6 Makanan Khas Malaysia Ini Wajib Dicoba Saat Melancong

Image title
5 Juni 2022, 23:06
Ilustrasi nasi lemak sebagai makanan khas Malaysia
Dreamstime.com
Ilustrasi nasi lemak sebagai makanan khas Malaysia

Berkunjung ke Malaysia tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak menikmati kuliner khas Negeri Jiran. Apalagi, makanan khas Malaysia umumnya merupakan masakan Melayu, dan mampu menggoyang lidah wisatawan mancanegara, termasuk dari Indonesia.

Salah satu makanan khas Malaysia yang paling terkenal, dengan resep yang diwariskan turun temurun, adalah nasi lemak. Berikut rekomendasi pilihan makanan khas Malaysia yang dilansir dari Traveloka.com:

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak adalah makanan khas suku Melayu yang umum ditemukan di Malaysia. Menu kuliner ini memiliki rasa yang nikmat dan menggugah selera makan dengan berbagai lauk pendampingnya. Nasi Lemak merupakan hidangan yang dimasak menggunakan santan dengan bumbu pedas.

Mula-mula, makanan khas Malaysia satu ini adalah hidangan untuk sarapan saja. Seiring berjalannya waktu, menu ini bisa disantap baik siang maupun malam. Nasi Lemak pada awalnya hanya disajikan dengan telur, irisan mentimun, ikan bilis, atau teri goreng, dan sambal. Namun saat ini, Nasi Lemak dijual dengan berbagai pilihan lauk-pauk seperti, tempe, tahu, petai, kacang goreng, sate, atau hati sapi dan biasanya disertai juga dengan parutan kelapa.

2. Ayam Pongteh

Menu khas Malaysia yang satu ini cukup istimewa. Potongan daging ayam, kentang, dan jamur shitake membuat rasanya semakin gurih dan nikmat. Sepintas makanan ini terlihat seperti semur. Resep asli dari masakan ini biasanya menggunakan daging non halal, tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan ayam sebagai penggantinya. Hal yang membuat Ayam pongteh dan semur berbeda ialah dengan penggunaan tauco saat memasaknya. Masakan khas Malaysia ini wajib dihidangkan dengan sambal belacan.

3. Asam Laksa Penang

Bilamana Anda berkunjung ke Penang, kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi Ayam laksa Penang. Kuliner ini berasal dari perpaduan masakan Tionghoa dan Melayu dan memiliki cita rasa yang sangat menarik. Laksa ini adalah sejenis mie berkuah yang sangat popular di Malaysia.

Makanan khas Malaysia satu ini sangatlah cocok untuk menjadi santapan pada saat sarapan. Kelezatan utama makanan khas Malaysia ini terletak di kuah kaldu ikan yang terbuat dari telur, tulang ikan makarel yang direbus dengan serai, cabe, dan asam.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...