Cara Daftar TikTok Shop Beserta Ketentuannya

Cara daftar TikTok Shop beserta syarat dan ketentuannya perlu diketahui apabila Anda hendak memanfaatkan TikTok sebagai media untuk berjualan.
Image title
5 Juli 2022, 15:15
cara daftar TikTok Shop
cottonbro/pexels
Ilustrasi, logo aplikasi TikTok.

Perlahan tapi pasti, aplikasi berbagi video TikTok mulai digandrungi masyarakat berbagai negara, termasuk Indonesia. Meneruskan ByteDance, aplikasi buatan Zhang Yiming ini memiliki sekitar 92 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal 2022.

Untuk menunjang keasyikan dan kenyamanan pengguna, TikTok menawarkan berbagai fitur, salah satunya TikTok Shop. Mengutip Hootsuite, bentuk kerja sama TikTok dengan Shopify ini memungkinkan pengguna menjelajah, memilih, dan membeli barang tanpa harus keluar dari aplikasi TikTok.

Singkatnya, fitur yang sudah ada sejak April 2021 ini membantu penggunanya melakukan transaksi barang secara langsung di dalam aplikasi. Segala macam transaksi, baik pembelian, penjualan, interaksi penjual-pembeli, sampai proses pembayaran dilakukan di dalam aplikasi.

Banyaknya tren yang bermunculan di TikTok menarik banyak calon penjual dan pembeli untuk bertransaki di TikTok. Selain itu, TikTok digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat yang menghabiskan rata-rata waktu penggunaan hariannya lebih dari satu jam.

Advertisement

Lalu, bagaimana cara daftar TikTok Shop?

Cara Daftar Tiktok Shop

Untuk mendaftar TikTok Shop, ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke situs TikTok Shop di https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.
  • Klik "Sign up with TikTok Account".
  • Pilih "Sign Up" jika belum memiliki akun, atau "login" jika sudah memiliki akun.
  • Setelah akun berhasil dibuat, login dengan akun TikTok yang telah dimiliki dan klik "Authorize" untuk mengizinkan TikTok Shop mengakses akun TikTok.
  • Teruskan verifikasi email.
  • Jika sudah, akun berhasil dibuat. Anda bisa mengatur setting akun TikTok Shop yang telah dibuat.
  • Lengkapi formulir untuk mendaftarkan toko.
  • Isi informasi mengenai pendaftaran toko Anda untuk memeroleh verifikasi dari TikTok Shop, lalu tunggu sampai TikTok memberikan konfirmasi.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapat konfirmasi dari TikTok terkait fitur TikTok Shop. Jika sudah, pengguna sudah bisa melakukan aktivitas jual-beli menggunakan fitur ini.

Sebelum menggunakan fitur ini, perhatikan terlebih dahulu ketentuan syarat yang harus dipenuhi, yakni sebagai berikut:

  • Negara tempat Anda tinggal sudah masuk dalam kategori layak untuk menggunakan TikTok Shop.
  • Nama toko harus sesuai dan tidak melanggar syarat ketentuan yang telah diberikan oleh TikTok Shop center.
  • Menginput alamat toko atau gudang yang akurat.
  • Memverifikasi identitas pribadi.
  • Menginput data rekening bank yang valid.

Cara Menambah Followers TikTok

Salah satu cara menarik pengunjung dan konten bisa lebih dikenal di dunia maya adalah dengan menambah followers. Meneruskan Katadata, berikut beberapa tips untuk menambah pengikut TikTok:

1. Konten Menarik

Cara menambah followers TikTok yang pertama, Anda harus menyiapkan banyak konten menarik untuk mendapatkan banyak followers. Anda harus memiliki ide-ide kreatif dan mengikuti perkembangan tren terkini untuk menghasilkan konten-konten yang menarik.

2. Mengikuti Tren

Anda harus memiliki ide-ide kreatif dan mengikuti perkembangan tren terkini untuk menghasilkan konten-konten menarik. Dengan mengikuti tren dan challenge di TikTok, banyak pengguna akun TikTok yang akan melihat topik atau tagar yang Anda muat dalam konten.

Bisa jadi, konten Anda menjadi salah satu yang menarik perhatian audience dan Anda akan mendapatkan followers secara instan. Apalagi, aplikasi TikTok kini memiliki 800 juta pengguna aktif bulanan di dunia. Pengguna TikTok pun paling banyak diikuti kalangan remaja hingga anak-anak.

3. Gunakan Hastag

Saat mengunggah konten, jangan lupa untuk memberikan hastag atau tagar yang sesuai dengan challenge atau tren yang Anda ikuti. Jika Anda tidak menggunakan tagar yang berkaitan, konten Anda cenderung akan lebih sulit ditemukan pengguna TikTok lainnya.

Tanda pagar atau tagar juga dikenal sebagai FYP yang berarti for your page. Mencantumkan FYP akan memberikan kesempatan bagi karya content creator untuk muncul di timeline pengguna TikTok lainnya. Jangan lupa juga untuk tidak mengunci akun Anda, agar video yang dibuat bisa dilihat oleh pengguna yang lebih banyak.

4. Menulis Caption Menarik

Walaupun TikTok adalah platform berisi video-video pendek, namun penting juga untuk Anda memastikan caption yang dipasang pada konten mampu memikat pengunjung. Tak jarang, saat pengguna menonton video, mereka juga akan melakukan scanning  dan mencari tahu maksud isi konten lewat caption.

5. Komentar Video FYP

Cara menambah followers TikTok satu ini adalah yang termudah. Tonton video FYP dan tinggalkan komentar di sana. Dengan komentar tersebut, Anda akan mendapatkan kunjungan profil dari akun-akun lain penonton video FYP. Pastikan bahwa Anda mengunggah video secara berkala sehingga pengunjung dapat melihat banyak variasi video.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait