Memahami Cara Mengirim Email Melalui GMail di PC, Android, dan iOS

Image title
6 Juli 2022, 10:01
cara mengirim email
unspalsh.com
Ilustrasi, Gmail yang merupakan layanan email atau surat elektronik dari Google.

Saat ini cara mengirim email merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang. Email bisa berisi teks, file, gambar, atau lampiran lain. Namun, umumnya pesan yang dikirimkan melalui email adalah teks dan file.

Sebagai informasi, email atau surat elektronik, merupakan layanan yang digunakan untuk berkirim surat secara daring (online). Email menjadi pilihan praktis saat ini untuk berkirim pesan.

Cara mengirim email bisa dipelajari dengan cepat, karena pengoperasian surat elektronik ini tergolong user friendly, alias bisa dioperasikan oleh siapapun.

Selain itu, saat ini email juga bisa dikirimkan melalui berbagai perangkat atau gawai, seperti personal computer (PC), baik laptop maupun desktop, serta melalui ponsel pintar (smartphone), baik yang berbasis Android maupun iOS. Khusus untuk sistem operasi iOS, layanan email juga bisa digunakan pada perangkat iPad buatan Apple.

Ada banyak penyedia layanan email yang tersedia saat ini, seperti GMail besutan Google, atau Outlook Mail dari Microsoft. Dalam ulasan berikut, akan dibahas mengenai cara mengirim email melalui layanan Gmail dari Google.

Cara Mengirim Email dari Gmail di PC

Untuk bisa mengirim email dengan menggunakan Gmail, pengguna perlu memiliki akun Google yang aktif. Selain itu, koneksi yang stabil juga dibutuhkan dalam cara mengirim email dari komputer. Berikut cara mengirim email di Gmail dari PC, baik laptop maupun desktop.

  1. Buka browser yang ada di PC desktop atau laptop, lalu masuk ke https://mail.google.com/. Setelah itu, login dengan akun Gmail.
  2. Di kiri atas, klik ikon (+), "tulis", atau "compose".
  3. Di kolom "Kepada" atau "to", tambahkan penerima. Anda juga dapat menambahkan penerima di kolom "Cc" dan "Bcc". Pengguna juga bisa menambahkan penerima dengan menulis pesan di kolom teks, menggunakan tanda "+" atau "@" diikuti dengan nama kontak.
  4. Tambahkan subjek email. Ini biasanya berisi judul email.
  5. Tulis pesan pada kolom di bawah subjek.
  6. Di bagian kiri bawah halaman email, klik Kirim atau Send.

Cara Mengirim Email dari Gmail di Android

Cara mengirim email di Gmail dari ponsel Android memiliki sedikit perbedaan dari PC. Meski demikian, perbedaan yang terlihat nyata hanyalah fitur antar muka dan fitur tertentu.

Berikut cara mengirim email di Gmail dari Android:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...