Konvensional adalah Kesepakatan Umum, Berikut Pengertian dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
22 Juni 2022, 21:48
Konvensional Adalah
Unsplash/Debby Hudson
Ilustrasi Buku

Istilah konvensional sering muncul dalam kegiatan sehari-hari. Kata konvensional digunakan untuk menambah kejelasan, contohnya kesepakatan konvensional, bank konvensional, sistem konvensional, dan masih banyak lagi.

Kata konvensional dipakai dalam kegiatan masyarakat, bisnis, dan peraturan. Lalu apa pengertian konvensional? Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konvensional adalah berdasarkan konvensi (kesepakatan) umum seperti adat, kebiasaan, kelaziman. Kata konvensional bisa merujuk pada tradisional.

Dengan begitu, konvensional dapat diartikan sebagai aktivitas yang sesuai dengan pola masyarakat. Misalnya warga dan daerah tertentu menerapkan adat yang menjadi kebiasaan.

Pengertian Konvensional

Menurut buku Linguistik Mikro (Kajian Internal Bahasa Dan Penerapannya), konvensional berasal dari kata konvensi. Arti konvensi adalah berdasarkan kesepakatan bersama. Kesepakatan ini mencapai mufakat yang dibuat oleh kelompok, negara, organisasi, dan wilayah.

Contohnya bahasa bersifat konvensional. Arti bahasa bersifat konvensional ini adalah kesepakatan bersama yang harus diikuti. Masyarakat menggunakan kesepakatan dalam berbahasa untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini memudahkan proses komunikasi dan pemahaman.

Penggunaan kata konvensional lainnya yaitu bank konvensional. Arti bank konvensional yaitu bank melakukan aktivitas perputaran uang sesuai kesepakatan nasional dan internasional.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...