Broadcast Adalah Proses Penyiaran, Ini Pengertian dan Bentuknya

Image title
14 Juni 2022, 11:55
broadcast adalah
ANTARA FOTO/REUTERS/Central Research Institute for Machine Building/Russian space agency Roscosmos/Handout /FOC/dj
Ilustrasi, tayangan siaran langsung atau broadcast kru Stasiun Luar Angkasa (ISS) Ivan Vagner dari Badan Antariksa Federal Rusia Roscosmos saat pendaratan kapsul ulang alik Soyuz MS-16.

Broadcast adalah kata dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan dunia penyiaran. Istilah ini umum digunakan pada bidang ilmu komunikasi dan teknologi.

Broadcast bisa menggambarkan proses menyiarkan suatu hal. Misalnya pada aplikasi chatting seperti WhatsApp terdapat sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya, untuk menyebarkan pesan berantai kepada pengguna lain secara bersamaan.

Definisi sederhana dari broadcast adalah menyiarkan atau menyebarkan. Namun, jika ditelaah lebih lanjut, kata broadcast memiliki tiga jenis pengertian yang berbeda bila ditinjau secara umum, pada ilmu komunikasi dan jaringan komputer.

Lebih jelasnya, simak penjelasan tentang pengertian broadcast berikut ini.

Apa Itu Broadcast?

Dikutip dari situs Ekrut.com, pengertian umum dari broadcast adalah proses pengiriman sinyal dari satu titik ke berbagai lokasi lain secara bersamaan. Sarananya bisa melalui saluran satelit, radio, televisi, dan lain sebagainya. Dari penjelasan tersebut, broadcast berarti sebuah layanan server yang menyebarkan data kepada klien secara sekaligus.

Dalam bahasa Indonesia, broadcast adalah kata yang berarti "siar". Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) siar atau siaran merupakan proses menyebarkan dan memberitahukan suatu hal kepada khalayak umum melalui saluran televisi maupun radio.

Istilah broadcast (broadcasting) dikenal menjadi bagian dari ilmu komunikasi. Broadcast merupakan cabang ilmu yang  berfokus pada bidang penyiaran. Ini mencakup kepada proses untuk memberikan informasi yang berharga kepada masyarakat. Bentuknya bisa berupa berita, pengumuman, dan lain sebagainya.

Singkatnya, pengertian umum dari istilah broadcast adalah proses penyampaian informasi berisi pesan atau data tentang sesuatu hal, yang disebarkan melalui perangkat tertentu. Kemudian diterima oleh audiens secara bersamaan.

Pengertian Broadcast dalam Jaringan Komputer

Menurut Computer Hope, dalam jaringan komputer broadcast adalah pengiriman paket data ke beberapa penerima sekaligus. Contohnya seperti jaringan area lokal yang dapat dikonfigurasi, sehingga perangkat apa pun di jaringan itu dapat menyiarkan pesan ke semua perangkat lainnya.

Ketika sebuah perangkat jaringan ingin menyiarkan, perangkat tersebut harus mentransmisikan paket data ke alamat siaran jaringan. Keberadaan perangkat, seperti router atau sakelar, akan mempermudah pekerjaan mengirim paket ke setiap perangkat lain dalam grup. Kelompok perangkat yang memenuhi syarat ini disebut domain broadcast.

Lebih lanjut, jenis komunikasi ini juga disebut all-to-all, karena setiap perangkat dapat mengirimkan pesan secara bersamaan ke setiap perangkat lainnya. Pada umumnya jaringan siaran atau broadcast akan didukung oleh sebuah protokol jaringan yang digunakan sebagian besar internet saat ini. 

Dari penjelasan di atas, pengertian broadcast jika ditinjau dalam ilmu jaringan komputer yaitu, sebuah teknik utama untuk merutekan lalu lintas jaringan komputer. Sehingga, satu perangkat yang menjadi server dapat menyebarkan pesan atau data ke perangkat lain dalam satu grup (domain).

Definisi Broadcast dalam Ilmu Komunikasi

Seperti disebutkan sebelumnya, istilah broadcast adalah cabang ilmu komunikasi yang berfokus pada usaha penyiaran informasi kepada khalayak umum.

Mengutip penjelasan dari Modul Dasar-dasar Penyiaran, penyiaran atau broadcast adalah proses komunikasi dari suatu titik ke audiens. Sebuah informasi berisi pesan akan dikirimkan dari satu titik kepada masyarakat melalui jaringan gelombang elektromagnetik dan jaringan lebih tinggi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...