Mencermati Cara Live di TikTok bagi Pemula dan Tips Menggaet Follower

Image title
13 Juni 2022, 15:48
cara live di TikTok
Unsplash/Solen Feyissa
Ilustrasi, logo aplikasi TikTok di smartphone.

TikTok (juga dikenal sebagai Douyin adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok[4] yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.

Kehadiran TikTok di Indonesia sendiri bukannya tanpa masalah. Pada 2018 lalu, aplikasi ini sempat diblokir oleh pemerintah, karena berdasarkan pemantauan Kementerian Komunikasi dan Informatika, ditemukan banyak sekali masuknya laporan berisi keluhan. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) saat itu, Rudiantara, banyak sekali konten negatif yang  tidak pantas untuk anak-anak.

Aplikasi tersebutkemudian dilepas pemblokirannya, setelah TikTok bernegosiasi, membuat berbagai perubahan, termasuk menghapus konten negatif, membuka kantor penghubung dengan pemerintah, dan menerapkan batasan usia, serta mekanisme keamanan.

Kini, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang populer di Indonesia, dengan beragam fitur yang memungkinkan penggunanya mengekspresikan diri. Salah satu fitur yang populer adalah fitur "Live", yang merupakan siaran langsung, namun pemilik akun bisa mendapatkan uang berupa gift. Penonton siaran langsung di TikTok bisa memberikan gift dengan nominal koin tertentu yang bisa ditukar dengan saldo e-wallet.

Cara Live di Tiktok

Seperti telah disebutkan, melalui fitur "Live", pemilik akun bisa mengekspresikan diri sekaligus mendulang uang. Namun, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi pemilik akun untuk bisa memanfaatkan fitur ini. Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan fitur "Live" di TikTok.

  • Pengguna memiliki minimum 1.000 followers.
  • Pengguna wajib berusia 16 tahun ke atas.
  • Aplikasi TikTok harus update ke versi terbaru.

Apabila persyaratan yang ditentukan TikTok sudah terpenuhi, fitur tersebut akan muncul dengan sendirinya. Bagi pemula yang sudah memenuhi syarat tersebut, bisa ikuti beberapa langkah berikut ini. Simak cara live di TikTok dengan mudah dan praktis.

Cara "Live" di TikTok sendiri cukup mudah, antara lain:

  1. Buka aplikasi Tiktok.
  2. Login dengan akun Google, Facebook, atau Email.
  3. Klik tanda plus.
  4. Menu "Live" di TikTok akan tampil saat syarat terpenuhi.
  5. Klik "Live" dan membuat caption, serta judul yang menarik dan informatif.
  6. Klik "Go Live" untuk siaran langsung.

Tips Mencapai Persyaratan Live di TikTok

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, syarat agar seorang pengguna mendapatkan fitur "Live", adalah memperoleh minimal 1.000 pengikut atau follower. Ini tentu bukan pekerjaan mudah, namun tidak mustahil untuk diraih.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemilik akun bisa segera mencapai persyaratan minimum follower, demi mendapatkan fitur "Live" di TikTok.

1. Membuat konten secara konsisten

Tips pertama untuk memperoleh lebih dari 1.000 pengikut di TikTok adalah mengunggah konten secara konsisten. Konsisten yang dimaksud ini, mencakup waktu, dan topik atau tema tertentu. Dengan membuat video secara konsisten dan menarik, akan memperbesar peluang konten untuk masuk for your page (FYP) dan dilihat banyak pengguna lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...