Assessment Adalah Penilaian, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
7 Juli 2022, 17:03
assessment adalah
pixabay.com/StartupStockPhotos
Ilustrasi. proses melakukan proses assessment.

Asesment tes biasanya digunakan perusahaan untuk proses rekrutmen. Selain proses rekrutmen, asesmen dipakai untuk penilaian dan promosi jabatan karyawan.

Dalam bidang pendidikan, assessment digunakan untuk proses pembelajaran. Mengutip dari uii.ac.id, assessment merupakan data atau informasi dari hasil proses kinerja mahasiswa. Jadi, hasil assessment untuk mengetahui penilaian mata kuliah dari program studi.

Pengertian Assessment

Mengutip dari ekrut.com, assessment adalah tes untuk proses pencarian karyawan yang dianggap memenuhi kriteria perusahaan. Sebelum melakukan tes, perusahaan mencari informasi dan data kandidat yang sesuai untuk pekerjaan.

Menurut buku Asesmen Nasional 2021, assessment atau asesmen disebut juga penilaian. Artinya suatu penerapan dengan berbagai cara menggunakan alat, untuk mendapatkan informasi sejauh mana hasil belajar siswa atau tercapainya kompetensi.

Jadi, asesmen adalah serangkaian tes yang digunakan dalam rekrutmen perusahaan maupun sekolah. Contohnya assesment tes psikologi digunakan untuk proses seleksi karyawan. Untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai, perlu perangkat uji untuk memilih calon tenaga kerja.

Proses Assessment dalam Rekrutmen Tenaga Kerja

Penerapan tes assesment bisa berbeda di berbagai perusahaan. Beberapa tes bisa dilakukan secara daring atau online maupun datang ke kantor. Kandidat yang terpilih dimasukkan dalam Applicant Tracking System atau ATS.

Proses assessment dibagi menjadi tes dan penilaian. Langkah pertama, calon tenaga kerja melakukan tes yang bisa dilakukan secara online. Calon karyawan ini mengikuti instruksi dan mengerjakan berbagai soal untuk lolos tes. Setelah tes, peserta yang lolos akan dihubungi rekursi untuk melanjutkan proses rekrutmen.

Jenis Tes Assessment untuk Rekrutmen Kerja

Ada berbagai jenis tes assessment untuk menentukan kandidat karyawan. Alat tes ini untuk mengukur kualifikasi berdasarkan indikator. Jenis tes assessment berdasarkan skor hasil ujian tes, hasil wawancara, dan observasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...