12 Rekomendasi Makanan Khas Qatar yang Populer

Dwi Latifatul Fajri
28 Juni 2022, 06:30
makanan khas Qatar
www.chefspencil.com
Ilustrasi, Thareed yang merupakan salah satu makanan khas Qatar.

Qatar merupakan salah satu negara di Timur Tengah. Negara ini terletak di kawasan Teluk, berbatasan dengan Arab Saudi di bagian Selatan dan Teluk Persia. Ibu kota negara Qatar adalah Doha.

Qatar memiliki iklim padang pasir yang panas. Selain musim panas, Qatar memiliki musim dingin dengan suhu sejuk. Qatar dikenal sebagai negara kaya penghasil minyak.

Penduduk mayoritas negara Qatar adalah Islam. Jika anda sedang berlibur di Qatar tidak perlu khawatir, karena sebagian besar makanan di sana halal.

Makanan khas Qatar menggunakan bumbu rempah-rempah seperti India atau Iran. Makanan khas menggunakan beras, daging, dan sayuran. Berikut rekomendasi makanan khas Qatar yang populer.

Makanan Khas Qatar

1. Majboos

Majboos
Majboos (www.chefspencil.com)

Makanan populer di negara Qatar adalah Majboos. Makanan ini disajikan untuk hidangan utama. Majboos terdiri dari nasi dan potongan daging ayam atau domba. Potongan daging ayam biasanya bagian paha dan sayap. Nasi basmati khas Qatar dipakai untuk hidangan ini.

Makanan ini termasuk hidangan populer di Timur Tengah. Majboos dibuat dari bumbu rempah-rempah untuk rasa pada daging dan nasi. Contohnya saja jinten, ketumbar, cengkeh, lemon, kunyit, jeruk nipis, dan kapulaga.

2. Umm Ali

Umm Ali adalah makanan pencuci mulut dari Mesir. Hidangan ini terkenal di Qatar karena rasanya yang gurih dan manis. Bahan Umm Ali yaitu gula, kacang, susu, dan kayu manis. Bahan tersebut dicampur ke dalam roti. Umm Ali ini hampir sama dengan pastry yang manis dan lembut.

3. Luqaimat

Luqaimat merupakan hidangan penutup manis yang bentuknya seperti bola. Adonan Luqaimat dibentuk bulat seperti donat kecil, lalu dibentuk bola. Kemudian bahan digoreng dan dicelupkan dalam sirup manis. Ketika disajikan, Luqaimat ditaburi biji wijen di bagian atasnya.

4. Kunafa

Kunafa termasuk masakan renyah dan manis seperti pastry. Biasanya kunafa disajikan untuk hidangan penutup di negara Arab. Mengutip dari anantara.com, kunafa dibuat seperti kue pastry yang dilapisi isian keju. Kemudian kue ini dimasak hingga berwarna coklat keemasan. Setelah matang kemudian kue ditambahkan sirup manis dan keju.

5. Balaleet

Balaleet
Balaleet (www.chefspencil.com)

Balaleet terbuat dari telur dadar dan mie. Balaleet memakai  mie bening dan tipis yang digoreng. Di Indonesia, balaleet disebut juga mie bihun goreng. Makanan ini dimasak menggunakan kayu manis, kapulaga, gula, dan saffron. Tambahan balaleet yaitu telur dadar sebagai topping.

6. Karak

Selain makanan, negara Qatar punya minuman khas yaitu Karak. Minuman ini terbuat dari campuran susu, gula, dan kapulaga. Bahan tersebut direbus sampai 3 kali, sehingga rasanya bercampur. Karak cocok dinikmati ketika udara dingin.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...