Candid adalah Pengambilan Foto Secara Diam-diam, Ini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
4 Juli 2022, 09:52
candid adalah
ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid/foc/dj
Ilustrasi, foto candid yang diambil oleh fotografi terhadap Presiden AS Joe Biden. Teknik foto candid memungkinkan seorang fotografer menangkap momen natural dari seseorang atau suasana.

Candid adalah istilah dalam bidang fotografi yang sering kita dengar. Candid biasanya digunakan untuk menyebut gaya foto seolah-olah tidak mengetahui keberadaan kamera. Gaya ini dinilai bisa menghasilkan foto yang lebih estetik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas seputar definisi candid dalam fotografi lengkap dengan tips foto candid agar bernilai seni tinggi. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Pengertian Candid

Candid photography atau yang lebih dikenal foto candid adalah salah satu teknik pengambilan gambar dalam bidang fotografi. Dalam buku “Memotret Anak-anak: Buku Pegangan Fotografi Manual/Digital”,  disebutkan bahwa foto candid atau candid camera merupakan teknik memotret dengan cara sembunyi-sembunyi.

Sementara itu menurut penjelasan di buku “Literasi Visual: Manfaat dan Muslihat Fotografi”, foto candid adalah istilah yang umumnya digunakan untuk foto spontan, diam-diam, dan tanpa pemberitahuan. Walaupun saat ini, gaya foto ini sering diarahkan agar seolah-olah terlihat candid.

Istilah “candid camera” ini pertama kali dicetuskan oleh London Graphic pada tahun 1929 untuk menyebut foto milik Erich Salomon. Jurnalis foto itu terkenal dengan pendekatan foto curi-curi di persidangan, rapat partai, dan lobi-lobi pejabat.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa candid adalah teknik pengambilan foto secara diam-diam, sehingga hasilnya terlihat lebih natural.

Inspirasi Pose Foto Candid

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini gaya foto candid sudah banyak dilakukan dengan sengaja. Artinya, foto candid yang kita lihat di sosial media biasanya merupakan hasil arahan dari sang fotografer. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan hasil foto yang estetik dengan ekspresi natural.

Sayangnya, tak semua orang bisa bergaya foto candid dengan natural. Jika Anda juga merasa kesulitan saat diminta pose foto candid, berikut ini sejumlah inspirasi pose foto candid yang bisa Anda ikuti.

1. Long Shot

Long shot merupakan cara pengambilan foto jarak jauh. Cara pengambilan gambar ini akan membuat foto terlihat lebih elegan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan gaya.

Anda bisa berdiri tegak dan pandangan lurus ke depan. Tambahkan juga efek dramatis dengan tambahan bunga-bunga yang dibuat blur. Dengan demikian, foto akan terlihat lebih menarik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...