Wawancara adalah Salah Satu Upaya Mencari Informasi, Ini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
27 Juni 2022, 11:37
wawancara adalah
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, CEO Vale Indonesia Febriany Eddy menjawab pertanyaan dalam sesi wawancara dengan tim Katadata.co.id di kantor Vale Indonesia, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Wawancara adalah aktivitas tanya jawab antara dua orang atau lebih yang tujuannya untuk menggali informasi dari narasumber. Sejauh ini banyak yang beranggapan bahwa wawancara merupakan aktivitas yang hanya bisa dilakukan oleh jurnalis.

Nyatanya, wawancara memiliki cakupan yang lebih luas. Siapa saja bisa melakukan aktivitas ini termasuk Anda. Lantas, apa sebenarnya wawancara itu? Dan bagaiamana cara melakukan wawancara yang baik dan benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Wawancara

Penjelasan tentang definisi wawancara sudah diterangkan di berbagai sumber. Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatkan tentang suatu hal, untuk dimuat dalam surat kabar, disiarkan melalui radio, atau televisi.

Dalam buku “Teori Wawancara Psikodiagnostik” disebutkan bahwa, wawancara adalah satau satu dari teknik pengumpukan informasi atau data. Sementara itu, pada Jurnal Ilmu Budaya 11(2), wawancara adalah salah satu kaidah pengumpulan data yang umumnya digunakan dalam penelitian sosial.

Wawancara ini digunakan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan fakta, kepercayaan, perasaan, keinginan, dan lain sebagainya. Menurut keterangan di buku “Teori Wawancara Psikodiagnostik”, wawancara berbeda dengan percakapan biasa. Hal-hal yang membedakan antara wawancara dengan percakapan biasa, antara lain:

  1. Pewawancara dan responden umumnya belum saling mengenal.
  2. Responden selalu menjawab pertanyaan yang diajukan.
  3. Pewawancara akan selalu bertanya kepada responden atau narasumber.
  4. Pewawancara tidak menjuruskan pertanyaan kepada sebuah jawaban, namun harus bersifat netral.
  5. Pernyataan yang ditanyakan telah sesuai dengan panduan yang dibuat sebelumnya.

Tujuan Wawancara

Secara umum, tujuan dari wawancara yaitu untuk mendapatkan informasi tertentu. Maka dari itu, wawancara dimulai dengan rasa ingin tahu. Meskipun demikian, ada juga wawancara yang tujuannya untuk mengungkapkan masalah yang sifatnya rumit dan mendalam.

Berdasarkan keterangan di buku “Teori Wawancara Psikodiagnostik”, berikut ini beberapa tujuan wawancara yang perlu diketahui.

1. Fact Finding Interviews

Tujuan pertama dari wawancara yaitu untuk mendapatkan informasi maupun data dari topik tertentu. Misalnya, wawancara kerja maka tujuannya yaitu untuk mengetahui latar belakang dari pelamar tersebut.

2. Fact Giving Interviews

Maksud dari tujuan ini yaitu wawancara dilakukan saat pewawancara memberikan keterangn atau penjelasan kepada narasumber. Contohnya, seorang supervisor memberikan instruksi atau data yang bisa meningkatkan kinerja karyawan tersebut.

3. Manipulative Interviews

Tujuan wawancara ini yaitu mengarahkan atau membuat subjek melakukan hal yang diinginkan. Wawancara pada settings klinis banyak digunakan untuk mengubah atau mengarahkan perilaku subjek ke tindakan yang lebih adaptif.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...