Candid adalah Pengambilan Foto Secara Diam-diam, Ini Penjelasannya

Foto candid adalah teknik pengambilan foto secara diam-diam, sehingga hasilnya terlihat lebih natural. Lantas, bagaimana cara pose foto candid yang bagus? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Siti Nur Aeni
4 Juli 2022, 09:52
candid adalah
ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid/foc/dj
Ilustrasi, foto candid yang diambil oleh fotografi terhadap Presiden AS Joe Biden. Teknik foto candid memungkinkan seorang fotografer menangkap momen natural dari seseorang atau suasana.

Candid adalah istilah dalam bidang fotografi yang sering kita dengar. Candid biasanya digunakan untuk menyebut gaya foto seolah-olah tidak mengetahui keberadaan kamera. Gaya ini dinilai bisa menghasilkan foto yang lebih estetik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas seputar definisi candid dalam fotografi lengkap dengan tips foto candid agar bernilai seni tinggi. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Pengertian Candid

Candid photography atau yang lebih dikenal foto candid adalah salah satu teknik pengambilan gambar dalam bidang fotografi. Dalam buku “Memotret Anak-anak: Buku Pegangan Fotografi Manual/Digital”,  disebutkan bahwa foto candid atau candid camera merupakan teknik memotret dengan cara sembunyi-sembunyi.

Sementara itu menurut penjelasan di buku “Literasi Visual: Manfaat dan Muslihat Fotografi”, foto candid adalah istilah yang umumnya digunakan untuk foto spontan, diam-diam, dan tanpa pemberitahuan. Walaupun saat ini, gaya foto ini sering diarahkan agar seolah-olah terlihat candid.

Advertisement

Istilah “candid camera” ini pertama kali dicetuskan oleh London Graphic pada tahun 1929 untuk menyebut foto milik Erich Salomon. Jurnalis foto itu terkenal dengan pendekatan foto curi-curi di persidangan, rapat partai, dan lobi-lobi pejabat.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa candid adalah teknik pengambilan foto secara diam-diam, sehingga hasilnya terlihat lebih natural.

Inspirasi Pose Foto Candid

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini gaya foto candid sudah banyak dilakukan dengan sengaja. Artinya, foto candid yang kita lihat di sosial media biasanya merupakan hasil arahan dari sang fotografer. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan hasil foto yang estetik dengan ekspresi natural.

Sayangnya, tak semua orang bisa bergaya foto candid dengan natural. Jika Anda juga merasa kesulitan saat diminta pose foto candid, berikut ini sejumlah inspirasi pose foto candid yang bisa Anda ikuti.

1. Long Shot

Long shot merupakan cara pengambilan foto jarak jauh. Cara pengambilan gambar ini akan membuat foto terlihat lebih elegan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan gaya.

Anda bisa berdiri tegak dan pandangan lurus ke depan. Tambahkan juga efek dramatis dengan tambahan bunga-bunga yang dibuat blur. Dengan demikian, foto akan terlihat lebih menarik.

2. Close Up Shot

Selain foto dari kejauhan, close up shot juga bisa menjadi pilihan gaya candid. Close up shot ini biasanya digunakan untuk mendapatkan gambar dengan jarak dekat.

Selain menunjukan bentuk wajah sempurna, pose candid juga memberikan tampilan berwibawa. Agar terlihat lebih sempurna, Anda juga bisa melengkapinya dengan gaya pakaian yang simple dan rapi.

3. Teknik High Angle

Teknik high angle merupakan cara pengambilan foto candid dari ketinggian. Dengan teknik ini, foto akan terlihat keren dan paripurna. Tak hanya itu, foto yang diambil dengan cara ini juga membuat postur tubuh terlihat lebih jenjang dan ideal.

4. Pengambilan Foto Arah Sejajar

Teknik pengambilan foto dengan arah sejajar juga banyak digermari pecinta foto candid. Teknik pengambilan gambar ini membuat foto terlihat lebih nyata. Tak hanya itu, teknik pengambilan foto arah sejajar juga diketahui lebih mudah dilakukan.

5. Foto Ekspresi Ceria

Pose candid biasanya identik dengan ekspesi sendu dan melankolis. Namun, ternyata ekspresi ceria juga cocok untuk pengambilan gambar secara candid.

Namun agar foto tidak terlihat menarik, jangan berekspresi secara berlebihan. Cukup tertawa lebar dengan posisi tubuh agar miring. Dengan demikian, foto terlebih lebih natural meskipun ekspresinya ceria.

6. Foto di Jalan Raya

Foto cadid ternyata bisa dilakukan dimana saja, termasuk jalan raya. Anda bisa memanfaatkan zebra cross untuk membuat foto terlihat lebih menarik. Foto di jalan raya ini biasanya diambil dengan cara long shot angle.

Tujuannya yaitu agar objek terlihat menyatu dengan pemandangan sekitar. Dengan demikian, foto akan semakin menarik dan instagramble.

Itulah penjelasan seputar candid yang perlu diketahui. Dari penjelasan di atas kita bisa mengetahui bahwa candid adalah adalah teknik pengambilan foto secara diam-diam. Untuk mendapatkan foto candid ternyata tidak sulit, Anda bisa menerapkan beberapa inspirasi pose foto candid yang telah diterangkan sebelumnya.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait