12 Rekomendasi Makanan Khas Qatar yang Populer

Makanan khas Qatar menggunakan bahan rempah-rempah pilihan. Qatar termasuk negara Timur Tengah yang berbatasan dengan Arab Saudi. Berikut rekomendasi makanan khas Qatar.
Dwi Latifatul Fajri
28 Juni 2022, 06:30
makanan khas Qatar
www.chefspencil.com
Ilustrasi, Thareed yang merupakan salah satu makanan khas Qatar.

Qatar merupakan salah satu negara di Timur Tengah. Negara ini terletak di kawasan Teluk, berbatasan dengan Arab Saudi di bagian Selatan dan Teluk Persia. Ibu kota negara Qatar adalah Doha.

Qatar memiliki iklim padang pasir yang panas. Selain musim panas, Qatar memiliki musim dingin dengan suhu sejuk. Qatar dikenal sebagai negara kaya penghasil minyak.

Penduduk mayoritas negara Qatar adalah Islam. Jika anda sedang berlibur di Qatar tidak perlu khawatir, karena sebagian besar makanan di sana halal.

Makanan khas Qatar menggunakan bumbu rempah-rempah seperti India atau Iran. Makanan khas menggunakan beras, daging, dan sayuran. Berikut rekomendasi makanan khas Qatar yang populer.

Advertisement

Makanan Khas Qatar

1. Majboos

Majboos
Majboos (www.chefspencil.com)

 

Makanan populer di negara Qatar adalah Majboos. Makanan ini disajikan untuk hidangan utama. Majboos terdiri dari nasi dan potongan daging ayam atau domba. Potongan daging ayam biasanya bagian paha dan sayap. Nasi basmati khas Qatar dipakai untuk hidangan ini.

Makanan ini termasuk hidangan populer di Timur Tengah. Majboos dibuat dari bumbu rempah-rempah untuk rasa pada daging dan nasi. Contohnya saja jinten, ketumbar, cengkeh, lemon, kunyit, jeruk nipis, dan kapulaga.

2. Umm Ali

Umm Ali adalah makanan pencuci mulut dari Mesir. Hidangan ini terkenal di Qatar karena rasanya yang gurih dan manis. Bahan Umm Ali yaitu gula, kacang, susu, dan kayu manis. Bahan tersebut dicampur ke dalam roti. Umm Ali ini hampir sama dengan pastry yang manis dan lembut.

3. Luqaimat

Luqaimat merupakan hidangan penutup manis yang bentuknya seperti bola. Adonan Luqaimat dibentuk bulat seperti donat kecil, lalu dibentuk bola. Kemudian bahan digoreng dan dicelupkan dalam sirup manis. Ketika disajikan, Luqaimat ditaburi biji wijen di bagian atasnya.

4. Kunafa

Kunafa termasuk masakan renyah dan manis seperti pastry. Biasanya kunafa disajikan untuk hidangan penutup di negara Arab. Mengutip dari anantara.com, kunafa dibuat seperti kue pastry yang dilapisi isian keju. Kemudian kue ini dimasak hingga berwarna coklat keemasan. Setelah matang kemudian kue ditambahkan sirup manis dan keju.

5. Balaleet

Balaleet
Balaleet (www.chefspencil.com)

 

Balaleet terbuat dari telur dadar dan mie. Balaleet memakai  mie bening dan tipis yang digoreng. Di Indonesia, balaleet disebut juga mie bihun goreng. Makanan ini dimasak menggunakan kayu manis, kapulaga, gula, dan saffron. Tambahan balaleet yaitu telur dadar sebagai topping.

6. Karak

Selain makanan, negara Qatar punya minuman khas yaitu Karak. Minuman ini terbuat dari campuran susu, gula, dan kapulaga. Bahan tersebut direbus sampai 3 kali, sehingga rasanya bercampur. Karak cocok dinikmati ketika udara dingin.

7. Saloona

Negara Qatar memiliki kaldu pedas atau saloona. Makanan ini sesuai untuk anda pecinta pedas. Bahan membuat Saloona yaitu sayuran seperti terong, wortel, tomat, dan kentang. Sedangkan kuah kaldu menggunakan daging.

8. Margoog

Margoog adalah makanan sehat khas Qatar karena bahannya terbuat dari sayuran. Margoog terbuat dari campuran kentang, daging, terong, tomat, labu zucchini, dan wortel.

Selain sayuran, Margoog memakai daging domba atau ayam. Biasanya margoog ditambahkan dengan roti mentah di dalamnya. Ada bumbu rempah-rempah yang direbus dengan menambah rasa

9. Harees

Harees adalah bubur gurih dan manis khas Qatar. Harees disajikan ketika bulan Ramadhan dan hari besar. Bahan Harees terbuat dari mentega, kapulaga, kayu manis, tepung terigu, daging ayam atau kambing, dan gula.

10. Thareed

Thareed
Thareed (www.chefspencil.com)

 

Thareed adalah hidangan populer di Qatar. Bahan makanan adalah daging ayam atau domba, sayuran, wortel, kacang-kacangan rempah-rempah, dan roti. Kemudian bahan tersebut direbus dalam panci.

Setelah matang, bahan tersebut ditaruh diatas roti regag tipis. Roti ini hampir mirip mirip crepe, sebagai pengganti nasi.

11. Madrooba

Madrooba adalah bubur khas Qatar yang terbuat dari daging ayam rebus, pasta tomat, dan rempah-rempah. Bahan-bahan ini kemudian direbus selama kurang lebih 2 jam. Kemudian bahan ditumbuk sampai halus.

Madrooba sendiri artinya ditumbuk atau dipukul. Madrooba biasanya disajikan dengan mentega, susu, dan kapulaga sebagai bumbu.

12. Kousa Mahshi

Kousa Mahshi
Kousa Mahshi (www.chefspencil.com)

 

Kousa Mahsi terbuat dari cukini yang diisi daging kambing. Tidak lupa bagian atas diberi taburan daun mint dan potongan bawang putih.

Kousa Mahshi termasuk hidangan sehat karena terbuat dari zucchini (sejenis labu). Selain daging, ada sayuran, kacang, dan nasi yang dimasak bersama kaldu tomat.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait