Memahami Cara Mengirim Email Melalui GMail di PC, Android, dan iOS

Berikut sejumlah cara mengirim email melalui perangkat dari gawai android, iPad hingga laptop dan komputer.
Image title
6 Juli 2022, 10:01
cara mengirim email
unspalsh.com
Ilustrasi, Gmail yang merupakan layanan email atau surat elektronik dari Google.

Saat ini cara mengirim email merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang. Email bisa berisi teks, file, gambar, atau lampiran lain. Namun, umumnya pesan yang dikirimkan melalui email adalah teks dan file.

Sebagai informasi, email atau surat elektronik, merupakan layanan yang digunakan untuk berkirim surat secara daring (online). Email menjadi pilihan praktis saat ini untuk berkirim pesan.

Cara mengirim email bisa dipelajari dengan cepat, karena pengoperasian surat elektronik ini tergolong user friendly, alias bisa dioperasikan oleh siapapun.

Selain itu, saat ini email juga bisa dikirimkan melalui berbagai perangkat atau gawai, seperti personal computer (PC), baik laptop maupun desktop, serta melalui ponsel pintar (smartphone), baik yang berbasis Android maupun iOS. Khusus untuk sistem operasi iOS, layanan email juga bisa digunakan pada perangkat iPad buatan Apple.

Advertisement

Ada banyak penyedia layanan email yang tersedia saat ini, seperti GMail besutan Google, atau Outlook Mail dari Microsoft. Dalam ulasan berikut, akan dibahas mengenai cara mengirim email melalui layanan Gmail dari Google.

Cara Mengirim Email dari Gmail di PC

Untuk bisa mengirim email dengan menggunakan Gmail, pengguna perlu memiliki akun Google yang aktif. Selain itu, koneksi yang stabil juga dibutuhkan dalam cara mengirim email dari komputer. Berikut cara mengirim email di Gmail dari PC, baik laptop maupun desktop.

  1. Buka browser yang ada di PC desktop atau laptop, lalu masuk ke https://mail.google.com/. Setelah itu, login dengan akun Gmail.
  2. Di kiri atas, klik ikon (+), "tulis", atau "compose".
  3. Di kolom "Kepada" atau "to", tambahkan penerima. Anda juga dapat menambahkan penerima di kolom "Cc" dan "Bcc". Pengguna juga bisa menambahkan penerima dengan menulis pesan di kolom teks, menggunakan tanda "+" atau "@" diikuti dengan nama kontak.
  4. Tambahkan subjek email. Ini biasanya berisi judul email.
  5. Tulis pesan pada kolom di bawah subjek.
  6. Di bagian kiri bawah halaman email, klik Kirim atau Send.

Cara Mengirim Email dari Gmail di Android

Cara mengirim email di Gmail dari ponsel Android memiliki sedikit perbedaan dari PC. Meski demikian, perbedaan yang terlihat nyata hanyalah fitur antar muka dan fitur tertentu.

Berikut cara mengirim email di Gmail dari Android:

  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Gmail.
  2. Di kanan bawah, ketuk Tulis atau compose yang dilambangkan dengan simbol (+).
  3. Di kolom "Kepada" atau To, tambahkan penerima. Anda juga dapat menambahkan penerima D]di kolom "Cc" dan "Bcc". Pengguna juga bisa menambahkan penerima dengan menulis pesan di kolom teks, menggunakan tanda "+" atau "@" diikuti dengan nama kontak.
  4. Tambahkan subjek email. Ini biasanya berisi judul email.
  5. Tulis pesan pada kolom di bawah subjek.
  6. Di bagian kanan atas layar, ketuk Kirim atau send.

Cara Mengirim Email dari Gmail di iPhone dan iPad

Cara mengirim email di Gmail dari dan iPad sebenarnya hampir sama dengan mengirim dari Android. Bedanya, iPhone dan iPad biasanya tidak terpasang aplikasi Gmail secara otomatis. Jadi Anda perlu menginstal aplikasi Gmail terlebih dahulu. Berikut cara mengirim email di Gmail dari iPhone dan iPad.

  1. Download aplikasi Gmail.
  2. Di iPhone atau iPad, buka aplikasi Gmail .
  3. Di kanan bawah, ketuk Tulis atau compose yang dilambangkan dengan simbol (+).
  4. Di kolom "Kepada" atau "To", tambahkan penerima. Pengguna juga dapat menambahkan penerima D]di kolom "Cc" dan "Bcc". Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan penerima dengan menulis pesan di kolom teks, menggunakan tanda "+" atau "@" diikuti dengan nama kontak.
  5. Tambahkan subjek email. Ini biasanya berisi judul email.
  6. Tulis pesan pada kolom di bawah subjek.
  7. Di bagian kanan atas layar, ketuk Kirim atau send.

Cara Mengirim Email dengan Menggunakan Fitur CC dan BC

Pada layanan GMail, pengguna akan dihadapkan dengan pilihan penerima cc dan bcc. Kedua fitur ini digunakan sebagai tembusan surat. Terkadang orang tidak bisa membedakan penggunaan kedua fitur tembusan ini. Padahal perbedaan keduanya sangat signifikan.

Cc merupakan kependekan dari carbon copy. Jika pengguna menggunakan cc, atau memasukkan alamat email pada kolom cc, maka dapat mengirimkan email ke penerima lain si penerima email utama yang alamatnya diletakkan di kolom "to" (kepada) dapat mengetahui kepada siapa email tersebut diteruskan.

Sementara Bcc merupakan kependekan dari blind carbon copy. Bcc dapat digunakan untuk mengirimkan email tembusan sama halnya dengan cc. Bedanya, jika menggunakan cc orang penerima utama yang tertulis di "to" akan mengetahui kepada siapa saja email ditembuskan, dengan penggunaan bcc, maka penerima di kolom "to" tidak akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan atau ditembuskan.

Cara Membatalkan Email yang Telah Terlanjur Terkirim

Setelah sebelumnya dibahas mengenai cara mengirim email maka berikutnya adalah mengenai cara membatalkan pengiriman pesan beberapa saat setelah pesan dikirim. Fitur pembatalan pesan ini disebut dengan Undo Send atau urung kirim.

Segera setelah mengirim pesan, pengguna akan melihat notifikasi pesan "Dikirim" (sent) dan opsi Urung (undo). Tap Urungkan atau Undo Send untuk membatalkan pesan.

Fitur ini hanya tersedia beberapa detik setelah pesan terkirim. Jika pesan sudah terkirim dalam hitungan menit atau jam, pesan tidak bisa dibatalkan pengirimannya. Fitur undo send ini tersedia dalam beberapa pilihan waktu pembatalan, yakni 5, 10, 20, dan 30 detik.

Untuk mengubah jumlah waktu pembatalan pesan, buka pengaturan, lalu di samping opsi undo send, tap untuk mengubah periode pembatalan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait