Pengertian Pemanasan Global dan Dampak yang Ditimbulkan

Siti Nur Aeni
5 Juli 2022, 09:39
pemanasan global
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/foc.
Ilustrasi, seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura memegang poster saat memperingati Hari Bumi. Dalam aksi damai, BEM Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura mengajak masyarakat untuk mencintai bumi dan peduli pada hutan agar tidak terjadi deforestasi serta pemanasan global.

Perubahan cuaca saat ini sudah sulit ditebak. Perubahan cuaca ini menjadi tantangan tersendiri bagi tatanan kehidupan makhluk hidup di bumi. Penyebab dari perubahan cuaca tersebut yaitu karena adanya pemanasan global.

Pemanasan global menjadi topik yang serius dewasa ini. Bahkan, para pemimpin negara-negara yang tergabung dalam G7 akan menciptakan klub iklim pada akhir tahun untuk memungkinkan negara-negara yang bersedia berkoordinasi dan mempercepat upaya mengatasi pemanasan global.

Klub iklim bentukan negara-negara G7 ini, akan terbuka bagi negara-negara yang berkomitmen pada tujuan Paris Agreement, untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat celcius.

Apa sebenarnya pemanasan global, dan seperti apa dampak yang ditimbulkan terhadap planet ini? Simak ulasan singkat berikut ini.

Pengertian Pemanasan Global

Penjelasan tentang definisi pemanasan global sudah sering diulas di beberapa sumber literasi.  Menurut keterangan di dlh.bulelengkab.go.id, pemanasan global atau global warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.

Sementara, mengutip ditsmp.kemdikbud.go.id, pemanasan global didefinisikan sebagai fenomena global yang disebabkan oleh kegiatan manusia, terutama yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar fosil, dan kegiatan alih fungsi lahan. Kegiatan tersebut dapat menghasilkan gas yang jumlahnya semakin banyak seiring bertambahnya waktu.

Definisi pemanasan global juga diterangkan dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat II(2). Dalam jurnal tersebut, pengertian pemanasan global adalah kejadian meningkatknya temperatur rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.

Peneliti dari Center for International Forestry Research (CIFOR) menyebutkan bahwa, pemanasan global merupakan kejadian saat radiasi gelombang panjang matahari (gelombang panas atau infra merah) terperangkap.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa pemanasan global adalah fenomena saat suhu atmosfer, laut, hingga daratan bumi mengalami kenaikan. Peningkatan suhu ini sangat dipengaruhi oleh aktivitas manusia.

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global memberikan dampak tidak menguntungkan bagi tatanan kehidupan di bumi. Berdasarkan keterangan di Jurnal Kesehatan Masyarakat II(2). Berikut ini sejumlah dampak dari adanya pemanasan global.

1. Cuaca

Dampak yang sangat terasa saat terjadi pemanasan global yaitu adanya perubahan cuaca atau iklim. Misalnya, hujan turun deras walaupun seharusnya sudah masuk musim kemarau.

Menurut prediksi, dalam 30 tahun terakhir pergantian musim kemarau ke musim hujan terus bergeser. Fenomena tersebut menyebabkan musim tanam akan lebih panjang di beberapa tempat. Temperatur di musim dingin dan malam hari cenderung meningkat.

Daerah hangat akan menjadi lebih lembap. Pasanya, air dari lautan lebih banyak menguap. Kelembapan yang tinggi menyebabkan curah hujan meningkat. Hal tersebut juga bisa menyebabkan badai sering terjadi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...