangat ampuh dalam melakukan penelitian ilmiah atau skripsi.

Meski demikian masih banyak orang yang bingung bagaimana mencari jurnal internasional. Berikut adalah beberapa situs yang bisa menjadi pilihan untuk menemukan jurnal internasional, dilansir dari ridwaninstitue.co.id.

Google Scholar

Sebelum mengetahui cara mencari jurnal internasional menggunakan Google Scholar, ada beberapa keuntungan di situs ini yang harus diperhatikan. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:

  • Menyediakan literatur dari berbagai bidang ilmu, sehingga memudahkan bagi pengguna untuk mendapatkan referensi.
  • Menyediakan dokumen atau artikel teks lengkap.
  • Memungkinkan untuk mengikuti perkembangan atau masalah penelitian terbaru.
  • Dapat digunakan untuk memeriksa karya yang dikutip Melihat dokumen atau artikel teks lengkap seperti yang dijelaskan penulis Fitur di Google Cendekia Anda dapat mencari jurnal internasional melalui ini platform.

Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui Google Scholar, berikut sejumlah cara mencari jurnal internasional melalui situs ini.

  1. Buka scholar.google.com
  2. Pada layar awal akan muncul layar pencarian seperti pada pencarian Google
  3. Ketikkan kata kunci yang ingin dicari.
  4. Setelah itu, Google Scholar akan menampilkan beberapa dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut.
  5. Buka hasil pencarian dan pastikan referensi yang akan digunakan sesuai dengan persyaratan jurnal internasional tersebut di atas, sehingga referensi tersebut dapat dikatakan terpercaya dalam memberikan informasi.
  6. Langsung klik pada hasil pencarian atau kanan -klik file PDF, lalu pilih “Unduh”.

Selain itu, pada sisi kiri halaman yang sama, pengguna juga dapat mempersempit pencarian untuk apa yang ingin dicari. Mulai saat jurnal diterbitkan, hingga jurnal yang relevan juga diurutkan.

Untuk mencari jurnal berdasarkan tanggal atau tahun penerbitan, dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain:

  • Pilih opsi di sebelah kiri layar, bertuliskan "Sejak Tahun".
  • Untuk melihat dan mengurutkan lembar baru berdasarkan relevansi, klik "Urutkan menurut Tanggal".
  • Klik ikon amplop untuk mendapatkan hasil baru secara teratur untuk dikirim melalui email.

ScienceDirect

Situs ini menggabungkan publikasi ilmiah, teknis, dan kesehatan yang otoritatif, teks lengkap, dengan fungsionalitas yang cerdas dan intuitif sehingga pengguna dapat tetap mendapatkan informasi di bidangnya dan dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Dengan e-book dan konten referensi, serta jurnal berkualitas tinggi, ScienceDirect secara unik dapat mendukung kerja akademis, jurnalis, hingga orang awam yang ingin mencari tahu detail suatu topik bahasan.

ScienceDirect memungkinkan pengguna meneliti atau membaca banyak buku dan jurnal, dari lintas topik dan disiplin ilmu, antara lain:

  • Ilmu Fisika & Teknik mencakup berbagai disiplin ilmu, dari teoritis hingga terapan.
  • Jurnal dan buku Life Sciences, yang menampilkan penelitian asli, analisis mendalam, teori terkini, dan banyak lagi.
  • Ilmu Sosial & Humaniora, yang menyoroti konteks sejarah, perkembangan terkini, teori, aplikasi, tren, dan banyak lagi.
  • Ilmu Kesehatan, yang mencakup pendidikan, informasi referensi, dan pendukung keputusan — membuat Anda selalu mengetahui perkembangan medis untuk merangsang penelitian dan meningkatkan perawatan pasien.

Untuk menggunakannya pun tergolong mudah. Pengguna hanya perlu mengetik http://sciencedirect.com di browser, dan kemudian langsung diarahkan ke halaman utama. Dari halaman tersebut, pengguna cukup mencari bagian "Open Access" dan memasukkan kata kunci yang dicari. Setelah itu, pilihan berbagai jurnal dan e-book akan muncul.

Research Gate

ResearchGate merupakan platform yang menyatukan berbagai karya ilmuwan, dokter, pelajar, insinyur, pekerja kesehatan masyarakat, teknisi laboratorium, dan ilmuwan komputer.

Situs yang muncul pada 2008 ini, memberikan tempat bagi para ilmuwan dan akademisi untuk berbagi pekerjaan dan memungkinkan para ilmuwan tersebut saling terhubung dengan rekan-rekan mereka di seluruh dunia, melintasi batas dan silo sains.

Melalui ResearchGate, peneliti dapat mengunduh jurnal atau memesan jurnal secara gratis. Untuk memanfaatkan layanan melalui situs ini, pengguna hanya perlu masuk ke masuk ke https://www.researchgate.net/, dan mendaftar, bisa menggunakan e-mail pribadi maupun e-mail kerja/kampus.

Cambridge Core

Cambridge Core adalah platform untuk konten akademik dari Cambridge University Press, yang menyediakan lebih dari satu juta jurnal dan lebih dari 30.000 buku. Platform ini dikelola oleh Cambridge University Press.

Sebelumnya, hanya alumni Cambridge dan mantan postdoc, yang memiliki akses ke semua konten yang diterbitkan oleh Cambridge University Press. Namun, kini konten yang disediakan oleh Cambridge University Press dapat diakses oleh semua orang, dengan mendaftar terlebih dahulu, untuk kemudian diberikan akses.

Meski demikian, tidak semua jurnal dan penelitian yang ada di dalam Cambridge Core ini tidak gratis. Beberapa jurnal yang ada dalam koleksi mengharuskan pengguna untuk membayar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...