Bagaimana Cara Bermain UNO? Ini Penjelasan Lengkapnya

Siti Nur Aeni
15 Juni 2022, 09:10
cara bermain UNO
pexels.com
Ilustrasi, seseorang sedang bermain kartu UNO

Apakah Anda pernah bemain UNO? Permainan dari kartu ini cukup familiar di tengah masyarakat. Permainan ini memang sangat menyenangkan terlebih jika dimainkan beramai-ramai. Tak hanya itu, cara bermain UNO terbilang mudah. Lantas, bagaimana cara bermain game ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu UNO?

Sebelum mempelajari cara bermain UNO, tak ada salahnya jika mengetahui seluk beluk tentang permainan UNO. Menurut penjelasan di eprints.umm.ac.id, kartu UNO adalah permainan kartu yang menggunakan prinsip sama angka atau sama warna.

Permainan UNO pertama kali dibuat pada 1971 oleh Merle Robbins dari Reading, Ohio. Merle kemudian mengenalkan permainan ini kepada keluarganya. Hingga akhirnya, pada tahun 1992, permainan UNO dikenal luas lewat International Games Inc.

Selain digunakan untuk mengisi kekosongan, UNO juga bisa menjadi media pembelajaran. Kartu UNO bisa digunakan untuk menyampaikan pesan berbagai ilmu pengetahuan karena penampilannya yang menarik.

Simbol Kartu UNO

Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih secara interaktif untuk mendapatkan pemenang. Saat bermain UNO, kita akan melihat beberapa kartu dengan simbol dan warna yang berbeda. Ada kartu yang ditandai dengan angka, warna, blank, dan lain sebagainya.

Setiap simbol memiliki makna yang berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kartu Angka

Dalam kelompok kartu UNO terdapat kartu bertuliskan angka dari 0 sampai 9. Kartu ini memiliki empat warna yaitu merah, kuning, hijau, dan biru. Untuk angka 1 sampai 9 terdapat 2 kartu di setiap warna. Sedangkan, untuk kartu berangka 0 jumlahnya hanya 1 setiap warnanya. Jadi, dalam permainan UNO total kartu angka sebanyak 19 kartu untuk masing-masing warna.

2. Kartu +2

Selain kartu angka, permainan UNO juga memiliki kartu dengan simbol +2. Kartu ini digunakan saat warna kartu teratas sama dengan kartu +2 yang Anda miliki atau sama-sama kartu +2. Kemudian, pemain lain yang tidak memiliki kartu +2 seperti pemain sebelumnya, harus mengambil 2 kartu UNO dan tidak mendapatkan kesempatan bermain.

3. Kartu Reverse

Kartu reverse atau kartu putar baik biasanya dikeluarkan untuk menyesuaikan warna kartu sebelumnya atau bisa juga dikeluarkan saat ada sesama kartu reverse. Fungsi kartu ini yaitu untuk mengubah arah permainan.

Contohnya, permainan awalnya berjalan searah jarum jam. Namun, adanya kartu ini maka permainan berbalik arah menjadi berlawanan jarum jam.

Sedangkan, jika permainan UNO hanya dimainkan oleh dua orang, maka kartu ini berfungsi sebagai kartu skip. Artinya, jika Anda mengeluarkan kartu ini, maka Anda bisa bermain dua kali.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...